Skip to main content

follow us

Rumus SUMIF adalah formula excel yang berfungsi untuk menjumlahkan data numerik (angka) pada suatu range dengan kriteria yang telah ditetapkan, Sumif termasuk kedalam golongan formula Math & Trig.

SUMIF lebih dikenal sebagai rumus gabungan antara rumus SUM (penjumlahan) dan IF (jika) keduanya juga termasuk kedalam formula Math & Trig, jika dipahami SUMIF berbicara tentang "jumlahkan jika", jumlah total yang dihasilkan bersyarat.
Cara Menggunakan Rumus SUM di Microsoft Excel 2013Cara Menggunakan Rumus IF di Microsoft Excel 2013

FUNGSI RUMUS SUMIF MICROSOFT EXCEL 2013

Secara umum penulisan rumus SUMIF seperti ini =SUMIF(RANGE;CRITERIA;SUM_RANGE), untuk memudahkan dalam memahami rumus ini perhatikan contoh kasus pada tabel dibawah ini:

CONTOH:
Dari table dibawah ini, berapa jumlah total nilai penjualan dari wilayah Bandung?



Mari kita kerjakan table diatas dengan menggunakan rumus SUMIF, dari table di atas kita disuruh untuk mencari tau berapa nilai total penjualan dari wilayah Bandung, tabel dibawah ini akan menjelaskan secara detail



Dari tabel diatas saya rasa sudah dapat dipahami dengan mudah, dari pertanyaannya sudah dapat terjawab bahwa nilai total penjualan dari wilayah bandung adalah 340.000.000, sebenarnya untuk Criteria bisa di buat otomatis dari nama-nama keseluruhan wilayah, cara ini menggunakan fungsi Data Validation, sehingga kita tidak perlu menulisnya secara manual. nah untuk artikel selanjutnya saya akan bahas hal itu.

Sekian artikel tentang Cara Menggunakan Rumus SUM di Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang belum dimengerti silahkan bertanya dikolom komentar dibawah.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar