Template AMP-HTML Paling Keren Tahun 2017

Mastrigus.com - Sejak 2014 kemarin saya ngeblog, sejak itulah saya banyak bersentuhan langsung dengan kode-kode HTML, belajar menulis konsisten dan belajar bagaimana cara membuat blog yang bagus (menurutku).

Memang, ngeblog itu perlu kesabaran dan konsistensi tinggi, jarang sekali ada orang yang bisa langsung mendapatkan penghasilan dari blog jika tidak serius, tidak konsisten posting artikel dan tidak peduli dengan kecepatan loading blog.

Nah, hal-hal tersebut sudah saya alami semua. Dan saat inipun masih merasa bodoh jika harus mengedit sendiri kode-kode HTML. Maklumlah, saya bukan jebolan mahasiswa teknik informatika, jadi tidak terlalu banyak paham dengan kode-kode ndak jelas tersebut.

Nah dalam membangun blog, menurut pengalaman saya sendiri harus secera bertahap melakukan hal-hal penting, semisal: Membuat blog itu sendiri (bisa pakai layanan blogger.com atau wordpress.com) bisa pakai yang gratis maupun premium. Membuat artikel yang menarik, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Memilih atau membuat template yang bagus. Bagus di sini bisa dimaknai dengan templatenya cepat, User Interface bagus, mudah diedit, mudah dinavigasi dan tentunya harus update.

Sayangnya saya bukan orang yang bisa membuat template blog sendiri, haha. Kalau mengedit dan mengoptimasi bisa saja sih, cuman kalau membangun template dari awal saya harus angkat tangan dengan mengibarkan celana dalam.

Oleh karenanya saya lebih memilih untuk membeli template blog. Membeli template blog tidak ada ruginya guys, karena itu bisa menjadi aset berherga bagi blog kita. ketimbang harus memilih template free yang sebagian fasilitasnya sering dihilangkan, maka lebih baik membeli template premium.

Harganya memang variatif, tapi kita bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya blog mastrigus.com, seingatku sudah ada 6 kali saya mengganti template. itu semua karena masih dlam tahap pembelajaran, so tidak apa-apalah mengganti template blog, asalkan menjadi lebih baik.

Terakhir ini, saya memakai templat kompi minimalis garapan Bang Adhy Suryadi, mastah blogger pemilik blog kompi ajaib yang selalu baik menjadi konsultan gratis mastrigus.com. Belum ada sebulan yang lalu beliau mempublikasikan template premium dua versi sekaligus. Ia memberikan nama template tersebut Kompi Minimalis, template sederhana yang dikeularkan dalam dua versi, yaitu versi AMP HTML dan HTML 5. Jadi saya mendapatkan dua versi sekaligus.

Kurang baik apa coba? Sudah harganya relatif murah, dapat dua versi dan saya akan mendapatkan update ketika pengembangnya melakukan perbaikan.

Kelebihan dari AMP jika dibandingkan web bukan AMP adalah, saat membuka laman web yang valid AMP, maka akan dimuat 4 kali lebih cepat dan 10 kali lebih hemat data internet. 

Jadi kawan, template yang saya pakai ini adalah template Kompi Minimalis versi AMP. Sebelumnya saya menggunakan template garapan Bang Adhy juga.

Ada beberapa keunggulan template Kompi Minimalis, di antaranya:
  1. AMP HTML dan HTML5
  2. CTR Iklan tinggi banget (sangat terasa perbedaan dengan template sebelumnya)
  3. Responsive.
  4. Mudah di edit
  5. Menggunakan menu dengan list overflow.
  6. Tampilan post di homepage disesuaikan dengan iklan in-feed Adsense agar lebih mudah menyesuaikan iklannya. Slot iklan di antara post homepage sudah disediakan.
  7. Ditambahkan slot iklan di tengah artikel.
  8. Social share button dengan tombol Whatsapp, Line, dan BBM.
  9. Related posts.
  10. Blog pager dengan thumbnail
  11. Ikon menggunakan ikon SVG.
  12. Recent posts.
  13. Menggunakan komentar Disqus, sehingga bisa menampilkan random post atau recomendation posts (Discovery) di bawah komentar Disqus. (bisa diubah dengan komentara Facebook)
  14. Fast loading.
  15. Disediakan contact form dan sitemaps untuk halaman static.
  16. Support HTTPS.
Sedangkan versi AMP nya ada beberapa yang baru diperbarui:
  1. Menghilangkan logo blog diganti dengan huruf biasa, ini karena banyak pengguna yang kesulitan membuat logo blog.
  2. Menghilangkan scroll pada blog.
  3. Menambahkan thumbnail di atas postingan agar tidak perlu menulis 2 kali tag image di postingan.
  4. Menambahkan sticky pada sidebar agar ketika halaman di-scroll tidak terlihat kosong di sebelah kanan.
  5. Merubah tampilan related post dengan menambahkan slot iklan di sampingnya.
Saya suka sekali dengan tampilan minimalisnya, lebih tepat dengan apa yang diperlukan oleh blog mastrigus.com. Jadi bisa saya katakan bahwa saya sangat puas sekali dengan template kompi minimalis.

Nah, apabila kamu menginginkan template ini bisa langsung kontak pembuatnya melalui Kontak Bang Adhy Suryadi

You Might Also Like: