Selamat Ulang Tahun Kabupaten Trenggalek Ke-823

Kabupaten Trenggalek dibulan agustus ini telah mencapai usia 823, usia yang lebih tua dari usia Negara Indonesia sendiri yang masih berusia 47 tahun. Ini sesungguhnya membuktikan jika desa-desa dan kabupaten lebih dahulu ada keberadaannya ketimbang keberadaan sebuah negara.

Hari ini tanggal 31 Agustus 2017, Kabupaten Trenggalek melakukan kirab budaya. Sebuah tradisi turun temurun yang masih dipertahankan oleh pemerintah Trenggalek. Kirab ini biasanya dirupakan dengan pawai yang diikuti oleh bupati dan bawahannya.

Kendati telah berusia 823, namun Trenggalek masih gini-gini aja lo guys, tetap tidak banyak dikenal oleh masyarakat luat Trenggalek dan tetap sepi. Sepi ini bukan berarti tiada aktivitas apapun loh, Trenggalek sangat beda dengan kota-kota besar yang ramainya hanya karena perihal kendaraan bermotor.

Meski Trenggalek sepi namun banyak sekali hasil kreativitas masyarakat, yang mungkin tidak banyak dikenal orang. Orang-orang Trenggalek itu Sepi ing jumlah rame ing gawe (sedikit dalam jumlah, ramai dalam pekerjaan).

Kabupaten kecil yang hampir selalu mendapatkan penghargaan adipura disetiap evennya itu ya Trenggalek. Adipura merupakan penghargaan bergengsi untuk kategori kebersihan. So, kalau setiap kali kabupaten ini mendapatkan penghargaan adipura, bisa diyakini jika Kabupaten Trenggalek memang bersih.

Nah, semenjak saya terlahir di Trenggalek ini, membuat saya menjadi tidak betah ketika hidup di luar Trenggalek. Misalnya waktu dulu masih merantau di pulau borneo sana, aseli selama 4 tahun yang saya pikirkan hanya bagaimana saya bisa kembali lagi ke Trenggalek.

Kata teman-teman, hidup di Trenggalek ini kurang apa? Banyak sekali kenikmatan yang bisa di raih di Trenggalek. Kalau mau berlibur ke tempat asyik, Trenggalek jagonya tempat wisata. Kalau pengen makanan enak, kuliner Trenggalek sudah memuaskan. Mau lihat-lihat artis, Trenggalek sudah punya artis. Tinggal ke pendopo sudah ketemu sama artis. Emang siapa artisnya? itu Bupati dan istrinya, sampai serta Bupati dan istrinya, mereka semua artis.

Trenggalek paling cocok untuk orang yang mecari kedamaian hidup, tapi memang tidak cocok untuk menjalani hidup hedonis. Ini dibuktikan oelh orang-orangnya sendiri. Banyak orang Trenggalek ketika masih muda dan memiliki tenaga banyak. lebih memilih untuk meninggalkan Trenggalek. Tapi jika mereka sudah mendekati usia uzur, pada akhirnya kembali lagi ke Trenggalek. Kamu tahu mengapa? Itu karena mereka sudah mulai memikirkan hidup tenang dan damai. maka jangan heran kalau suatu ketika mendegar kabar kalau Trenggalek ini kota pensiunan.

Saya sendiri merasa beruntung bisa hidup di Trenggalek, andaikata tidak di sini, saya bisa menjalani hidup dengan nyaman di mana?

Kenyamanan hidup di Trenggalek sangat terasa pas waktu tidak punya uang, hahaha. Itu menurutku. Namun saya bisa menjalani kehidupan dengan nyaman. Setiap hari bertemu anak istri, setiap hari bisa ngopi, setiap hari bisa ngudut, setiap hari bahagia.

So, Selamat ulang tahun Trenggalekku, terimakasih sudah menerima jasad dan ruh ku di sini. Semoga ke depan engkau tetap begini-begini saja, Tidak banyak ditinggali selain orang-orang yang lahir dari rahimmu. Selalu sepi kendaraan dan sealu ramai dalam karya. Selamat hari jadi Trenggalek ke 823.

You Might Also Like: