Mencegah Diabates Melitus

Diabetes Melitus. Pepatah lama mengatakan bahwa "mencegah lebih baik dari pada mengobati" ini artinya bahwa melakukan pencegahan terhadap suatu penyakit dari tubuh kita adalah merupakan pilihan yang bijak, karena dengan mencegah datangnya penyakit berarti kita bisa meminimalisir dalam penggunaan obat. Ingatlah bahwa kata-kata "Sehat Itu Mahal" akan menjadi benar jika didalam tuibuh kita telah terjangkit penyakit.

FAKTOR PENYEBAB DIABETES MELITUS

Seperti halnya Diabetes Melitus, Banyak yang mengatakan bahwa penyakit ini juga bisa datang pada diri kita dikarenakan karena faktor keturunan, akan tetapi itu tidak sepenuhnya benar, terkadang diabetes melitus bisa menjangkit pada tubuh manusia dikarenakan pola hidup yang tidak sehat serta terlalu meremehkan penyakit ini.

CARA MENCEGAH DIABETES MELITUS

Bagaimanapun juga penggunaan berbagai obat-obatan kimia atau obat-obatan alternatif alami merupakan upaya untuk menyembuhkan penyakit ini, dan upaya yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah upaya untuk pencegahan. Upaya penting untuk pencegahan dari penyakit ini adalah dengan menghindari kegemukan. Dari penelitian, terbukti bahwa 80% penderita diabetes melitus adalah orang dewasa yang mengalami obesitas (kegemukan).

Untuk itu menghindari makanan yang berlemak tinggi merupakan pilihan yang bijak, dan juga makanan yang mengandung pemanis gula murni (manisan dan sebagainya). Lebih baik bila mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sekalipun karbohidrat dikenal sebagai sumber glukosa (zat gula), namun pelepasan gulanya terjadi perlahan-lahan dalam waktu lama. Makanan berserat juga baik untuk mencegah diabetes, sebab serat mampu memperlambat masuknya gula ke dalam tubuh. Dengan begitu kerja insulin tidak terlalu berat.

Untuk melakukan pencegahan diabetes melitus, cara yang tidak kalah penting adalah mengenai cara makan. Ingatlah bahwa "Biang keladi penyakit adalah bardah (kekenyangan)" maka jangan biasakan makan sekaligus dalam jumlah banyak. itu untuk menghindari beban organ tubuh dalam mengolah makanan didalam tubuh. Cara terbaik makan adalah makan dengan terjadwal, misalnya makan waktu pagi (sarapan), waktu siang, dan malam, intinya makanlah secara merata. berhentilah makan sebelum kenyang, itu adalah anjuran yang sudah ada sejak dulu kala.

Kalau sudah terlanjur terkena diabetes melitus maka sudah tidak bisa untuk menghindarinya. Disiplin berobat pada dokter yang ahli dalam bidangnya, melakukan diet ketat dan berolahraga sesuai dengan porsi tentu akan memperbaiki kualitas hidup penderita. Bila dirasa perlu anda juga bisa menggunakan obat-obatan alternatif dari tumbuhan sebagai obat alami untuk kesehatan hidup anda. Terimakasih sudah membaca Cara Mencegah Penyakit Diabates Melitus.

You Might Also Like: