Kisi-Kisi Tes Tulis dan Tes Wawancara Pendamping Desa Tahun 2017

Kementerian Desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) akan melakukan rekrutmen pendamping desa di tahun 2017, dengan adanya rekrutmen ini tentu memberikan peluang kerja bagi putra-putri bangsa.

Selain itu, menjadi pendamping desa tentu sedikit banyak membuktikan bagaimana implementasi ilmu yang telah kita peroleh untuk langsung mendampingi desa supaya lebih berdaya dan lebih sejahtera.

Informasi pendaftaran online rekrutmen pendamping desa tahun 2017 bisa langsung dicek melalui situs ini http://pendamping2017.kemendesa.go.id.

Setelah masa seleksi berkas-berkas pendaftaran dinyatakan lolos, pihak panitia akan melanjutkan ke tahap seleksi berupa tes tulis dan tes wawancara. Masing-masing tes memiliki bobot nilai yang dapat menentukan kelulusan pendaftar.

INFORMASI:
Daftar Peserta Yang Lulus Ke Tes Wawancara Calon Tenaga Pendamping Desa 2017


Tes tulis memiliki bobot 60% dan tes wawancara memiliki bobot 40% untuk menentukan lolos dan tidaknya pendaftar menjadi pendamping desa.

Nah, untuk menghadapi tes tulis dan tes wawancara ini, apakah kalian sudah mengetahui apa saya yang akan diujikan? Jika belum, kamu nyasar di blog yang tepat. Karena saya akan memberikan beberapa kisi-kisi Tes Tulis dan Tes Wawancara Pendamping Desa Tahun 2017.

Yang perlu kalian ketahui bahwa kisi-kisi ini hanyalah sekedar informasi yang saya kumpulkan dari panduan rekrutmen pendamping desa tahun 2017. Jadi bukan merupakan kisi-kisi yang resmi dikeluarkan oleh tim penyeleksi.

Logikanya semua orang yang mendaftar belum mengetahui apa saja soal yang akan diujikan oleh tim penguji, karena jika ada yang tahu soal-soal tersebut bisa dikatakan sebagai kebocoran. Dan jika itu terjadi mungkin hasil tes pendamping yang lolos tidak otentik. So, kisi-kisi ini hanya akan memberikan beberapa hal yang harus anda pelajari.

Kisi-Kisi Tes Tulis dan Tes Wawancara Pendamping Desa Tahun 2017

Sebagaimana dijelaskan dalam panduan rekrutmen, berikut adalah kisi-kisi materi tes tulis:
  1. Pengetahuan mengenai UU Desa dan peraturan pelaksanaannya;
  2. Pengetahuan pemberdayaan masyarakat;
  3. Sistem pemerintahan;
  4. Perencanaan pembangunan;
  5. Advokasi kebijakan;
  6. Perekonomian Desa;
  7. Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (khusus TA-ID dan PDTI).
Nah untuk mengetahui poin-poin jawaban tersebut, ada beberapa materi yang bisa anda gunakan untuk membantu mengetahui jawabannya. Materi tersebut di antaranya:

KUMPULAN REGULASI DESA

  1. Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa - download di sini
  2. PP No. 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 - Download di sini
  3. PP No. 47 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa - download di sini.
  4. Permendesa No. 1 Tahun 2015 Tentang Pedoman Kewenangan Berdasarkan Hak Asal Usul Dan Kewenangan Lokal Berskala Desa - Download di sini.
  5. Permendesa No.2 Tahun 2015 Tentang Pedoman Tata Tertib Dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa - Download di sini.
  6. Permendesa No. 3 Tahun 2015 Tentang Pendampingan Desa - Download di sini.
  7. Permendesa No. 5 Tahun 2015 Tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa - Download di sini.
  8. Permendes No. 6 Tahun 2015 tentang Organisasi & Tata Kerja Kementrian Desa - Download di sini.
  9. Permendagri No. 111 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Peraturan Desa - Download di sini.
  10. Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa - Download di sini
  11. Permendagri No. 114 Tahun 2014 tetang Pedoman Pembangunan Desa - Download di sini - Lampiran: Download di sini.
  12. Permendagri  No. 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan & Pemberhentian  Kades - Download di sini.
  13. Permendagri No. 83 Tahun 2015 Pengangkatan & Pemberhentian  Perangkat  Desa - Download di sini.
  14. Permendagri No. 84 Tahun 2015 tentang Struktur Organisasi Pemerintah Desa - Download di sini.
  15. Permendagri No. 2 tahun 2017 tentang Sistem Pelayanan Publik di desa - Download di sini
Wah ternyata banyak sekali ya regulasi tentang desa, ada Peraturan Pemerintah (PP), ada Undang-Undang, ada Permendesa, dan ada permendagri. Tapi tenang tidak usah panik, pilih regulasi desa yang sesuai dengan kisi-kisi di atas. Meskipun menurut pengalaman saya sendiri, semua regulasi tentang desa tersebut sangat penting untuk dipelajari.

ARTIKEL LAIN:
Kamu akan lebih paham jika kamu belajar. Dan mempelajari regulasi desa dapat membuatmu lebih percaya diri saat menghadapi penguji. So, saya rekomendasikan untuk mempelajari semua regulasi di atas.

Sebenarnya masih banyak lagi regulasi desa yang belum saya masukkan, namun itu mungkin sudah cukup untuk membantumu menjawab pertanyaan saat tes tulis dan tes wawancara rekrutmen pendamping desa tahun 2017.

Selamat belajar dan semoga kamu bisa lolos menjadi pendamping desa. Dan semoga kamu yang lolos menjadi pendamping desa adalah pribadi yang benar-benar tepat untuk melakukan pendampingan desa supaya lebih berdaya. Amin. Dan Terimakasih sudah membaca artikel Kisi-Kisi Tes Tulis dan Tes Wawancara Pendamping Desa Tahun 2017.

You Might Also Like: