Pengalaman Pertama Memakai Domain Dari DomaiNesia

Kamu sudah tahu belum jika blog mastrigus.com ini berlangganan domain di DomaiNesia? Sebuah perusahaan penyedia jasa layanan domain dan hosting murah yang berada di Indonesia.

Sejak saya bermigrasi dari domain gratisan yang disediakan google (blogspot.com) ke domain TLD (Top Level Domain), sejak saat itu pula saya berlangganan di DomaiNesia, dan sampai sekarang masih setia memakai layanannya. Bukan bermaksud promosi lo geis, tapi ini fakta yang saya temukan semenjak berlangganan, DomaiNesia itu mudah dipakai serta melayani customer dengan sebaik-baiknya.

Misalnya nih, ketika saat itu saya masih lugu dalam urusan setting domain TLD namun maksud hati ingin membuat website sendiri dan sudah tak kuasa ingin segera memilikinya, saya memaksakan diri untuk browsing mencari penyedia domain yang murah dan mudah, hingga pada akhirnya menemukan domainesia.com. Memang sih saya tak berniat untuk mencari jasa peyedia domain selain dari perusahaan Indonesia dikarenakan tidak fasih dalam berbahasa asing. Alasannya cukup simple bukan? Kalau ada apa-apa dan saya butuh berkomunikasi langsung dengan customer servicenya tapi tidak bisa bahasa inggris, lantas saya mau apa?

Nah dari alasan simple yang membuktikan keluguan tersebut, saya mencoba untuk mencari tahu bagaimana layanan DomaiNesia selama ini. Pertama saya menghubungi seorang teman yang kebetulan telah lama bergelut sebagai penyedia jasa web design, siapa tahu dia tahu perihal DomaiNesia.

Teman saya tersebut mengatakan jika dia memang sudah berlangganan sejak lama dengan DomaiNesia, dan selama ia berlangganan belum ada kendala teknis yang membuatnya berang. Nah loh, keinginan saya semakin bertambah untuk segera membeli domain TLD darinya. Tapi, bagaimana cara membeli dan melakukan setting?

Dengan pengetahuan terbatas bahkan hampir tidak punya pengetahuan tentang bagaimana caranya memakai TLD, saya beranikan diri untuk sekedar berselancar di website domanesia, mencari informasi yang mungkin saya perlukan.


Saat pertama membuka websitenya, saya langsung disuguhi kolom pencarian domain, di kolom tersebut saya bisa melakukan pengecekan nama domain yang dikehendaki, jadi dari situ kita bisa langsung tahu apakah domain tersebut tersedia dan bisa dibeli atau sudah dipakai oleh orang lain dan tidak bisa dibeli. Selain itu, yang lebih asyik lagi, di kolom dialog kanan bawah muncul pesan dari seorang perempuan (tampak di foto kecilnya bahwa ia cantik, eh) yang mengirimkan pesan kepada saya yang masih anonim “ada yang bisa kami bantu?” Tanyanya.


Ia adalah Customer Service (CS) DomaiNesia, yang ditugaskan untuk membantu dan memandu para pengunjung atau calon customer (seperti saya) supaya tidak tersesat ke jalan yang salah. Nah, layanan inilah yang akhirnya saya gunakan untuk bertanya-tanya perihal bagaimana saya harus melakukan pembelian, pembayaran, konfirmasi pembayaran, pemasangan domain dan yang tidak kalah penting mengenai diskon.

Yang membuat senang dari komunikasi tersebut adalah, pertanyaan saya dijawab secara jelas. Bagi seorang user yang baru saja mengenal apa itu TLD dan bagaimana mendapatkannya, jawaban yang diberikan langsung oleh CS tersebut merupakan petunjuk terang benderang yang bisa dijadikan modal untuk bisa menjadi mastah, eh. Misalnya saya bertanya begini, “mbak bagaimana cara saya membeli?” Dia (yang tetap kuanggap cantik dari photo profilnya) menjawab begini, “anda daftar dahulu supaya bisa kami bantu lebih lanjut”. CS ini sangat bermanfaat bagi seorang blogger baru yang sedang bingung mencari hosting untuk pemula.

Saya manut dengan perintah tersebut, lantas segera membuat akun di DomaiNesia. Petunjuk yang diberikan oleh CS sebelumnya langsung saya terapkan. Dari mulai membuat akun baru, mengecek nama domain yang akan saya beli, mendaftarkan domain tersebut lalu mengirimkan uang pembayaran sesuai yang tertera invoice (saya memakai bang transfer), dan mengonfirmasi bukti pembayaran kepada sistem yang telah disediakan. Nah sampai dalam tahap ini saya bisa melakukannya dengan lancar. Oh ya supaya konfirmasi pembayaran cepat direspon, silakan hubungi kembali CS nya dan mengatakan sudah melakukan pembayaran, nanti si CS akan cepat merespon dan menanyakan beberapa hal. Seperti halnya, "pengirimnya atas nama siapa?"

Setelah melakukan pembelian, kita sudah bisa memasang domain tersebut di blog kita. Tapi bagamana caranya? Lagi-lagi karena saya masih sangat newbi dalam perkara ini, saya langsung menghubungi CS kembali.

Hai mbak, cara pasang domain di blogspot gimana ya? Mohon bantuannya.

Beberapa detik kemudian, si mbak CS membalas

Baik pak, akan saya pandu, silakan mengikuti tutorial ini dahulu, jika nanti kurang jelas, silakan kembali bertanya pada kami” Jawaban yang sebenarnya penuh arti, hahai. Oh ya, link tutorial yang dimaksud bisa kamu temukan di sini: Cara Setting Custom Domain untuk Blogger / Blogspot

Ok, dari tutorial yang saya dapat tersebut langsung saya praktikan, ribet memang, karena ini adalah pengalaman pertama saya, akan tetapi keribetan tersebut tidak terlalu mempengaruhi saya untuk bisa menyetting domain sendiri, kan tadi sudah dikasih tutorial sama mbak CS, jadi sangat membantu sekali.

Ternyata eh ternyata setelah step by step tutorial saya lalui dan di praktikkan, settingan domain baru di blogspot sudah selesai. Namun saya masih menemukan kendala lagi, kenapa saat saya akses mastrigus.com, alamat ini tidak bisa dibuka. Akhirnya saya harus menghubungi lagi CS DomaiNesia untuk meminta penjelasan tentang hal ini. Siapa tahu setting yang saya terapkan masih salah.

Mbak CS menjawab dengan cepat, “Baik bapak, silakan menunggu 1 x 24 jam, domain yang dipasang sedang masuk masa propagrasi. Jadi Bapak tunggu saja, biasanya tidak sampai lama. Progresnya bisa anda cek di alamat ini....”.

Masa propagrasi? Istilah apalagi itu? Supaya tidak terlihat goblog, saya langsung mengiyakan apa yang dikatakan mbak CS. Bagaimanapun juga saya tidak boleh terlihat goblok dihadapan cewek, saya ini kan lelaki sejati yang kudu nampak keren dihadapan cewek, je. Hehe.

Akhirnya saya menemukan arti propagrasi dan paham apa maksudnya. Sambil menunggu selesai, saya memutuskan untuk ngutak-ngatik blog lagi. Tidak sampai setengah jam, setelah terlena dengan coding, saya coba lagi untuk mengecek domain. Dan eh ternyata alamat blog yang baru sudah bisa diakses. Senang bukan kepalang rasanya, suka riang sekali rasanya. Perjuangan membeli dan memasang domain sendiri sudah selesai.


Nah dari cerita fakta di atas, ada beberapa hal yang bisa dijadikan alasan kenapa berlangganan di DomaiNesia itu enak:
  1. Proses pembelian domain di DomaiNesia tidak ribet alias sangat mudah.
  2. Pelayanan yang diberikan CS DomaiNesia adalah sebaik-baikya pelayanan.
  3. Ada ragam tutorial yang disediakan DomaiNesia untuk memudahkan pelanggan.
  4. Ada banyak diskon yang diberikan oleh DomaiNesia.
  5. Komplain dan pertanyaan pelanggan segera direspon cepat oleh mereka.
Jadi geis, setelah mengetahui kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh DomaiNesia, setiap ada kawan atau pelanggan yang meminta bantuan untuk membelikan domain, selalu saya arahkan ke DomaiNesia. Kadang saya sendiri yang membelikan dan memasangnya.

Terimakasih sekali DomaiNesia, sudah memberikan banyak kemudahan untuk saya, pertahankan dan tingkatkan pelayanannya, semoga makin berjaya.

You Might Also Like: