Tanda-Tanda Stroke Dan Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke

Info Kesehatan - Stroke adalah penyakit yang menjadi penyebab kematian No. 3 terbesar di Indonesia. Dan ternyata penyebab stroke sendiri dikarenakan adanya gangguan pada otak. Gangguan pada isi kepala ini umumnya merupakan akibat dari penyakit tekanan darah tinggi atau disebut hipertnesi atau diabetes yang terabaikan. Bukan hanya itu stroke juga bisa disebabkan oleh faktor usia (mendekati manula), tingginya kadar kolestrol dan trigliserida, stres yang cukup berat, kebiasaan merokok, cedera otak karena jatuh atau kecelakaan, atau bisa jadi karena faktor keturunan.

Seperti penjelasan diatas stroke terjadi karena adanya gangguan otak, seperti yang kita ketahui otak merupakan pusat pengendali organ tubuh lainnya. Otak bekerja untuk menerima sekaligus mengirimkan pesan kepada indra. Apabila suatu gangguan terjadi pada otak maka bisa berefek kepada anggota tubuh lainnya. Kita ketahui bahwa rata rata orang yang terkena stroke akan menjadi sulit untuk berbicara, sulit menggerakkan anggota badan, bahkan yang lebih parah hampir semua anggota tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Gejala stroke bisa dikenali sejak dini, ada beberapa ciri-ciri yang di percayai sebagai gejala dini stroke, diantara ciri-ciri gejala stroke yang berkaitan dengan tangan dan kaki bisa dikenali seperti ini:

  1. Ada perubahan pada bentuk dan model tulisan (tidak seperti biasanya bahkan cenderung lebih jelek)
  2. Tangan sering kali tidak mengikuti perintah
  3. Seringkali sesuatu yang dipegang terlepas sendiri tanpa sengaja
  4. Tidak berhasil memasukkan kancing baju, dan sering terjadi
  5. Makanan berceceran karena sulit memegang sendok
  6. Mencopot sandal harus dibantu dengan tangan

Ciri-ciri stroke juga bisa dikenali dari cara bicara, gangguan wicara adakalanya juga merupakan gejala stroke, seperti:

  1. Bicaranya terbalik-balik. Misalnya kunci dikatakan panci, kapal dikatakan kelapa (beda dengan orang latah) gejala seperti ini bisa dikenali jika sebelumnya tidak seperti itu.
  2. Lidah terasa kaku dan mulai cedal (tidak jelas dalam mengatakan huruf/kata tertentu)
  3. Kalau diajak bicara jawabannya aneh.
  4. Gangguan mata juga bisa dikenali sebagai gejala stroke awal, jika anda mengalami hal seperti ini, waspadai sebagai seuatu kelainan yang harus segera dicarikan solusi.
  5. Jika mata menatap kedepan pandangan normal, namun apabila melirik pandangan menjadi gelap
  6. Kadang-kadang penglihatan kurang jelas, namun setelah dipaksa menjadi jelas
  7. Gejala stroke juga bisa dirasakan apabila anggota badan sering kesemutan, kesemutan yang khas pada gejala stroke adalah kesemutan seluruh tubuh. Misalnya wajah kiri atau lengan serta tungkai kiri saja, ada kalanya pada sisi dada atau bagian perut.

Gejala-gejala seperti yang telah dijelaskan diatas dapat memberikan sinyal kepada penderita supaya dapat mengenali lebih dini akan penyakit stroke, ingat mencegak lebih baik dari pada mengobati. Apabila salah satu keluarga atau tetangga anda mengalami stroke, jangan panik, lakukan tindakan yang semestinya. Anda dapat melakukan pertolongan pertama seperti:

BILA PENDERITA STROKE MENGALAMI KEJANG

Jangan tinggalkan pasien sendirian, jauhkan barang-barang yang dapat membahayakan, tidurkan penderita terlentang tanpa bantal, miringkan kepala ke salah satu sisi. Jangan pernag memasukkan sesuatu kedalam mulut penderita (periksa apakah penderita mengigit lidah, pastikan itu tidak terjadi). Catat lamanya kejang dan segera hubungi dokter terdekat. Pijitan ringan ditelinga juga bisa anda lakukan untuk mengurangi tekanan darah pasien.

BILA PENDERITA STROKE TIBA-TIBA PINGSAN

Baringkan pasien telentang tanpa bantal, posisi kepala miring kesalah satu sisi, lepaskan gigi palsu bila ada, dan segera bawa kerumah sakit terdekat.

Tanda-Tanda Stroke sebenarnya bisa dikenali, rutin memeriksakan tekanan darah dan kolestrol pada dokter yang anda percayai juga merupakan upaya untuk selalu menjaga kesehatan. Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke juga bisa anda lakukan sendiri, intinya jangan panik dan tetap berpikiran tenang. Terimakasih sudah membaca artikel Tanda-Tanda Stroke Dan Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke.

You Might Also Like: