Rumus Dasar pada Microsoft Excel 2013

Fungsi rumus (formula) dasar adalah untuk melakukan penghitungan terhadap data yang ada di Microsoft Office Excel 2013. Setiap penggunaan formula dasar, kita harus mengawalinya dengan tanda sama dengan (=). Tanda sama dengan (=) dimaksudkan untuk mengawali sebuah fungsi di Microsoft Office Excel 2013. Yang perlu diperhatikan adalah alamat dari data tersebut, jika salah mengetikkan alamatnya, maka data tersebut akan bernilai salah (#VALUE). Fungsi-fungsi dasar tersebut antara lain.

Aritmatika Dasar : Fungsi penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), dan pembagian (/).

ALT

SUM: Berfungsi untuk menjumlahkan data.

ALT
Terdapat sebuah data Barang yang terdiri dari Spidol, Penghapus, Penggaris, Pensil, dan Buku Tulis.Masing-masing barang tersebut memiliki jumlah yang tidak sama dengan barang yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari berapa jumlah barang secara keseluruhan, kita dapat menggunakan rumus SUM. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C6 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui keseluruhan jumlahnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan rumus SUM, silahkan mengunjungi link ini


MIN: Berfungsi untuk mencari nilai terendah dari kumpulan data.

ALT
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai terendah dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MIN. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai terendahnya.

MAX: Berfungsi untuk mencari nilai tertinggi dari kumpulan data.

ALT
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai tertinggi dari semua nilai adalah menggunakan fungsi MAX. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir

sehingga dapat diketahui berapakah nilai tertingginya.


AVERAGE: Berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari kumpulan data.

ALT
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari nilai rata-rata dari semua nilai adalah menggunakan fungsi AVERAGE. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 s ebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah nilai rata -ratanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan rumus AVERAGE, silahkan mengunjungi link ini

COUNT: Berfungsi untuk menghitung banyaknya data.

ALT
Terdapat sebuah data Nilai dari beberapa Mahasiswa dengan nilai yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari gambar diatas, untuk mencari jumlah mahasiswa jika kita menghitung dari jumlah nilainya adalah menggunakan fungsi COUNT. Dengan mengetikkan alamat C2 sebagai data pertama, hingga C9 sebagai data terakhir sehingga dapat diketahui berapakah jumlah mahasiswanya.

Untuk mengetahui lebih lanjut penggunaan rumus COUNT, silahkan mengunjungi link ini

CONCATENATE : Berfungsi untuk menggabungkan data antar kolom.

ALT
Untuk menggabungkan data pada kolom Subjek dan Domain, maka diperlukan fungsi

Demikian tulisan Mas Trigus tentang Rumus Dasar pada Microsoft Excel 2013, semoga bermanfaat bagi kita semua, apabila ada yang belum jelas, kamu bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan