Oleh-Oleh Khas Kediri Yang Lezat, Wajib Banget Dibawa Pulang

Liburan ke Kota Kediri tapi nggak bawa oleh-oleh khas daerah, rasanya rugi banget. Ada banyak oleh-oleh khas yang wajib banget buat dibawa pulang dari Kediri. Makanan-makanan lezat yang nggak akan kamu temukan di tempat lain, cuma ada di Kediri yang rasanya paling otentik.

Apa saja sih makanan yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh dari Kediri?

Oleh-Oleh Khas Kediri

Tahu Kuning

sumber:pnmeda.blogspot.com

Tahu bukanlah makanan asing di Indonesia. Hampir semua kota punya tahu khas masing-masing dan Kediri memiliki beberapa jenis sekaligus. Salah satunya adalah tahu kuning atau yang juga dikenal dengan nama tahu takwa.

Meski tahu ini juga ada di kota lain, namun tahu kuning yang asli buatan Kediri sangat berbeda rasanya. Tahu yang satu ini memiliki tekstur yang padat, namun lembut ketika digigit. Ketika dalam kondisi tidak dibumbui sekalipun, tahu ini sudah terasa gurih.

Enaknya lagi, tahu ini kuat untuk dibawa perjalanan jauh. Meski tanpa pengawet dan nggak masuk kulkas, tahu kuning bisa tahan selama beberapa hari di perjalanan. Jangan lupa tanyakan kapan tanggal kadaluarsanya biar tahu yang kamu bawa bisa tetap segar ketika sudah sampai di rumah.

Tahu Pong

sumber:sinarharapan.co

Jenis tahu lain yang juga jadi favorit di Kediri adalah tahu pong. Berbeda dengan tahu kuning yang padat, tahu pong tidak berongga alias kopong. Biasanya, tahu ini dijual dengan kondisi sudah digoreng, kamu tinggal memakannya bersama cabe rawit hijau dan petis. Buat kamu yang suka makan tahu, wajib coba ini.

Meski kopong, tahu ini memiliki cita rasa gurih yang nikmat. Cocok buat cemilan selama perjalanan pulang, dan bisa-bisa sudah habis sebelum sampai rumah.

Stik Tahu

sumber:anekaolahantahu.blogspot.com

Masih berbahan dasar tahu, sejak beberapa tahun belakangan masyarakat Kediri membuat cemilan dengan nama stik tahu. Ini adalah tahu yang dipotong memanjang, lalu digoreng sampai krispi dan menjadi kerupuk tahu dengan bentuk stik.

Dulu hanya ada satu rasa stik tahu yang ada di pasaran, asin saja. Namun sekarang sudah ada banyak varian rasa dari stik tahu, mulai dari jagung manis, barbeque, pedas, dan banyak rasa-rasa lainnya yang membuat cemilan ini semakin lezat.

Jika perjalanan kamu jauh, stik tahu adalah oleh-oleh yang paling pas buat dibawa pulang. Makanan yang satu ini tahan lama, dan bisa dikirim ke luar negeri sebagai cemilan khas Indonesia untuk kerabat di negeri seberang.

Bentuknya yang setengah padat dan tidak mudah hancur juga membuat proses pengirimannya jadi lebih mudah. Kamu nggak perlu takut stik tahumu bakal hancur di perjalanan. Meski tentu saja, kamu harus tetap menata paketnya dengan baik dan benar agar stik tahunya tetap utuh sampai tempat tujuan.

Getuk Pisang

sumber:menuresepmasakan.com

Berbeda dengan getuk lainnya yang terbuat dari singkong, di Kediri makanan ini dibuat dari pisang. Rasanya lezat, manis dan tidak eneg. Dengan bungkus daun pisang yang hijau segar, membuat getuk ini makin terasa kelezatannya.

Getuk pisang mampu bertahan selama beberapa hari di suhu ruangan. Namun sebaiknya makanan yang satu ini langsung dibawa pulang begitu selesai bermain di tempat wisata di Kediri. Agar rasanya tetap lezat, langsung masukkan ke dalam kulkas begitu sudah sampai tempat tujuan.

Semua makanan di atas mudah dijumpai di Kota Tahu ini. Di dekat tempat wisata di Kediri, atau di pusat perbelanjaan, semuanya sedia berbagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang ke rumah. Kalau sedang berada di wilayah Jawa Timur, boleh mengunjungi Trenggalek juga, ada banyak kuliner dan tempat wisata yang bisa kamu nikmati.

You Might Also Like: