Kopi Trenggalek

Kopi Trenggalek - Trenggalek jangan hanya di gambarkan sebagai kota gaplek atau kota alen-alen saja, karena selain kedua jenis benda yang tidak terlalu komoditif tersebut, Trenggalek memilliki hasil bumi yang bagus, misalnya kopi.

Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Nah di Trenggalek ternyata memiliki dua jenis tersebut.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: "qahwah" yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Sebenarnya, kopi sudah lama dikonsumsi di Trenggalek, apabila kita berkunjung ke desa-desa di Trenggalek dan mampir ke rumah warga, hal paling umum yang menjadi suguhan bagi tamu adalah teh tau kopi. Namun kopi yang biasa di jadikan hidangan tamu tersebut merupakan kopi yang diolah secara tradisional, yakni kopi deplok alias tumbuk.

JENIS KOPI DI TRENGGALEK?

Pada umumnya orang-orang mengenali tiga jenis kopi di Trenggalek, yaitu robusta  arabika dan liberika. 

Kopi Arabika Trenggalek

Kopi arabika merupakan jenis kopi dengan cita rasa terbaik. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia, serta Trenggalek. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis.

Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 800–2000 m di atas permukaan laut (MDPL). Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Di Trenggalek kopi ini ada namun masih jarang, bahkan untuk yang diproduksi sulit untuk ditemui. Meskipun pohonnya ada, namun masih banyak ditanam di bawah ketinggian mdpl standar, yakni 800-2000 m. 

Tentu tingginya kontur media tanam kopi biji arabika dipercayai sangat berpengaruh pada citarasa kopi yang sudah di olah, jadi memang jenis biji ini tidak atau belum banyak diproduksi di Trenggalek.

Kopi Robusta Trenggalek

Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi di bawah kopi arabika. Rasanya lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu.

Oleh karena itu, kopi robusta lebih banyak dijumpai di Trenggalek ketimbang kopi arabika. Pun dengan hasil produksi olahannya, di Trenggalek sudah ada kopi hasil olahan yang sudah memenuhi standar pengolahan kopi yang disepakati oleh para barista.

Kopi Liberika Trenggalek

(CMIIW)  Correct Me If I’m Wrong. Orang-orang Trenggalek biasa menyebutnya dengan kopi gede akrena ukuran pohon dan buahnya memang lebih besar dari kopi arabika dan kopi robusta. Sebagiannya lagi menyebutnya dengan kopi nangka karena rasanya sekilas memang seperti nangka.

Tapi menurut wikipedia Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Kopi ini dapat tumbuh setinggi 9 meter dari tanah. Pada abad-19, jenis kopi ini didatangkan ke Indonesia untuk menggantikan kopi Arabika yang terserang oleh hama penyakit.

Adalagi yang menyebutnya dengan kopi sirsah loh. Entahlah semoga dari nama-nama tersebut, yang dimaksud ya kopo liberika ini. Amin

Saat masih kecil, saya sering menjumpai kopi ini dipekarangan rumah, dahulu sebelum pohon kopi banyak ditebang karena harganya yang tidak memihak petani kopi.

PRODUK KOPI TRENGGALEK

Saat ini sudah banyak UMKM Trenggalek yang memproduksi kopi bercita rasa khas yang dihasilkan dari biji kopi robusta. Kopi apa saja yang berasal dari Trenggalek?

Kopi Jimat

Jimat Cofee ~ 100% Original Cofee Roasted. Terbuat dari biji kopi robusta, aseli tanpa bahan campuran. Diproses dengan penuh cinta sehingga memunculkan cita rasa khas ala pedesaan. 

Kopi ini di produksi oleh Coffeein26 dan sudah mengantongi izin PIRT, jadi aman untuk dikonsumsi. Saya sendiri menjadikannya sebagai menu wajib di rumah karena rasanya yang khas dan nyaman di lambung. 

Kopi Segunglung

Kopi ini berasal dari lereng Gunung Sengunglung, tepatnya di Desa Sumberbening, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek. Pohon kopi Sengunglung  masuk dalam varian kopi robusta, ditanam di ketinggian 850-950 mdpl, diolah dengan metode natural (dry proces) dan di roasting di level full city+.

Kopi Sengunglung di produksi oleh Coffeein26 dan sudah mengantongi izin PIRT, memiliki cita rasa khas, inilah yang membedakan dari jenis kopi lainnya. Namun sayang, karena kopi ini spesial biji kopi petik merah, maka produknya sulit didapat. Kabarnya si pembuat membatasi produk ini dan hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmatinya. Duh sayang sekali ya.

Kopi Meneer Van Dilem

Kopi Meneer Van Dilem adalah salah satu Kopi khas dari Kabupaten Trenggalek. Biji kopi robusta diperoleh dari hasil pemberdayaan petani lokal Boto Putih Dompyong, ditanam pada ketinggian 800 mdpl. Bubuk kopi diolah secara natural untuk mendapatkan rasa khas pegunungan.

Kopi ini diproduksi oleh UD 81 dan sudah mengantongi ijn PIRT.

Untuk produk kopi Trenggalek lainnya, saya belum memiliki infonya, jika kamu memiliki info terkait produk-produk kopi Trenggalek, kasih tahu saya untuk ditambahkan di artikel ini.

Green Coffee

Green Coffee di produksi oleh Coffeein26 dan sudah mengantongi izin PIRT, sangat baik sebagai minuman penunjang diet. Diolah dari biji kopi arabika asli yang dipetik saat masih hijau.  Biji kopi hijau atau green coffee dikenal kaya vitamin dan mineral. Selain itu, kopi hijau juga mampu membakar lemak di tubuh terutama di sekitar perut, paha dan tangan.

Kopi hijau juga dinilai bisa membantu diet sehat dan praktis. Pasalnya, kopi hijau dapat membantu menahan nafsu makan. Bahkan, kopi hijau juga bisa membantu mencerahkan kulit, lho. Yuk beli green coffee dengan rasa nikmat dan harga hemat sekarang.

JUAL-BELI KOPI TRENGGALEK

Sobat-sobat semua bisa mencoba merasakan kopi produksi Trenggalek, jika ingin membelinya bisa langsung menghubungi pembuatnya atau jika ingin mudah bisa langsung membelinya melalui link ini: Jual Kopi Trenggalek.

Para produsen kopi di atas sudah bekerjasama dengan situs jual beli online paditren.com, yang pastinya mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli produk-produk asli Trenggalek.

Oke kawan, terimakasih sudah membaca artikel tentang Kopi Trenggalek, semoga informasi ini bermanfaat buat sobat semua. Amin.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: