Pentingnya Belajar Membuat Blog

Kemarin saya sedang punya gairah untuk berbagi pengalaman ngeblog kepada kawan-kawan pemuda yang ada di Trenggalek, akhirnya saya sebar pengumuman di grup whatsapp, siapa tahu ada yang ingin belajar bareng. Dan alhamdulillah pengumuman saya mendapatkan respon 15 orang.

Hari minggu, jam 14.00 WIB, bertempat di perguruan Muhammadiyah Watulimo acara belajar ngeblog bareng ini digelar, ada 15 orang yang menghadiri dan mereka semua sungguh antusias ingin belajar ngeblog yang baik dan benar.

Terimakasih kawan Topik sudah diliput di media Aliyahmu.com: Sadar Tantangan IT Global, Pemuda Muhammadiyah Watulimo Bangun Pondasi Jaringan Blogger

Bukannya saya pintar ngeblog, tapi setidaknya saya sudah tahu bagaimana cara membuat blog dan tahu bagaimana cara menulis artikel, itu saja. Kami melakukan diskusi dan praktek langsung membuat blog, jadi targetnya, para peserta yang mengikuti belajar ngeblog bareng ini bisa langsung membuat blog.

Agar lebih serius, saya membuat e-book sebagai bahan bacaan sebelum dan sesudah acara ini, mudah-mudahan e-book akan dibaca untuk memahami artinya.

Oh ya e-booknya bisa sobat dapatkan melalui link ini:
E-book Tutorial Blog Untuk Pemula (GRATIS)

Kenapa Penting belajar Blog?

Blog penting untuk dipelajari untuk menambah wawasan terkait dunia internet, dengan mempelajari teknik membuat blog, minimal kita akan mengetahui apa fungsi blog tersebut, blog banyak digunakan dimana, mengenali ciri-ciri blog yang bagus dan buruk, memakai blog untuk mencari dan berbagi informasi dan lain sebagainya. So bagi pemuda kekinian, blog memang penting untuk dipelajari.

Ini hanyalah prespektif semata, penting dan tidak pentingnya membuat blog tergantung pada yang menjalaninya. Namun pada pertemuan kemarin nyata-nyata semua merasa perlu untuk belajar membuat blog, karena dari 13 peserta tersebut merupakan pengajar di sekolah alias guru. Dan saat ini sekolah-sekolah dituntut untuk mempunyai media online, jadi mereka belajar karena ada misi tertentu.

Banyak orang sudah memiliki akun facebook dan bersedia untuk berlarut-larut menggunakan facebook dalam setiap harinya, bahkan mengupdate status sehari sampai lima kali. Di sisi lain banyak orang yang belum mengenal blog dan ogah-ogahan untuk membuatnya, mungkin blog tidak seramai facebook. Tapi bagi pengguna internet, rasa-rasanya tidak mungkin jika tidak mengunjungi blog. karena setiap kali seseorang mengetikkan kata kunci di pencarian google, lebih banyak diarahkan pada blog tertentu.

Di zaman yang sudah semakin canggih ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa google adalah referensi yang valid, tanpa mengetahui bahwa banyak pula para blogger yang memanfaatkan kedunguan orang-orang ini untuk dirinya sendiri, lantas dibuatnyalah hasil pencarian google untuk referensi makalah dan lain-lain.

Oleh karena itu memahami membuat blog dan mengerti bagaimana persaingan para blogger untuk menempati halaman pertama pencarian google sangat perlu, terutama bagi para guru supaya tidak mudah tersesat di dunia internet. So inilah alasan utama belajar ngeblog bareng ini diadakan.

Apakah Semua Peserta Bisa Membuat Blog?

Tergantung ketekunan sih, membuat blog itu gampang, apalagi sudah ada tutorial yang mudah dipahami. Yang paling sulit adalah bagaimana menjaga blog tetap eksis dan diisi dengan artikel-artikel bagus.

Saya sendiri dahulu sering ngawur dalam membuat blog, bahkan sering membuat sampah blog. Sampah blog saya artikan dengan membuat banyak blog tapi tidak ada yang diurus dengan serius. Tapi sekarang sudah tidak lagi, karena mengurus satu blog saja rasanya sudah sering kewalahan.

Semua peserta bisa membuat blog, ingat hanya membuat, bukan mengoptimasi blog. Blog tidak bisa dipelajari dalam satu hari. Jikalau ada orang yang membuat e-book "mahir ngeblog dalam sehari" bisa dipastikan itu tidak benar. 

Sama seperti dalam proses belajar mengajar, selalu ada "trial and error" supaya bisa memahami lebih jauh ngbelog sebenarnya.

So, jika kita bisa membaut blog dan selalu dapat memenangkan kata kunci di pencarian google, berarti itu sudah lebih bagus loh.

Belajar Ngeblog bersama Mas Trigus

Yuks bagi yang menginginkan belajar ngeblog bareng, khusus area Trenggalek. Jika kawan-kawan berniat untuk mempalajari blog, undang saya juga ya, supaya kita bisa berbagi informasi. Silakan undang saya di nomor WA 081231756711. Insyalloh saya pasti datang.

You Might Also Like: