Saudara New Pallapa (SNP Indonesia) - Sekali Saudara Tetap Saudara

Orkes Melayu New Pallapa boleh berbangga karena telah memiliki loyalitas pecinta dangdut yang mengatasnamakan dirinya SNP. Bukan kepanjangan dari Scottish National Party melainkan Saudara New Pallapa.

SNP (Saudara New Pallapa) menyebut diri mereka adalah "saudara-saudara pecinta dangdut koplo. terlebih-lebih dangdut koplo dari OM. New Pallapa" seperti yang tersemat pada kolom keterangan grup facebook NSP yang diikuti lebih dari 90.000 anggota di seluruh Indonesia.

Sejarah Dangdut Koplo

Musik koplo atau dikenal juga Dangdut koplo adalah sebuah sub aliran dalam musik Dangdut. Dengan ciri khas irama yang menghentak dari gendangnya. Aliran ini dipopulerkan oleh grup musik orkes melayu atau yang biasa disingkat dengan OM. Grup musik ini merajai pentas panggung rakyat terutama di pulau Jawa, lebih spesifik lagi di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah bahkan Jawa Barat.

Orkes Melayu yang berhasil merebut perhatian besar masyarakat salah satunya adalah OM. New Pallapa, orkes melayu asli jawa timuran hasil transformasi dari OM. Pallapa (1998). Beberapa sumber mengabarkan jika OM. New Pallapa berdiri tahun 2004 setelah sebelumnya terjadi konflik internal pengelola.

Melalui panggung-panggung dangdut koplo, ini banyak memunculkan para artis masa kini yang sebenarnya dahulu merangkak menggapai ketenaran hingga tingkat nasional, seperti: Inul Daratista, Dewi Persik, Via Vallen, Uut Permata Sari dan lainnya.

Kapan SNP di Berdiri?

Secara pasti admin tidak tahu kapan berdirinya, karena belum melakukan wawancara kepada para pengurus SNP. Ada banyak perkumpulan pecinta dangdut koplo di setiap daerah, kita bisa mengira-ngira berapa banyak para pecinta dangdut koplo di tanah air.

Saudara New Pallapa pernah mengadakan acara "temu akrab komunitas saudara new pallapa indonesia" pada tanggal 1 desember 2013 di GOR Seni Mojopahit Kota Mojokerto, yang di hadiri oleh SNP se-Indonesia dan seluruh keluarga besar OM. New Pallapa. Dan yang lebih mengharukan, acara resmi ini didanai dari iuran anggota SNP. Mantab jiwa.

Wujud loyalitas para penggemar dangdut ini setidaknya membuktikan jika dangdut koplo memang sangat digemari oleh masyarakat, itu sudah pasti karena melalui tabuhan gendang rancak nan membahana tersebut mampu melahirkan aransemen baru berbagai musik, baik dari aliran pop, rock, rege. Dangdut Koplo mampu menjeneralisir berbagai aliran musik menjadi musik yang enak dibuat joget.

Lagu Saudara New Palapa

Brodin, salah satu penyanyi yang sering manggung bersama OM. New Pallapa memberikan apresiasi kepada para Saudara New Pallapa melalui lagu berjudul SNP. Lagu ini memberikan gambaran semangat akan jalinan persaudaraan kuat pecinta dangdut koplo tanah air. Begini liriknya

kami adalah Saudara New Pallapa SNP Indonesia
akan selalu ada dimana kau berada
dengan semangat yang membara
ky Ageng lah gendangnya
dangdut koplo musiknya
mengajak kita bergembira
hilangkan rasa duka
semua sedih dan lara
ayo goyang bersama sama
SNP (SNP)
SNP (SNP)
Saudara New Pallapa
SNP (SNP)
SNP (SNP)
Saudara Selamanya
Siji Wadah Ojo Sampe Pecah
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: