Cara Mengoptimalkan Kamera Xiaomi Seperti Kamera DSLR

mastrigus.com Mengoptimalkan Kamera Xiomi Seperti Kamera DSLR memangnya bisa Gan? ya jelas bisa dong, kan kamera xiomi redmi sudah sangat mumpuni dijadikan sebagai alat alternatif jepret photo demi menunjang kebutuhan blog atau kebutuhan ber-selfie ria. Saya sendiri setiap hari menggunakan kamera yang tertanam di xiomi redmi 2, untuk mengambil moment-moment terbaik yang saya temui.

Spesifikasi kamera xiomi redmi 2 adalah sebagai berikut: Lensa belakang 8 MP, f/2.2, 28mm, dilengkapi dengan autofocus, sudah ada LED flash, check quality Features 1.4 µm pixel size, geo-tagging, touch focus (sentuhan fokus manual), face/smile detection (Pendeteksi wajah/senyum), HDR Video 1080p @30fps, check quality Secondary 2 MP, 720p. Jadi dengan speck bawaan seperti ini sudah bisa untuk kebutuhan shot obyek jarak dekat yang hasilnya hampir menyamai kualitas kamera dslr.

mastrigus.com ngaco deh, masak kamera xiomi seukuran begitu sudah bisa digunakan untuk jepret serasa kamera dslr! Nah kalau kamu tidak percaya coba perhatikan foto-foto dibawah ini, foto ini asli hasil jepretan xiomi redmi 2 kepunyaan ku lo.


BACA JUGA: Cara Mengubah Kamera Redmi 4X Menjadi DSLR

Menurut saya, kelebihan yang paling mencolok dari kamera dslr adalah mudah dipakai utnuk menerapkan teknik “Bokeh”. Teknik bokeh adalah teknik photograph dimana fokus kamera hanya pada satu titik obyek yang diinginkan sehingga obyek yang tidak menjadi fokus menjadi blur. Hasil dari teknik ini sangat mudah dikenali loh. Contohnya jika kamu pernah melihat foto dengan obyek manusia, foto menampakkan bahwa manusia sebagai obyek lebih banyak memiliki detail jelas sedangkan background nya terlihat blur atau tidak jelas. Nah dalam dunia Photograpy itu dinamakan teknik bokeh.Cara Mengoptimalkan Kamera Xiaomi Seperti Kamera DSLR

Ternyata eh ternyata kamera xiomi sudah bisa dipakai untuk menerapkan teknik bokeh ini. Meskipun tidak sebaik kamera dslr asli akan tetapi sudah hampir mendekati, itung-itung sebagai obat ngiler saja ya. hasil sederhana dari teknik ini saya terapkan langsung dengan kamera xiomi redmi 2. Coba lihat gambar dibawah ini

Cara Mengoptimalkan Kamera Xiaomi Seperti Kamera DSLR
Untuk mengoptimalkan kamera di handphone merk xiomi redmi seperti layaknya kamera dxlr, ada beberapa pengaturan yang harus dilewati. Nah melalui blog ini saya akan berbagai bagaimana cara setting aplikasi kamera xiomi redmi. simak yah:

  1. Buka aplikasi kamera di xiomi redmi 2 (saya menggunakan jenis type ini, untuk type yang lain bisa menyesuaikan).
  2. Setelah terbuka, geser pada layar ke arah kanan, kemudian cari icon gear. Silahkan ditekan untuk menuju ke menu pengaturan.
  3. Pada menu pengaturan klik Bingkai kamera dan pilihlah ukuran layar penuh 16:9
  4. Pada Kualitas Gambar pilih “Tinggi”. Untuk pengaturan lain tidak perlu diubah, biarkan tetap pada pengaturan default.
  5. Sekarang geser layar kearah kiri untuk kembali ke mode ambil gambar, perhatikan dengan seksama. Apabila kamu mengaktifkan flash maka DSLR tidak aktif. Supaya kamu bisa mengambil gambar dslr, silahkan hidupkan atau tekan tombol HDR mati, jika tombol HDR Hidup berarti kamera xiomi sudah dalam mode HDR. Ingat, mode HDR tidak memakai flash.
  6. Nah yang terakhir, silahkan mengambil obyek gambar untuk melakukan tes apakah kamera sudah terasa seperti DSLR atau belum, ada teknik yang harus kamu perhatikan:
  • Perhatikan itensitas cahaya, kamera xiomi sangat bagus digunakan pada cahaya yang cerah. Pastikan bahwa ketika mengambil obyek gambar jangan sampai menghadap pada pancaran cahaya. Hasil photo akan terlihat bagus ketika membelakangi pacaran cahaya.
  • Pilihlah obyek yang terang dengan background agak jauh. Ini membantu kita supaya lebih mudah menerapkan teknik bokeh.
  • Sebelum menekan tombol “ambil gambar” tekan layar handphone pada posisi dimana kamera ingin fokus (perhatian, terkadang kamera tidak mengenali obyek yang bukan manusia) jadi pastikan tingkat akurasi fokus sudah benar-benar pada tempatnya.
  • Ambil gambar dan lihat hasilnya.

ARTIKEL TERKAIT:
Fitur Camera360 di Xiaomi Redmi 2 MIUI 8
Cara Membuat Video Time Lapse dengan Kamera Xiaomi MIUI 8

Nah itu tadi adalah ulasan mastrigus.com tentang bagaimana Cara Mengoptimalkan Kamera Xiomi Seperti Kamera DSLR dengan menerapkan teknik bokeh. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi yang notabene masih sangat newby (bahasa alusnya masih goblok). so jika kamu yang membaca ini kebetulan adalah ahli Photograper, maafkan atas kelancangan saya ini. Saya hanya menulis sesuai apa yang saya tahu, jika salah mohon dibenarkan. Terimakasih sudah membaca artikel berjudul Cara Mengoptimalkan Kamera Xiomi Seperti Kamera DSLR.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

5 Comments

  1. Maaf sebelumnya saya baru beli xiaomi redmi2 prime tapi hasil kamera belakang tidak bisa fokus pada ojek dekat..dan fungsi auto focus seolah tidak bekerja..mohon bantuan nya.. Terimakasih

Tinggalkan Balasan