Waspadalah Modus Penipuan Melalui SMS dan Telepon

Modus penipuan di Indonesia kini semakin marak geis, mulai dari sms mama minta pulsa hingga sms "selamat anda mendapatkan hadiah dari bla bla bla sebesar bla bla bla". Dan ternyata modus penipuan model beginian ternyata efektif membuat si korban bertekuk lutut dalam harapan untuk mendapatkan hadiah.

Menurut kabar di masyarakat, sudah banyak sekali korban penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum rakus dan picik demi meraup keuntungan secara mudah. Maklum, hati para penipu memang sudah dimatikan Tuhan supaya tidak ada beban ketika melancarkan aksi penipuan. Ujung-ujungnya jika tidak segera bertobat, pasti kena balak. Do'akan saja mereka cepat insyaf.

Penipu jaman now, diakui atau tidak memang lebih kreatif dan cerdas ketimbang penipu masa dulu. Mungkin ini menujukan bahwa pendidikan di Indonesia mulai menunjukan hasilnya. Namun sayang, proses pendidikan yang panjang di negeri tercinta ini tidak sebanding dengan lapangan kerja yang disediakan untuk menjamin mereka setelah lulus, padahal semenjak masuk sekolah, para pelajar dididik untuk menjadi pekerja, bukan menjadi diri sendiri. Akhirnya salah satu alternatif kekinian adalah dengan menjadi penipu, penipu merupakan profesi satu tingkat lebih rendah dari koruptor. Hehe.

Kendati dinamakan seorang penipu, saat melancarkan aksinya melalui telepon, mereka lebih terkesan sebagai seorang cerdas dan berpendidikan tinggi ketimbang seorang penipu. Tugas mereka adalah berupaya meyakinkan para calon korban untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Jadi skill komunikasi dan ilmu psikologi memang mereka geluti untuk bisa menipu korban.

Dimulai dari sms yang disebar ke banyak nomor HP secara random sampling, mengirimkan pesan mengenai hadiah. Ya siapa yang tidak termehek-mehek dengan adanya hadiah, apalagi hadiahnya tidak didapatkan dengan proses sulit, otomatis deh para korban yang gampang percaya dan selalu tamak mendapatkan sesuatu dengan mudah akhirnya terpikat untuk mengikuti step by step petunjuk dari penipu. Tahu-tahu isi ATM nya sudah ludes dikirimkan ke rekenung penipu secara tidak sadar. Nah loh, kalau mau begini siapa yang mau disalahkan? Ketegaan si penipu, atau keluguan si korban.

MODUS-MODUS PENIPUAN MASA KINI

Ada beberapa modus penipuan melalui telepon yang berhasil admin rangkum, baik dari pengalaman penipuan kepada admin sendiri maupun pengalaman orang lain yang telah menjadi korban. 

Penipu melalui telepon adalah orang-orang cerdas, melek teknologi dan memiliki bahasa komunikasi yang bagus, sabar dalam menunggu dan tidak grusa-grusu, memiliki pengetahuan tentang psikologi manusia (suka di iming-imingi) dan pandai dalam menghilangkan jejak.

Ada beberapa cara penipuan yang kerap diterapkan pada masyarakat luas, beberapa di antaranya adalah melalui:

1. PENIPUAN MELALUI SMS

Jamak diketahui bahwa setiap orang saat ini memiliki handphone, memang handphone sangat penting sebagai alat komunikasi. Hal inilah yang digunakan para penipu untuk mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan uang. Katakanlah si penipu mengirimkan 1000 sms secara acak kepada calon korban, pasti 1-20 orang di antaranya akan memfolow-up sms tersebut.

Contoh SMS penipuan seperti ini geis (dikumpulkan dari berbagai sumber):

Pelanggan Yth..M-KIOS CELL Menawarkan pendaftaran Cip M-kios & Token PLN harga pulsa :V5: Rp.4300 V10: 8300 Utk bergabung Ketik INFO kirim ke 089652018503

PT. GARSINDO Cari agen jual pulsa M-kios All Operator transaksi 24 jam dgn harga ; V5 = 4500 V10=8500 V20= 18000 U/Gabung kirim ke :085318655616 

Dapatkan e-Tiket Murah & Promo Untuk Penerbangan Domestic & International BOOKING ONLINE Info Hub: 085216181177 www.surya-travel.jimdo.com

SLMT!!! NO anda m-dpt mobil AVANZA dr kartu AS di undi td malam di metro TV pkl : 23.00 wib u/info klik : www.telkomsell.jimdo atau/Hub : 0016285286552555".

SELAMAT, Anda memenangkan 1 UNIT MOBIL FREED dr TELKOMSEL, Edisi THN 2013 di undi tdi mlm pkl 23:30 di RCTI U/info Hub : 082329676767 H. MULYADI Pengirim : +777

Anda pmain togel sring kalah.mau bagi hasil. MBAH JOKO bisah mbntu anda SIO/ANGKA dari RETUWAL Berminat. Hub : MBAH JOKO.di. 085217984299 Dijamin 100% tembus".

TOKO NIAGA-CELL Disc 45% Khusus PROMO :
 - Blackberry
-  NOKIA
-  SAMSUNG
-  IPHONE dll,
Info Hub/sms ke : 082-33333-783 Buka  Website Kami : www.niaga-cell.blogspot.com

TOKO JAYA BB,,, discount 50% berbagai type BLACKBERRY Gemini 900 ribu, Torch 2,5 jt, Dakota 2,8 jta NOKIA& SAMSUNG, Info klik www.jayabb.com.

Isi SMS : "BELANJA ONLINE TOKO RESKY DISCON 50% BB LAPTOP SAMSUNG IPAD NOKIA DLL U/pemesanan/order  call/sms 085322222699 kunjungi web kami di www.reskiy-shop.blogspot.com

Dapatkan E-TICKET Promo untuk penerbangan DOMESTIK & INTERNASIONAL melalui Via Online mudah & aman. Hub ; 085285485509 klick. www.mhegatravel.com

Segera dapatkan E-TIKET pswt hrga PROMO U/ penerbangan Domestik & Internasional Reservasi tiket, mudah & Praktis, hub : 02136146799, 085312792222 www.Asia-travel.com

Dptkan e-tiket Promo Untuk Penerbangan Domestic & Internasional Booking ONLINE 24 jam Info Hub : 081316899123

Segera dapatkan E-TIKET pswt hrga PROMO U/ penerbangan Domestik & Internasional Reservasi tiket, mudah & Praktis, hub : 02136146799, 085312792222 www.Asia-travel.com 

Promo Terbaru Toko Artha  jaya BB Dakota 3 jt Iphone5 3,5 jt BB Onyx3 2,8 jt Camera DLL Call Sms Ke : 085335875777

Ini rekeningnya mandiri : 900-00-1037951-0 a.n reza prasetya

Kirimi dulu pulsa 20ewu di no ini 085285485839 Mas Agus

Kak, kirimkan dulu pulsa25rb di no baruku ini 085377771822

Ini, Rekeningnya. Bank BNI No.rek.0277285682 A/n.WAHYUDI ALAMSYAH sms klo sudah dikirim

"ini rekeningnya bank bri.no/rek.018801.006474.53.2.a/n:IR MAYANI

Uangnya dikirim aja ke Rekening ini, BankBNI a/n SAFITRI  No.Rekening 0282566132"

ma, isi dl pulsa 20 rb di nmr ini 085337784732

Ini hanya beberapa contoh yang biasa digunakan oleh penipu dan berhasil di catat oleh calon korban, dan masih ada banyak format SMS penipuan yang harus kalian cermati geis supaya tidak tertipu.

Format SMS biasanya menyesuaikan dengan apa yang lagi trend saat ini. Misalnya nih, saat orang ramai membeli gudget, penipu mengirimkan SMS penipuan berupa sms penawaran harga handphone murah. Siapa coba yang tidak kepincut dengan penawaran ini, apalagi bagi orang yang ngebet menginginkan HP bagus tapi duit belum terpenuhi. Alhasil, sikorban dapat terkecoh.

Berkembang lagi dengan memakai SMS tentang HARGA TIKET MURAH, banyak yang kepincut dengan sms ini karena saat itu (sebelum ada traveloka) orang seringkali melakukan perjalanan jauh, dan tiket murah adalah pilihan prestisius untuk melakukan penipuan.

Semakin kesini para penipu semakin cerdik saja lo geis, banyak modus operandi SMS yang dikirimkan secara random. SMS penipuan tentang hadiah mobil atau uang tunai jumlah besar, SMS penipuan jebakan minta pulsa, SMS penipuan info persetujuan harga dan mengirimkan no rekeking dan banyak lagi geis.

Jangan mendakwa penipu ini hajingan (b nya sensor ya) karena berhasil menipumu, tapi sadarilah kenapa kamu bisa ditipu, jangan-jangan karena ambisi besar ingin mendapatkan sesuatu secara mudah dan murah lebih mendominasi dirimu ketimbang berpikir mengenai kebenaran hadiah tersebut.

CIRI-CIRI PENIPUAN MELALUI SMS

  1. Memakai nomer banyak, misalnya: SMS penipuan selalu mengarahkan calon korban untuk menghubungi nomer yang telah ditentukan, bukan ke nomer yang digunakan untuk untuk SMS. Kenapa bisa begitu? Yups jawabnya mudah, karena mereka mengirimkan SMS kepada calon korban melalui peralatan (modem) secara acak dan bersamaan. Jadi nomer yang digunakan untuk penipuan tidak bisa dipakai untuk menerima telepon dari calon korban, karena tidak dipasang di HP.  Oleh karena itu mereka selalu mengarahkan untuk menghubungi nomer tertentu yang sudah standby menunggu calling dari calon korban. 
  2. Kebanyakan penipu mencantumkan alamat websites dengan nama domain yang mirip dengan perusahaan besar, misalnya: www.hadiahBRI.blogspot.com (ada BANK BRI), http://gebyartelkomsel.juplo.com (ada TELKOMSEL). Ini berfungsi untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat awam yang tidak terlalu mengetahui website dan blog.
  3. Menawarkan harga barang murah dari harga-harga pada umumnya.
  4. Pesan SMS sok kenal sok dekat seperti "ma, isi dl pulsa 20 rb di nmr ini 085337784732" atau "nduk, kirimono ibu pulsa nek nomer iki 085337784732, penting, ibu nek kantor polisi" dan lain sebagainya. Model SMS seperti ini ampuh menimbulkan banyak korban dan sempat boming di Indonesia geis.
  5. Pesan SMS deal harga dan nomer rekening. Target dari sms ini adalah mereka yang terbiasa melakukan bisnis.
Masih banyak model sms penipuan yang di buat oleh para penipu, jadi tetap jangan percaya dengan mudah kepada SMS yang memberikan hadiah. Penipu berusaha memanfaatkan psikologi manusia untuk menipu.

1. PENIPUAN MELALUI TELEPON

Waspadalah jika kalian menerima telepon dari orang yang tidak dikenal kemudian memberikan informasi hadiah uang tunai yang lumayan besar. Karena bisa jadi itu datang dari para penipu hajingan (b nya sensor geis).

Korban dari telepon ini banyak kehilangan uang di ATM karena telah mengirimkan uang secara sembrono kepada penipu. Hayuk siapa yang pernah mengalami penipuan modus ini.

Sebenarnya uang di ATM tidak hilang dengan sendirinya melainkan uang tersebut habis karena telah dikirimkan oleh korban, tapi secara tidak sadar. Jadi modusnya dilancarkan seperti ini:

Modus Penipuan Melalui Telepon

  1. Ada nomer telepon tidak dikenal memanggil.
  2. Calon korban menerima telepon. (progres 5%).
  3. Si penelpon berbasa-basi dengan memastikan beberapa hal (secara gambling) kepada calon korban. Biasanya di awal komunikasi dia langsung bisa mendominasi percakapan. Si calon korban hanya mengatakan iya dan iya sambil mangut-mnagut. (progres 10%).
  4. Si penelpon menginformasikan bahwa calon korban mendapatkan hadiah senilai bla bla bla dan harus di terima si korban hari itu juga. (calon korban lugu kegirangan).
  5. Kemudian penelpon menanyakan hadiahnya dikirimkan melalui apa, disarankan memakai bank. Entahlah kenapa si calon korban kebanyakan memberikan info bahwa mereka punya bank, mungkin karena cepat-cepat menginginkan hadiah tersebut. Nah di sinilah, penelpon mengarahkan calon korban untuk datang ke ATM terdekat dengan dalih untuk melakukan verifikasi langsung (memangnya ada ya aturan bank yang mengharuskan penerima kiriman datang ke ATM), tapi karena ngebet pengen hadiah, si korban langsung datang ke ATM. (Progres 80%).
  6. Si penelpon tidak menganjurkan calon korban menutup panggilan, bahkan ketika calon korban pergi ke ATM. Mungkin untuk menjaga supaya tidak lepas dari perangkap ya geis.
  7. Setelah di ATM, si penelpon mengarahkan untuk menekan berbagai tombol sesuai petunjuknya. Tombol-tombol yang ditekan tersebut sebenarnya mengarah pada proses transfer uang kepada si penelpon. Dan apabila ATM berisi uang banyak (penelpon tahu isi uang dari korban dengan menanyakan berapa kode yang keluar, padahal itu saldo), si calon korban bisa menjadi korban karena telah mengikuti arahan si penelpon yang sebenarnya adalah penipu. (progres 100%)
  8. Menyadari bahwa uangnya tidak bertambah dan malah mengetahui saldonya habis, si korban kebingungan dan nangis sejadi-jadinya. Mau menghubungi si penipu, nomernya kebutu tidak aktif. Lengkaplah sudah penderitaan geis, kasihan banget geis.
Bukan hanya modus penipuan mendapatkan hadiah uang tunai besar, tapi penipu bisa menggunakan berbagai cara, misalnya: 
  1. Penipuan telepon berpura-pura jadi anak atau saudara calon kooban dengan menginformasikan situasi darurat seperti kecelakan, ditangkap polisi dan lain sebagainya. Bahkan penipu menangis histeris di awal telepon diangkat supaya calon korban langsung beraksi. ujung-ujungnya minta uang dan mengirimkan melalaui ATM. Korbannya sudag banyak geis.
  2. Telepon penipuan mendapatkan beasiswa, haha. Biasanya aksi ini dilakukan saat tahun penerimaan siswa atau mahasiswa geis. Momen yang tepat.
Berbagai modus tipuan disiapkan secara matang oleh para penipu supaya bisa menipu dengan sukses, mereka memanfaatkan keluguan masyarakat Indonesia melalui SMS dan Telepon. Jaringan para penipu ini sebenarnya sudah banyak yang berhasil dibongkar polisi, namun seperti kata pepatah, mati satu tumbuh seribu. 

Disisi lain, para penipu yang memiliki great kecerdasan di bawah koruptor ini seakan berpikir tidak ada yang bisa mengentikan mereka, padahal sejatinya, ketika orang-orang sudah melakukan penipuan, suatu saat pasti terkena batunya. Entah ditangkap oleh polisi, atau terkena azab pedih Ilahi. Jika sampai mengalami keduanya, apa sih sebenarnya yang bisa ia dapatkan? Mari do'akan semoga para penipu bisa menginsyafi apa yang telah mereka lakukan.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: