Skip to main content

follow us

Pertama kali mendengar lagu berjudul Juragan Empang tuh, saat saya lagi main aplikasi karaoke Smule dan stalking akun Smule Mbak Wika Salim. Pas pertama mendengar lagunya, ternyata emang asyik banget, apalagi pas awal-awalnya, rancak banget dah, jadinya saya suka, Geis.

Lagu Juragan Empang lebih familiar dikenal berasal dari Indramayu, hadir ke publik dengan konsep musik tarling (gitar dan suling) yang saat ini lebih dikenal dengan dangdut, alias lagi dangdut koplo. Fun Saudara New Palapa (SNP) harus tau dengan hal ini, Geis.

Ada yang tahu siapa pencipta lagu ini? Oke saya beri tahu, lagu ini diciptakan oleh seseorang yang bernama Trondol Melody alias Nono Trondol, saat saya mencari informasi tentangnya, salah satu media online mengabarkan bahwa dia sudah meninggal. Semoga diampuni segala kesalahan dan dosa-dosanya saat di dunia. Mas Trondol, lagu ciptaanmu sekarang nge-hits banget.

Nah, tadi lagi iseng buka-buka youtube dan mencari lagu yang dibawakan oleh Mbak Nella Kharisma, eh ternyata udah nongol lagu Juragan Empang yang langsung dibawakan olehnya. Alhamdulillah, seneng jadinya, Geis.

Soal suara, keduanya tidak bisa dibandingkan, sama-sama bagus dan enak didengar. Cuman saat saya mengetahui lagu ini, mbak Wika menyanyi dengan akun Smule. Tahu sendiri kan kalau Smule itu menyanyinya melalui headphone dan tidak bisa berbuat banyak soal olah suara. Jadi meskipun pakai alat seadanya, suara mbak Wika masih tetap oke punya. Coba simak di bawah ini:



Sudah tahu liriknya gimana? Seperti ini, Geis:

Urip sun lagi ketiban lintang
Gemerlap cahya sinare terang
Dasar nasib sun lagi kaberan
Di demeni ning juragan empang

Rasa seneng sun ora kejagan
Due demenan macem sampean
Uwonge boral bli perhitungan
Ngupai sewakan bandeng se empang

Duh kakang kula demen sampean
Demene kula sampe bleg-blegan
Yen ora teka sanja sedina
Kekatonen bae kaya ning mata

Yen bener kakang arep temenan
Nglamar kula nggo pendamping sampean
Ngomonga karo mimi lan mama
Lamaran sampean pasti ditrima

Duh kakang kula demen sampean
Demene kula sampe bleg-blegan
Yen ora teka sanja sedina
Kekatonen bae kaya ning mata

Artinya silakan cari sendiri ya, Geis, soalnya saya juga tidak mengerti beberapa kata. Misalnya, apa arti dari "boral" atau "kaberan" orang Indramayu pasti tahu artinya.

Oh ya, saat membawakan lagu ini, mbak Nella sedang manggung bersama Orkes Melayu Duta Nirwana. Berbusana model terusan berwarna hitam kombinasi bunga-bunga berwarna merah, sejurus mata memandang, pakaian yang ia kenakan mirip kostumnya akatsuki, eh.

Rambutnya dibiarkan terurai, meski agak sedikit awat-awutan, namun terlihat pantes, jadi sangat tepat jika mbak Nella dikatakan ayu dan baik dalam gerak gerik. Pasti Mas Malik bahagia bersamanya dan semoga selalu bahagia.

Oke Geis, ini dia videonya. Mari kita jingkrak-jingkrak bersama.


Asyik banget kan?

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar