Mengenali Tampilan Tata letak Power Point 2016

Bismillah. Sobat-sobat mastrigus.com dimanapun berada, Power Point merupakan salah satu aplikasi yang ada di paket Microsoft office. Selain Power Point, ada aplikasi lain yang sudah sangat familier bagi pengguna komputer, yaitu Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Sebelumnya mastrigus.com sudah pernah membahas panjang lebar mengenai Microsoft Excel. Silakan cek artikel ini:  Tutorial Cara Cepat Belajar Microsoft Excel 2013, di situ ada banyak tips dan trik tentang Microsoft Excel yang sudah saya kumpulkan jadi satu.

Microsoft Power Point atau disingkat MS Power Point adalah aplikasi komputer dan smartphone yang bisa digunakan sebagai bahan bantu presentasi. Secara khusus, power point difungsikan untuk mencatat poin-poin penting materi dan ditampilkan kepada peserta presentasi.

Jadi sebenarnya Power point tidak untuk meringkas sebuah materi lalu ditayangkan kepada orang lain, tapi lebih sebagai catatan poin-poin penting si presenter supaya tidak lupa pada materi. Namun kenyataannya, banyak sekali kita temui dalam forum, seseorang melakukan presentasi dengan memakai Power Point, tapi lebih menampilkan materi utuh dalam slidenya, anehnya materi ini kemudian dibaca sampai habis di depan peserta presentasi.

Untuk membuat materi presentasi dengan menggunakan Power Point, ada baiknya kita mengenali terlebih dahulu tampilan power point, supaya ketika membuat slide presentasi, hasilnya lebih menarik untuk dilihat dan tidak membuat bosan peserta presentasi.

Mengenal Tampilan Power Point 2016



Mari kita pelajari satu persatu, tampilan tata letak Power Point. Dimulai dari nomor:

1. Quick Access Toolbar / Toolbar Akses Cepat
Berfungsi untuk mengumpulkan perintah-perintah favorit yang bisa kamu edit. Secara default ada 4 tombol icon yang ditampilkan. Dari kiri ada tombol SAVE (menyimpan), tombol ANDO (Mundur) dan REDO (maju) serta Tombol icon untuk memulai slide presentasi. Sedangkan untuk tombol sebelah kanan jika kita klik maka akan keluar menu akses cepat seperti: New, Open, Save, Email, Quick Print, Print Preview and Print, Spelling, Undo, Redo, Start Form Begining, dll.

2. Ribbon Tab Group Tools / Penjelajah Pita
pada dasarnya merupakan sekumpulan Tab yang berfungsi untuk melakukan editing terhadap materi slide. Tools ini memiliki beberapa Tab yang memiliki fungsi masing-masing. Disetiap Tab ada tombol icon yang juga memiliki fungsi beragam.

Tools ini memiliki Tab apa saja? Yuks kita bahas satu persatu

TAB HOME (BERANDA)


Tab Beranda berisi fitur Cut (Potong) dan Paste (Tempel), opsi Font (Jenis Tulisan) dan Paragraf, dan fungsi lain yang kita perlukan untuk menambah dan menata slide.

TAB INSERT (SISIPKAN)


Tab insert berisi kumpulan tombol icon untu menyisipkan pictures, shapes, charts, links, text boxes, video dan lain-lain. Dengan tab ini kita bisa membuat tampilan slide lebih menarik.

TAB DESIGN (DESAIN)


Bosan dengan tampilan slide yang hanya berwarna putih dan hitam? Pada tab Desain, kita bisa menambahkan tema atau skema warna, atau memformat latar belakang slide.

TAB TRANSITION (TRANSISI)


Tab ini mengatur pergerakan antar slide sehingga menimbulkan efek tidak monoton pada tampilan slide. Misalnya mengatur perpindahan dari slide 1 ke slide 2 dengan menggunakan efek buram. Memakai fitur ini akan lebih mempercantik tampilan slide kita.

TAB ANIMATION (ANIMASI)


Tab Animasi lebih bisa dikatakan sebagai pergerakan obyek. Di sini terdapat banyak sekali model transisi yang bisa membuat obyek (seperti teks dan gambar) bisa bergerak bebas sesuai setingan kita. Misal, jika kita menghendaki teks bergerak dari kanan ke kiri, bisa memilih salah satu model transisi

TAB SLIDE SHOW (PERAGAAN SLIDE)


Pada tab Peragaan Slide, atur cara yang kita inginkan untuk memperlihatkan presentasi Anda ke orang lain.

TAB REVIEW (TINJAU)


Tab Tinjau memungkinkan kita menambahkan komentar, menjalankan pemeriksaan ejaan, atau membandingkan satu presentasi dengan presentasi lainnya (seperti di versi lebih lama).

TAB VIEW (TAMPILAN)


Tampilan memungkinkan kitamelihat presentasi kita dengan cara berbeda, bergantung pada posisi Anda dalam proses pembuatan atau pengiriman.

TAB TOOLS (ALAT)


Tab ini secara default tidak terlihat, ia muncul saat kita memilih salah satu obyek dari silde. Berfungsi lebih pada pengaturan pada obyek yang diiginkan

3. Tools Kontekstual 
Ini yang saya maksud dnegan Tab Tools yang muncul saat tertentu, merupakan tool tambahan yang bisa kita gunakan untuk melakukan editing pada obyek

4. Share (Bagikan Pekerjaan)
Microsoft menambahkan tombol share (bagikan) untuk mempermudah membagikan hasil pekrjaan kepada orang lain. Namun untuk memakai ini, kita harus memilik akun microsoft dan menghubungkan komputer kita dengan one drive.

5. Slide Section
Merupakan kolom kumpulan slide-slide yang telah kita buat, dengan kolom ini kita mudah mengorganisir slide, memindahkan slide ke atas atau ke bawah, menghapus slide yang tidak perlu dan menduplicate slide tertentu.

6. Menambahkan Catatan atau Komentar
Materi presentasi yang baru kita kuasai biasanya sulit untuk kita ingat, dengan fitur ini kita bisa menambahkan catatan khusus yang tidak bisa dilihat orang lain. Fitur ini juga bisa kita manfaatkan untuk menambahkan catatan khusus penekanan materi.

7. Memulai Slide Show
Selain di atas, di bar bawah juga terdapat tombol cepat untuk memulai presentasi. Dengan memulai presentasi berarti hanya menampilkan materi slide saja. Sedangkan tampilan lain, akan disembunyikan dan akan muncul ketika presentasi sudah selesai.

8. Hide / Show Ribbon
Pada layar komputer yang telalu kecil, terkadang tampilan ribon dapat menganggu karena mempersempit area kerja. Dengan mengklik tombol kecil ini, kita bisa menyembunyikan ribbon. Mudah bukan?

9. Mengubah Tampilan
Klik tombol ini untuk beralih ke tampilan lain, atau gunakan zoom jika tampilan halaman kerja kita terlalu kecil untuk dilihat.

10. Memutar Obyek
Klik obyek (teks atau gambar) dan lihatlah tombol panah melingkar di atas obyek, klik dan tahan lalu putar. Tombol ini berfungsi untuk memutar obyek.


Oke sobatku semua, kalau sobat sudah membaca tulisan di atas dengan detail, pasti sobat sudah mengerti mengenai fungsi-fungsi menu Power Point. Untuk selanjutnya, saya akan membahas masing-masing TAB dan Tombol Icon yang ada di dalamnya. Silakan bertanya di kolom komentar jika ada yang belum sobat pahami. Terimakasih

You Might Also Like: