Skip to main content

follow us



SUMINTEN. Hebat dan Bangga, begitulah kiranya saya mengungkapkan perasaanku kepada salah satu PNS di Kabupaten Trenggalek yang juga asli berasal dari Trenggalek ini. Bagaimana tidak jika sebagian PNS sibuk dengan urusan administrasi dan pekerjaannya sendiri, justru orang yang akrab dipanggil Mas Eko ini rela membuat direktori online yang berisi informasi lengkap tempat-tempat wisata yang ada di Trenggalek.

Nama lengkapnya Eko Priyanto beliau adalah PNS berpangkat II/c yang sekarang menjabat sebagai staf DISPENDA (Dinas Pendapatan Daerah Trenggalek) di Bidang Pendataan dan Pendaftaran. Meskipun hanya lulusan SMA (drop out dari Sistem Perkapalan ITS) namun Mas Eko ini cukup mahir dalam urusan per-IT-an, gak percaya? coba saja lihat portal web pribadinya di http://gecko.web.id/, disana akan banyak ditemui berbagai tutorial yang sangat berkaitan dengan bidang IT.

Menjabat sebagai staff di Dispenda ternyata tidak membuat dia kehabisan waktu karena tuntutan pekerjaan, berbekal dari kemahirannya dalam membuat web, sang PNS ini kemudian mempunyai gagasan untuk membuat sebuah portal web yang berisi direktori wisata kabupaten Trenggalek. Dan kini Web itu telah berhasil dibuat dan bisa diakses melalui alamat URL http://www.trenggalek.org.

Direktori wisata online ini menurut pantauan mastrigus.com merupakan satu-satunya yang ada di Trenggalek dan pertama kali ada di negeri Minak Sopal. Kategori tulisan juga berisi kategori wisata yang cukup lengkap, karena yang dibahas bukan hanya masalah wisata yang terbentuk dari alam saja, akan tetapi juga wisata-wisata hasil buatan manusia. Adapun kategori wisata yang ada adalah, Wisata Pantai, Goa, Budaya, Air Terjun, Wisata Kuliner, Ecowisata, Wisata Religi dan lain-lain. Bukan hanya itu wisata-wisata tersebut dikumpulkan dalam label sesuai dengan dimana destinasi wisata tersebut berada, so 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Trenggalek pun masuk dalam pembahasan web hasil buatan mas Eko. Heeem, keyeeeen yah!

Dari sisi Kategori bakal tulisan saya rasa cukup menarik dan lengkap, namun bagaimana dengan kualitas webnya, apakah sudah bisa dikatakan layak? hehe, mastrigus.com bukanlah seorang blogger yang paham dengan hal ihwal kualitas suatu blog, namun dari sedikit pengalaman selama ngeblog ada beberapa point penting yang patut untuk diapresiasi. Contohnya adalah Web ini dilengkapi dengan Penambahan quotes yang mirip situs mapan atas (ada quot dari Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek serta Disbudpar Jatim loh). Fasilitas Daftar + Login user bagi warga Trenggalek yang ingin menjadi kontributor mengenalkan destinasi wisata yang ada disekitarnya.

Untuk kecepatan Blog juga sudah optimal, Google Page Speed Insights menyatakan jika 88/100 dari sisi tampilan dekstop dan  untuk versi seluler 71/100, jadi sudah bisa dikatakan layak. oh ya web ini sudah responsif loh, artinya kamu bisa menikmati isi web melalui handphone. Lalu bagaimana dengan isi kontennya, Nah untuk konten postingan kayaknya masih perlu untuk dikembangkan lagi. Ada beberapa kelemahan dalam sisi SEO On-Page nya. Menurut saya sendiri untuk Gambar konten masih perlu untuk di optimasi, ukuran pixel gambar belum konsisten antara satu dengan yang lain. Dari sisi deskripsi tulisan juga harus lebih banyak dibenahi, Mungkin Mas Eko perlu menerapkan standar tulisan baku bagi web ini supaya jika ada kontributor yang ingin menulis bisa diseragamkan.

Haduh, saya kok jadi sok keminter begini yah, usia pengalaman ngeblog saja masih seumuran jagung tapi sudah berani mengkritisi seorang mastah web punya Trenggalek. Namun sebagai wujud dari orang-orang yang mempunyai misi sama dalam urusan ngeblog semoga Mas Eko memaklumi apa yang saya tulis disini.

Kawan se-trenggalek dan setanah air, adalah kewajiban kita untuk saling mendukung demi kemajuan trenggalek bersama, melakukan yang terbaik dengan cara masing-masing demi kemajuan tanah minak sopal ini. Mas Eko, terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membuat direktori wisata online ini, semoga apa yang telah panjenengan buat dapat berkembang sesuai dengan apa yang telah engkau cita-citakan

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar