Tiwul Instan Berkualitas

Tiwul adalah salah satu jenis makanan pokok yang terbuat dari ubi ketela pohon yang banyak ditemui di masyarakat jawa. Tiwul biasa juga disebut sebagai nasi tiwul sebagai alternatif pengganti nasi beras. Selain dijadikan sebagai makanan pokok, tiwul juga dapat dijadikan sebagai menu camilan dengan cara menambahkan parutan kelapa dan gula, orang jawa biasa menyebutnya dengan tiwul gudang.

Sebagai orang yang terlahir di jawa, semenjak kecil saya kerap memakan nasi tiwul. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan rendah gula ini menjadi menu wajib bagi kebanyakan orang jawa. Biasanya orang-orang menambahkan sedikit beras putih untuk menghasilkan cita rasa nikmat dan warna memikat.

Bagi saya memakan nasi tiwul akan lebih nikmat jika ditambahkan dengan sambal kresek. Kresek adalah lauk-pauk yang terbuat dari ikan teri sampenit (sejenis ikan teri berukuran kecil) yang telah dikeringkan. Memakan nasi tiwul bersama sambel teri merupakan menu kegemaran saya hingga saat ini. Apalagi jika dimakan di depan pawonan (tungku memasak jaman dahulu terbuat dari tanah liat), kenikmatan memakan nasi tiwul sungguh terasa dan penuh dengan kenangan.

Bahan Nasi Tiwul dan Proses Pembuatan.

Nasi tiwul terbuat dari ubi kelapa pohon yang telah dikeringkan. Mula-mula ubi yang baru dipanen dibuang kulitnya (dikupas) dan dipotong hingga menjadi bagian-bagian kecil, hal ini untuk mempercepat proses pengeringan. Ubi yang telah dipotong kemudian dijemur supaya mengering, biasanya memakan waktu berhari-hari, bisa juga tergantung intensitas panas matahari.

Ubi ketela pohon yang telah mengering disebut dengan gaplek. Gaplek kerap sekali dihubungkan dengan nama kabupaten yang ada di Jawa Timur, yakni Kabupaten Trenggalek. Bisanya orang-orang luar kota menyebut Trenggalek sebagai kota gaplek, karena memang disana mudah sekali mencari gaplek. Rata-rata setiap petani di kabupaten tersebut memiliki pohon ketela.

Ubi ketela pohon atau gaplek yang telah mengering kemudian di tumbuk hingga lembut, pada proses ini sebenarnya lebih tepat digambarkan sebagai proses membuat tepung dari ubi ketela pohon. Untuk menghasilkan tepung gaplek yang bagus, proses penumbukan (di jawa disebut dengan deplok) harus dilakukan dengan baik supaya gaplek benar-benar lembut. Namun di jaman now, deplok tidak lagi banyak dilakukan karena sudah ada alat selip (penggiling) yang dengan mudah membuat gaplek menjadi tepung.

Penumbukan atau disebut deplok, dalam memori ingatan saya merupakan sebuah kegiatan khas yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu diwaktu pagi hari. Proses ini menciptakan bunyi khas yang dihasilkan dari alu (kayu yang dibuat untuk menumbuk) dan lumpang (lesung dengan bentuk kayu yang porosnya dilubangi). Suara yang dihasilkan menjadi “bug, bug, bug” karena di antara alu dan lumpang terdapat gaplek, seakan menjadi peredam suara sehingga tidak menimbulkan suara yang lazim didengarkan dari benturan kayu.

Gaplek yang telah dilembutkan dengan cara menumbuk, kemudian di ayak (proses memisahkan butiran lembut dan kasar dengan menggunakan alat penyaringan) supaya tepung gaplek menjadi bersih. Butiran yang masih kasar kemudian kembali ditumbuk supaya lebih lembut lagi.

Tepung gaplek kemudian diolah untuk menghasilkan tekstur butiran kecil dengan cara meletakkan tepung gaplek pada tampah (sejenis nampan terbuat dari bambu) lalu diperciki air hangat secara merata. Tampah diputar-putar dengan kedua tangan supaya tepung tercampur dengan air, proses ini disebut dengan nginteri. Untuk memastikan hasil butiran tepung seragam (bentuknya hampir sama) pada saat nginteri boleh melakukan pemerataan dengan tangan, caranya dengan meraba-raba tepung dengan pola memutar hingga butirannya merata.

Butiran dari tepung dan air yang sudah jadi disebut degan karak (bakal nasi atau sisa nasi yang dikeringkan), proses ini sudah pada tahap 80%, artinya butiran tepung sudah siap untuk dimasak.

Proses pemasakan tiwul dilakukan dengan cara dikukus, ibu-ibu sudah mengerti bagaimana cara mengukus bukan? Kalau belum tahu, silakan belajar. Pengukusan bakal nasi tiwul dilakukan selama beberapa waktu hingga butiran tepung menjadi lembut dan enak untuk dikonsumsi. Dibuktikan dengan cara menekan nasi tiwul dengan kedua jari, jika teksturnya sudah lengket namun lembut, berarti tiwul sudah matang dan siap dikonsumsi.

Kandungan dan Manfaat Nasi Tiwul

Menurut laporan laboratorium, disetiap 100 gram bahan baku singkong mengandung:
  • 63.50 gram air
  • Fospor 40 gram
  • Karbohidrat 35 gram
  • Kalsium 33 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Protein 1.20 mg
  • Zat Besi 0.70 mg
  • Lemak 0.30 mg
  • Vitamin B1 0.01 mg
  • Kalori 121
Dari kandungan tersebut, nasi tiwul berguna untuk:

1.Membantu proses diet.

Kandungan karbohidrat yang tinggi menyebabkan tiwul termasuk jenis makanan mengenyangkan. Saya sendiri merasakan efek kenyang dari nasi tiwul, sehingga makan sedikit saja sudah terasa kenyang. Hal ini bagus untuk membantu proses diet.

2.Sebagai Makanan Berenergi.

Kandungan energi yang dihasilkan dari asa butirat yang ada pada tiwul membuat pengkonsumsinya mendapatkan energi berlimpah. Hal ini sangat bagus bagi yang sedang menjalankan proses diet. Selain mengenyangkan juga dapt meambah energi

3.Membantu Penyembuhan Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh faktor kelebihan gula, orang-orang banyak menyebutnya dengan penyakit gula. Tiwul bagus bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan glukoten rendah, bahkan lebih rendah dari nasi beras.

JUAL TIWUL INSTAN BERKUALITAS

Dari penjelasan di atas mungkin sebagian orang akan mengatakan bahwa proses pembuatan tiwul sangat ribet, banyak proses yang harus dilalui. Hal ini tentu menjadi kendala bagi masyarakat yang hidup di tengah-tengah kota yang belum pernah memasak tiwul dari awal.

Namun kini ada tiwul instan dalam kemasan yang praktis dan mudah didapatkan. Nama produk hasil olahan ini bernama T-Woel instan, merupakan produk makanan organik terbuat dari tepung casava (singkong), diolah dengan cara profesional sehingga menghasilkan butiran tiwul yang lembut, bersih dan higeinis. sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, atau dimanfaatkan untuk mensuplai energi bagi orang-orang yang menjalani program diet.

T-Woel Instan bebas glukoten menyediakan 4 varian rasa yang bisa anda pilih, di antaranya: Rasa original (asli), Rasa Pandan, Rasa Gula Merah dan Rasa Cokelat. Hanya dengan harga 10 ribu rupiah anda mendapatkan 350 gram tiwul siap masak.

Informasi produk T-Woel Instan:
Merk:  T-Woel
pembuat: Nurul Food
No. PIRT: 2153503011580-21

CARA MEMASAK TIWUL INSTAN

  1. Masukan 1 sachet (350 gram) tiwul ke dalam wadah
  2. Tambahkan 220 ml air panas
  3. Aduk dan diamkan selamat -+ 5 menit. Tunggu sampai mengembang
  4. Kukus selama 15 menit
  5. Angkat dan hidangkan
  6. Catatan: Lebih nikmat jika ditambahkan santan, keju atau parutan kelapa.
Jika anda berminat membeli, silakan menghubungi No Whatsapp 081231756711 atau 08113530100. Anda boleh mengajukan pertanyaan terkait Tiwul Instan Berkualitas yang kami jual.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: