Cara Meningkatkan CTR Google Adsense 100% Berhasil

Impian dari setiap blogger adalah bisa diterima oleh google adsense dan menjadi penayang iklan, dan sebaliknya, kegalauan seorang blogger adalah ketika ditolak google adsense tanpa penjelasan jelas. Saat ini terjadi "sabar"adalah jalan terbaiknya.

Namun bagi blogger yang sudah menerima akun google adsense, perjuangan belum selesai hanya disitu, karena harus berupaya untuk membuat akun adsensenya terisi saldo.

Satu-satunya cara mengisi saldo akun google adsense adalah dengan mendatangkan trafik di blog, semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar pula kesempatan kita untuk mendapatkan royalti dari google. Kerja keras tentu harus dilakukan supaya itu terjadi.

Namun, mendapatkan trafik pengunjung banyak pun tidak menjamin bahwa penghasilan seorang blogger dari google adsense naik. Logika dalam adsense tidak begitu, tapi seberapa banyak jumlah pengunjung yang meng-Klik iklan kita.

Banyaknya pengunjung yang melihat iklan dan berapa banyak pengunjung yang meng-klik iklan dapat diukur dari laporan google adsense. Cari laporan CTR, maka kamu akan tahu berapa presentase CTR yang kamu dapatkan.

Nah, untuk mengetahui angka kewajaran CTR, yuk kita belajar bareng-bareng.

CTR ITU APA?

CTR (Clicktrough Rate), dalam bahasa Indonesia disebut RKT (Rasio Klik Tayang) adalah nilai presentase jumlah klik iklan dari total tampilan/tayangan iklan. Rumus yang dipakai untuk mencari nilai RKT adalah: CTR = Clicks / Impressions



Logikanya begini, jika blog kita dilihat oleh pengunjung sebanyak 10.000 kali, dari kita mendapatkan klik iklan sebanyak 100 kali, maka presentase CTR atau RKT nya adalah 1%. Nah sudah tahu kan?

PRESENTASE WAJAR CTR BERAPA?

Ada beberapa pendapat mengenai presentase kewajaran nilai CTR, ada yang menyebut antara 1% - 3%, ada pula yang menyebut kisaran 1% - 5% (maksimal). Tapi jika kita bisa menembus CTR sampai 5%  berarti bagus banget.

Oh ya, jika CTR masih di bawah 1% itu berarti ada yang kurang tepat dalam mengoptimalisasi iklan, baik letak maupun tampilan, tapi jika sudah di atas 5%, siap-siap saja diperiksa google.

logikanya, mungkin apa tidak jika dari 100 tampilan blog yang meng-klik iklan ada 50 orang? atau dari 100 tampilan blog yang klik hanya 2 orang.

Nah dari sinilah, berbekal dari pengalaman mastrigus.com, akan saya bagikan tips cara meningkatkan CTR Google Adsense.

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN CTR 1% - 5%?

Ada beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan CTR sampai 5%, atau setidaknya lebih dari 1% dulu kawan. Simak baik-baik ya;

1. Menggunakan Template Blog Sederhana

Template blog sangat mempengaruhi CTR, itu pengalaman yang baru saya dapatkan. Template sederhana yang lebih banyak menampilkan artikel jauh lebih bagus untuk dipakai ketimbang template blog yang ramai dan banyak widgetnya, karena pembaca bisa lebih fokus pada artikel dan fokus pada tampilan iklan.

Ingat ya kawan, pengguna internet lebih banyak mencari apa yang ia butuhkan dari pada apa yang kita tawarkan. Kalau pengunjung membutuhkan artikel terkait "regulasi desa" ia hanya fokus pada regulasi desa itu sendiri. Nah iklan yang letaknya tepat dan dilihat oleh pembaca artikel tersebut, sekaligus iklannya relevan dengan isi konten, kesempatan untuk di-klik jauh lebih besar.

Ciri-Ciri Template Blog Yang Bagus:

  1. Tidak banyak widget
  2. Loading cepat  
  3. HTML 5 atau AMP.
  4. Responsif (dapat menyesuaikan dengan layar devices)
  5. Menonjolkan Konten
  6. Mudah dinavigasi
  7. Ukuran witdh (lebar) tidak terlalu lebar
Sebenarnya ukuran bagus atau tidak template yang kita gunakan adalah kita sendiri, kalau kita nyaman dengan template tersebut dan nyaman ketika berselancar dari satu artikel ke artikel lain, tentu orang lain pun bisa nyaman. Sebaliknya, kalau kita saja sudah enek lihat blog kita, ya jangan pikir orang lain akan menyukai.

Saya punya rekomendasi template bagus sesuai kriteria di atas, silakan temukan di sini: Template AMP-HTML Paling Keren Tahun 2017

2. Pakailah Widget Template Seperlunya

Widget memang bagus, tapi belum tentu penting, apalagi widget yang terlalu banyak. Biasanya widget dipakai untuk menampilan recent post dan popula post, karena itu yang paling penting. Tapi jika kita memakai blog yang sudah AMP, rasa-rasanya tidak perlu lagi menampilkan widget tersebut di mobile screen, karena tidak terlalu penting.

Dengan menerapkan template blog sederhana sebagai upaya untuk meningkatkan CTR, baiknya berpikir kembali bahwa tujuan kita di sini adalah menampilkan konten (artikel) dan iklan. Kalau related post, itu mah wajib kawan.

3. Memakai Ukuran Iklan Google Adsense  yang Tepat

Katanya wanita, ukuran itu penting (LOL) tidak jauh berbeda dengan iklan google, semakin besar dan panjang ukuran iklan kemungkinan kliknya juga lebih tinggi. Saya sendiri memakai ukuran 300x250 dan yang paling besar ukuran 575x300. Ukuran tersebut kalau bisa dilihat di layar komputer. dan akan berubah ukurannya ketika dibuka di handphone. Sudah tahu kan jenis ukuran iklan google yang bisa membesar dan mengecil? apalagi kalau bukan iklan google adsense responsif.

4. Letakkan Iklan di posisi yang pas

Ukuran iklan yang tepat harus didukung dengan penempatan iklan yang tepat pula. Biasanya pengunjung blog fokus pada konten, oleh karena itu sisipkan iklan pada bagian dari artikel tersebut supaya mudah terlihat. Oh ya, warna juga berpengaruh lo kawan, supaya iklan lebih mencolok dan menarik perhatian, ubahlah warna dasar template sobat dengan warna yang tidak terlalu banyak warna.

Kendati google sudah tidak membatasi jumlah iklan yang dipasang dalam satu halaman, tapi pastikan tidak mengganggu pengunjung. Biarlah iklan pengunjung menentukan sendiri untuk klik iklan kita atau tidak, upayakan untuk tidak memakai jebakan batman.

5. Rayulah Orang dengan Artikel yang Bermanfaat

Terakhir adalah meningkatkan pengunjung blog dengan membuat artikel-artikel yang bermanfaat, asli karya sendiri dan tidak memakai judul-judul yang tidak sesuai dengan isinya. Ingat, pengunjung punya wewenang untuk menutup halaman blog kita dari layarnya jika merasa bahwa artikel yang dibaca tidak bagus.

Nah, sudah cukup jelaskah penjelasan saya? Jika belum kita bisa berdiskusi di kolom komentar. Tetap jaga kesehatanmu kawan, dan percayalah, tidak ada cara instan yang bisa kita lakukan untuk menjadi blogger kawakan, semuanya butuh proses dan ketepatan perencanaan. Semoga penghasilan adsense kalian naik, amin.

You Might Also Like: