Skip to main content

follow us

HTTPS di blogspot.com custom domain atau TLD sekarang sudah ada lo geis. Protokol yang dipercaya saat ini paling aman dalam komunikasi antara client dan server bisa didapatkan di blogspot custom domain secara gratis.

Memang sih, HTTPS untuk blogspot yang bukan custom domain sudah ada sejak awal 2017 lalu, dan kini tampaknya pihak blogger telah memberi kejutan baru bagi para blogger dengan memberikan protokol HTTPS yang bisa didapatkan secara gratis.

Nah bagaimana cara settingnya? Sebenarnya cukup mudah, Geis. Kita hanya tinggal melakukan sedikit upaya di dashboard blogger dan jadilah HTTPS seperti yang kita kehendaki.

Seting HTTPS di Blogspot Custom Domain (TLD)

Seting yang saya tulis ini memakai bahasa Indonesia, Geis. Jadi skalau kamu saat ini memakai setelah bahasa inggris, kalau bingung silakan ubah menjadi Bahasa Indonesia. Oke, ikuti caranya:

1. Buka dashboard blogger melalui url ini draft.blogger.com, pilih SETELAN.



2. Setelah memilih SETELAN, silakan pilih DASAR, nah kamu akan disuguhi tampilan dashboard yang ada setting HTTPS, silakan scrol ke bawah untuk melihatnya. Lihat gambar di bawah ini, pada nomor 3, jika masih bertuliskan TIDAK ubahlah menjadi YA.



3. Oke sampai di sini, kamu harus menunggu beberapa menit (1 menit), kemudian refresh halamannya (dengan tekan F5 atau klik kanan refresh). Setelah itu masuk di nomor 4 (gambar di atas) dan ganti menjadi YA.

Dan sekarang blog kamu sudah mempunyai protokol HTTPS yang menggantikan HTTP. Dan ingat, Geis.

Blog akan masuk ke mode propagrasi selama beberapa menit. Efek dari ini adalah blog tidak bisa diakses selama beberapa menit. Tapi jangan kawatir, ini hanya sebentar saja, Geis.

Tips Setelah Pindah dari HTTP ke HTTPS

Perpindahan dari HTTP ke HTTPS untuk blog baru, sebenarnya tidak terlalu banyak masalah, karena pengaturan pada blog masih belum banyak. Sedangkan untuk blog lama, karena sudah banyak melakukan perubahan, maka saya asumsikan seperti itu.

Jadi setelah melakukan perpindahan tersebut ada baiknya (bisa menjadi wajib) kamu mengubah seluruh URL yang masih menggunakan url HTTP. Cara mudahnya seperti ini:

1. Masuk di dashboar blog lalu pilih menu TEMA dan EDIT HTML. Seperti gambar di bawah ini:



2. Setelah masuk ke tampilan edit html silakan tekan di keyboard CTRL + SHIFT + R, fungsi ini untuk melakukan REPLACE kode secara cepat. Nah setelah itu akan muncul kolom replace all di pojok kanan atas. Silakan isi kolom tersebut dengan url yang masih ada http, misalkan (kalau saya) http://www.mastrigus.com, kemudian tekan enter.

Masukkan kembali url yang ada https-nya, misalnya https://www.mastrigus.com dan tekan enter kembali. Nah sampai di sini kamu sudah berhasil mereplace url http menjadi https. Lihat gambar di bawah ini.


Kamu sudah punya jenis protokol HTTPS, namun jangan santai dahulu, Geis. Karena bisa jadi blog kamu belum sepenuhnya menjadi https, misalnya jika "link url kamu yang HTTPS terdapat tanda pentung dalam segitiga merah, atau tanda i di dalam lingkaran, dan tulisannya masih abu-abu. perhatikan gambar di bawah ini:


HTTPS yang sudah berhasil dan tidak eror akan tampak memiliki icon gembok berwarna biru, dan bertuliskan aman. Namun jika icon yang tampil belum seperti di atas, bisa jadi masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

Saya memakai blog AMP  yang sedari awal selalu menggunakan link URL HTTPS, untuk url gambar, url JS (java script) atau url video, jadi untuk tidak perlu melakukan banyak perubahan. AMP sedari awal memang sudah begitu dan harus begitu, memakai URL HTTPS.

Berbeda dengan blog yang memakai HTML5, terkadang masih menemukan banyak kendala ketika menerapkan HTTPS. Kendala atau masalah ini biasa disebut dengan Mixed Content.

Mixed Content (konten campuran) terjadi bila HTML pertama dimuat melalui koneksi HTTPS, namun sumber daya lainnya (seperti gambar, video, stylesheet, skrip) masih memakai koneksi HTTP. Ini disebut Mixed Content karena konten HTTP bercampur dengan konten HTTPS. Jika ini terjadi maka akan menampilkan icon seperti gambar di atas (nomor 2 dan 3).

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya cukup mudah. Silakan melakukan perombakan terhadap konten yang masih memakai HTTP dan menggantinya menjadi HTTPS. Supaya blog kita mendaparkan icon gembok berwarna hijau dan dinyatakan sudah aman. Selamat mencoba HTTPS di Blog TLD.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar