Aplikasi POS Paling Bagus Untuk UMKM?

POS kepanjangan dari Point Of Sales merupakan sistem pencatatan transaksi usaha yang diterapkan pada komputer untuk memudahkan orang menjalankan bisnis usaha, terutama dalam bidang perdagangan. Bukan hanya itu, POS secara sederhana juga bisa dimaknai sebagai sistem integrasi yang merekam keluar masuk suatu barang.

POS sangat dibutuhkan pebisnis terutama yang bergerak dalam usaha perdagangan retail, koperasi simpan pinjam dan lain-lain. Nah karena saya baru saja melegitimasi diri sebagai seorang bisnismen (niatnya begitu) maka  saya sangat membutuhkan aplikasi tersebut.

Namun ternyata, aplikasi POS ini sangat jarang disediakan oleh pengembang secara cuma-cuma. Khusus di Indonesia, aplikasi POS bukan barang digital murahan yang banyak beredar di internet. Memang, melihat betapa pentingnya kebutuhan para pebisnis terhadap aplikasi yang memudahkan pencatatan transaksi, para pengembang pun menjadikannya sebagai sumber mata pencaharian.

Membuat aplikasi POS tidaklah mudah, sebelum bisa membuat seseorang harus paham dengan bahasa pemrogaman alias programer, harus tahu dulu alur khas terlebih dahulu dan harus mengetahui banyak hal. Jadi jika harga aplikasi POS mahal, itu sangat wajar.

Namun meski begitu, saya termasuk orang yang belum bisa membeli aplikasi ini karena belum memiliki uang. Bisnis tidak mesti diawali dengan modal uang banyak. Seperti saya bisnis ini saya awali dengan modal nekad.

Adakah Aplikasi Pos Gratis?

Saya dan para UMKM lain sering mengajukan pertanyaan ini, adakah aplikasi POS yang gratis tanpa syarat dan ketentuan? 

Mungkin sebagian orang akan mengatakan jika pertanyaan sangat rendahan, karena dianggap tidak mau mengeluarkan modal untuk memulai usaha. 

Apapun jawabannya, jawaban yang kami inginkan hanyalah "ia ada", 

Kemarin sempat browsing, dan menjajal berbagai aplikasi POS Open Source gratisan, dan ternyata tidak bisa mewakili apa yang saya butuhkan.

Kalau aplikasi POS berbayar yang bisa mewakili kebutuhan usaha ya banyak sekali, seperti aplikasi Armadillo Accounting. Secara umum dari hasil mengeskplorasi aplikasi demo, saya sangat puas dengan fasilitas yang diberikan. Ada manajemen stock, neraca laba rugi, catatan transasi tunai non tunai, catatan harga HPP dan harga jual dan lain-lain. Sumpah geis, saya sangat puas.

Akan tetapi harga aplikasi ini mahal untuk saya, harga sekitar 6 juta. Hiks, padahal sudah ngebet banget ingin memakai aplikasi ini.

Dan untuk sementara ini saya masih menggunakan cara manual melalui aplikasi MS Excel. Jika teman-teman punya rekomendasi aplikasi POS yang bagus, lengkap dan murah (apalagi gratis), plis beri tahu saya ya. 

Ini bukan soal pelit dalam modal, hanya saja modalnya memang tidak ada. Hiks, sedih banget rasanya.

You Might Also Like: