Waspadai Bahaya Diabetes Melitus yang Sebenarnya

Diabetes Melitus atau sakit gula memang sulit untuk disembuhkan, dan membuat penderitanya sengsara. Secara medis ia bisa diatasi dengan diet ketat dibawah pengawasan dokter. Selain itu beberapa jenis tanaman juga bias digunakan sebagai obat alternative. Misalnya bawang, buncis, pare dan sebagainya. Beberapa diantaranya telah diteliti secara ilmiah khasiatnya.

Penyebab utama penyakit kencing manis terletak pada rombongan hormone insulin yang tidak cukup di dalam tubuh. Bisa karena kelenjar pankreas sebagai alat produksinya yang sudah rusak, atau lantaran jumlah insulinnya sedikit. Padahal hormone ini bertindak sebagai pemindah glukosa dari aliran darah, sebagai tempat penyimpanan glukosa (zat gula) setelah seseorang makan untuk disebarkan pada sel-sel jaringan tubuh.

Nah karena insulin didalam tubuh tidak cukup, maka kerjanya jadi tidak efisien, dan glukosa tidak terkirim dengan baik kedalam sel-sel tadi, akibatnya, kerja keras pengubahan zat makanan menjadi glukosa jadi sia-sia, keseimbangan kadar gula (glukosa) darah pun terganggu. Seharusnya kadar glukosa darah manusia normalnya berkisar 60-120 mg/dl pada saat puasa atau kurang dari 200mg/dl. Apabila lebih dari itu, pertanda si “manis” ini sudah datang. Akibatnya badan jadi loyo, sering kencing, dan gula darah terbuang percuma lewat air kencing. Tidak percaya? Cobalah untuk mencicipi rasa air kecing anda, jika manis berarti terbukti simanis sudah datang.

Bahaya Diabetes Melitus

Ada banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengobati diabetes, contoh seperti pada artikel ini Obat Diabetes Melitus Alami Dari Tumbuhan. Di dalam artikel tersebut kami sudah menulis beberapa tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat alternatif, dan ingat masih banyak tanaman-tanaman lain yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit menjengkelkan ini.

Untuk selanjutnya kita akan fokus pada pembahasan diabetes melitus, baik mengenai masalah pencegahan dari diabetes melitus, maupun tanaman alternatif lain yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes melitus secara berkala.

Obat Diabetes Melitus Alami Dari Tumbuhan

1. Obat Diabetes Alami Dari Mengkudu

Buah mengkudu banyak mengandung Proxeroni yang merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfunsi untuk membuka pori pori sel, sehingga nutrisi akan mudah menyerap ke dalam tubuh. Kemampuan inilah yang membuat mengkudu cukup baik untuk dijadikan obat diabetes. caranya:
Ambil 1 buah mengkudu
Kemudian diblender dan ambil airnya airnya
Masukkan air atau ekstrak mengkudu ke dalam gelas
Jika Anda tidak tahan dengan rasa dan baunya, Anda juga bisa manambahkan sedikit madu

2. Obat Diabetes Alami Dari Kunyit

Kunyit sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, ini bisa menjadi obat diabetes alami yang paling mudah digunakan. Karena sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, maka kunyit bisa dijadikan solusi alternatif untuk mengobati penyakit gula darah atau diabetes. Cara menggunakannya.
  1. ambil 1 rimpang kunyit dan tambahkan dengan setengah sendok garam.
  2. Kemudian rebus dalam satu liter air hingga air mendidih.
  3. Saring air rebusan tersebut dan biarkan agar dingin.
  4. Setelah dingin, minumlah air rebusan kunyit tersebut cukup setengah gelas saja.
  5. Minumlah secara teratur dua kali dalam satu minggu.
  6. Dengan cara ini, kadar gula darah penderita diabetes akan stabil sehingga mencegah komplikasi penyakit lainnya.

3. Obat Diabetes Alami Dari Mahkota Dewa

Tanaman herbal lainnya yang mampu atasi penyakit diabetes adalah tanaman mahkota dewa. Bahkan kepopuleran tanaman mahkota dewa belakangan ini semakin naik karena manfaatnya yang begitu penting dalam pengobatan berbagai penyakit. Untuk mengobati penyakit diabetes dengan tanaman mahkota dewa juga tidak sulit.
  1. Siapkan 3 hingga 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa.
  2. Kemudian tambahkan 3 lembar daun salam dan cuci hingga bersih.
  3. Rebus menggunakan air 3 gelas dan terus rebus agar mendidih sampai air hanya tersisa setengah gelas.
  4. Minumlah air rebusan tersebut setiap hari agar penyakit diabetes bisa diatasi.
  5. Anda dapat mencoba tips membuat obat diabetes alami ini sendiri di rumah.

4. Obat Diabetes Alami Dari Brotowali

Ini merupakan tanaman obat yang sudah dikenal sejak lama. Rasanya yang pahit sering dibuat untuk campuran jamu sehingga sangat khas. Khasiatnya yang ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit membuatnya semakin populer di kalangan masyarakat. Salah satu manfaatnya yang cukup ajaib yaitu untuk menyembuhkan penyakit gula darah ini. Resep pengobatan diabetes dengan tanaman brotowali juga sangat mudah dibuat. Caranya.
  1. ambil batang tanaman brotowali kira-kira sebesar jari atau 10cm.
  2. Tambahkan satu genggam akar pepaya dan rebus kedua bahan alami tersebut.
  3. Rebus hingga mendidih dan biarkan agar dingin baru minum air rebusan tersebut untuk mengobati penyakit diabetes.

5. Obat Diabetes Alami Dari Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan tanaman alami yang dapat mengatasi masalah penyakit diabetes. Kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan dan biasa dimakan dengan menggunakan sambal. Dan lebih nikmat lagi, kemangi yang disandingkan dengan akan lele pasti akan sangat menggoda selera. Namun dibalik itu, manfaat daun kemangi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit gula darah. Daun kemangi memiliki suatu kandungan yang dapat membantu proses sekresi insulin pada tubuh, jadi kadar gula darah akan tetap stabil. Cara mengkonsumsinya pun seperti biasa dan cukup digunakan sebagai lalapan. Karena kemangi dikonsumsi dalam keadaan mentah, maka pastikan kebersihannya terjaga.

CARA MENCEGAH DIABETES MELITUS

Bagaimanapun juga penggunaan berbagai obat-obatan kimia atau obat-obatan alternatif alami merupakan upaya untuk menyembuhkan penyakit ini, dan upaya yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah upaya untuk pencegahan. Upaya penting untuk pencegahan dari penyakit ini adalah dengan menghindari kegemukan. Dari penelitian, terbukti bahwa 80% penderita diabetes melitus adalah orang dewasa yang mengalami obesitas (kegemukan).

Untuk itu menghindari makanan yang berlemak tinggi merupakan pilihan yang bijak, dan juga makanan yang mengandung pemanis gula murni (manisan dan sebagainya). Lebih baik bila mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sekalipun karbohidrat dikenal sebagai sumber glukosa (zat gula), namun pelepasan gulanya terjadi perlahan-lahan dalam waktu lama. Makanan berserat juga baik untuk mencegah diabetes, sebab serat mampu memperlambat masuknya gula ke dalam tubuh. Dengan begitu kerja insulin tidak terlalu berat.

Untuk melakukan pencegahan diabetes melitus, cara yang tidak kalah penting adalah mengenai cara makan. Ingatlah bahwa "Biang keladi penyakit adalah bardah (kekenyangan)" maka jangan biasakan makan sekaligus dalam jumlah banyak. itu untuk menghindari beban organ tubuh dalam mengolah makanan didalam tubuh. Cara terbaik makan adalah makan dengan terjadwal, misalnya makan waktu pagi (sarapan), waktu siang, dan malam, intinya makanlah secara merata. berhentilah makan sebelum kenyang, itu adalah anjuran yang sudah ada sejak dulu kala.

Kalau sudah terlanjur terkena diabetes melitus maka sudah tidak bisa untuk menghindarinya. Disiplin berobat pada dokter yang ahli dalam bidangnya, melakukan diet ketat dan berolahraga sesuai dengan porsi tentu akan memperbaiki kualitas hidup penderita. Bila dirasa perlu anda juga bisa menggunakan obat-obatan alternatif dari tumbuhan sebagai obat alami untuk kesehatan hidup anda. Terimakasih sudah membaca Cara Mencegah Penyakit Diabates Melitus.

ARTIKEL TENTANG DIABETES

You Might Also Like: