Fungsi Rumus COUNTIF di Microsoft Excel 2013

Rumus COUNTIF di Microsoft Excel 2013 adalah formula yang berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang terdapat dalam suatu range sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Rumus COUNTIF juga merupakan rumus gabungan antara COUNT dan IF. Kedua rumus ini sebelumnya sudah tulis, silahkan baca melalui link dibawah ini:
Cara Memakai Rumus COUNT dan COUNTA di Microsost Excel 2013
Cara Memakai Rumus IF di Microsoft Excel 2013
PENULISAN RUMUS COUNTIF

=COUNTIF(RANGE;CRITERIA)

Untuk memahami rumus ini perhatikan contoh gambar tabel dibawah ini

CONTOH:
Dari table data pelamar kerja dibawah ini, tentukan berapa jumlah total pelamar kerja, pelamar yang melampirkan daftar nilai, pelamar berpendidikan S3, pelamar berpendidikan S1, pelamar yang mengikuti tes tahap II, pelamar yang ditolak


Untuk mengerjakan soal diatas dengan cepat dan mudah kita bisa memakai rumus COUNTIF, hasil dari soal diatas bisa kamu lihat pada tabel dibawah ini



Tabel jawaban diatas saya kolaborasikan dengan menggunakan rumus COUNT, COUNTA, dan COUNTIF. cukup mudah bukan.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Rumus COUNTIF di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang belum dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar dibawah.
Disclaimer: Artikel dalam blog mastrigus.com ini sepenuhnya hasil karya pribadi yang ditulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi artikel tanpa izin ke pemilik. Jika butuh, silakan hubungi saya di 081231756711 (WA ONLY).

BACA ARTIKEL LAINNYA: