Batik Khas Trenggalek

Batik Trenggalek pernah memasuki masa kejayaan sekitar tahun 70-an, ini dibuktikan dari beberapa keterangan dari masyarakat yang mengatakan bahwa pada tahun tersebut, pekerjaan masyarakat Trenggalek banyak di dominasi oleh bidang kerajinan batik.

Sekitar tahun 70-an, banyak masyarakat yang membuat batik. Terutama di Kelurahan Surodakan dan Kelurahan Sumbergedong. Pada masa itu, saya yang juga adik dari pemilik rumah batik yang turut membantu pekerjaan kakak, menerima banyak pesanan. Saat itu pula batik khas Trenggalek menjadi rujukan dari kabupaten-kabupaten lain jika sedang membutuhkan batik.

Proses pengerjaan waktu itu masih menggunakan cara tulis dan memakai pewarna alam, jadi keaslian batik kental didapatkan dari produk yang dihasilkan masyarakat Trenggalek. Bahkan, disetiap rumah penduduk di kelurahan tersebut, mudah menemukan batik karena banyak yang menjadi pengrajin batik.

Namun sayang, dengan masuknya pewarna pakaian di Trenggalek yang juga dipakai oleh pengrajin batik untuk mewarnai, menjadikan daya tarik batik Trenggalek menurun bahkan banyak dari pengrajin yang gulung tikar. Dan kini, hanya tinggal beberapa pengrajin batik yang masih bertahan.

Akhir-akhir ini perkembangan baju batik di indonesia mengalami masa-masa yang sangat menyenangkan, tercatat pada kuartal beberapa tahun terakhir semua model baju batik mengalami peningkatan dari segi produksi dan juga dari segi pemasaran.

Model Baju Batik Modern merupakan salah satu jenis baju yang dibuat dengan kain batik dengan konsep modern bukan model baju batik tradisional melainkan menyesuaikan dengan perkembangan tren model baju masa kini.

Model Baju Batik Modern berkembang disebabkan tuntutan masyarakat yang menginginkan baju batik setara dengan model baju resmi yang lain sehingga dapat memberikan solusi pilihan alternatif dalam berpenampilan lebih bervariasi.

Pengrajin Batik Trenggalek

Nah, berhubung saya ini adalah pemuda yang dilahirkan secara otodidak di Trenggalek, maka saya akan mengabarkan kepada kamu semua mengenai pengrajin-pengrajin batik yang saat ini masih bertahan dan cukup berkembang. Di antara adalah:

1. Pengrajin Batik Sekarwangi Trenggalek

Pengrajin Batik Sekarwangi merupakan pembuat batik yang cukup terkenal di Trenggalek, ada berbagai macam batik yang disediakan di sana, mulai dari batik tulis dan batik cap. Pengrajin ini membuat batik sendiri.

Alamat pengrajin batik sekarwangi ada di Desa Sumberingin, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66361. 

Bagi yang ingin mengetahui berbagai macam motif batik sekarwangi, bisa melihat di situs paditren.com, atau langsung mengunjungi halaman ini: Batik Tulis Trenggalek.

2. Pengrajin Batik Tulis Rahayu Trenggalek

Alamat: Jl. Dewi Sartika No.19, Sumbergedong, Kec. Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66315

3. Pengrajin Batik Setiya Jaya Trenggalek

UD Batik Setiya Jaya punya Mbak Rurik ini beralamat di Jalan Ngentrong-Prambon masuk jalan Dusun Jampi, RT. 06, RW. 01, Desa Ngentrong, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, dengan menghasilkan Batik Tulis maupun Batik Cap. 

Untuk menuju Gerai/rumah Mbak Rurik, kalau dari arah Kota Trenggalek, susuri jalan Raya Trenggalek-Ponorogo, sampai SMAN 1 Karangan, masih terus sekitar 300 meter ada Papan Nama "Sentra Industri Batik Trenggalek" sebagai penunjuk arah, masuk jalan ke kanan, terus sampai mentok ketemu Balai Desa Ngentrong belik kiri, ketemu Masjid dipertigaan belok kanan, susuri jalan terus sampai ada belokan ke kiri dan ketemu pertigaan, lalu belok kanan (Ibu/Bapak/Sdr/sdr) mudah untuk tanya ke penduduk setempat. 

Batik Setia Jaya ini menjadi salah satu andalan Produk Batik Khas Kabupaten Trenggalek dengan "BUNGA CENGKEH" serta yang terbaru "BATIK ARUMI" dengan ciri khas Tari Turonggo Yaksonya, serta sudah sering mengikuti pameran di seantaro nusantara. Ibu Bapak juga bisa pesan dalam jumlah banyak untuk seragam dengan motif batik bisa menyesuaikan keinginan Ibu Bapak sekalian.

4. Pengrajin Batik Alya Trenggalek

Alamat: Jl. DR. Sutomo, Ngantru, Kec. Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66311

5. Pengrajin Batik Tiepoek Trenggalek

Alamat: Ngentrong, Karangan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66361

6. Pengrajin Batik Rara Trenggalek

Alamat: Bendoagung, Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66373

Kalau kamu sedang di Trenggalek, jangan sampai kamu tidak membeli batik khas Trenggalek ya geis.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: