Skip to main content

follow us

Apakah kamu sudah menggunakan Windows 10? Atau saat ini kamu masih setia dengan Windows XP atau Windows 7? Lantas jika kamu sudah mengunakan Windows 10, apa yang kamu rasakan? Apa Windows 10 lebih bagus ketimbang kakak-kakaknya terdahulu? Atau Windows 10 terasa lebih berat ketika dijalankan di laptop yang lawas?.

Lah, ini menulis artikel kok bertanya terus, la terus informasinya mana? Tenang, Geis. Anggap ini sebagai pemanasan untuk memulai tulisan ini.

Jadi begini, saya sudah menggunakan Windows 10, Geis. Dan tentu Windows yang saya gunakan original alias asli alias bukan bajakan. Dan inilah versi Windows terakhir yang masih saya gunakan, soalnya versi terbarunya belum ada. 

Windows 10 ini saya install di laptop Acer lawas, prosesornya core i3 dan RAMnya sudah saya upgrade hingga 4 gb. Menyoal bagaimana performance Windows 10 di laptop jadul ini, ya saya hanya bisa bilang "lumayan". Puas? Tentu saja belum terlalu puas. Tapi sudah nyaman.

Untuk aplikasi yang saya install, seperti yang digunakan orang pada umumnya, seperti Microsoft Office (original), Google Chrome, Inkscape, Gimp. Oh ya Inkscape dan Gimp sebenarnya tidak terlalu umum dipakai orang. 

Menurut pengalaman, pemakaian awal setelah diinstalasi, windows terasa ringan digunakan. Ini sebenarnya jamak terjadi pada komputer yang baru saja di install. Namun kondisi serupa tidak lagi dirasakan ketika penggunaan windows sudah lama. Apalagi tidak pernah membersihkan file-file sampah yang tertimbun di ruang hardisk. Maka membersihkan sampah komputer sesungguhnya sangat penting untuk dilakukan. Kalau perlu malah setiap hari.

Di sisi lain, jika kita menggunakan komputer dengan speak rendah dan memaksakan untuk memakai Windows 10, malah bisa meminimalisir performance kinerja windows sendiri, karena Windows 10 tergolong windows yang berat jika diinstall di komputer lawas.

Nah bagaimana cara meningkatkan kecepatan Windows 10? ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Di antaranya:



Meningkatkan Kecepatan Windows 10

1. Menonaktifkan Efek Windows

Efek Windows seperti saat kita melakukan minimizing atau maximizing memang bagus dilihat. Windows tidak terkesan monoton. Akan tetapi mengaktifkan efek yang ada di windows sebenarnya mengurangi performance dari windows itu sendiri. So jika kamu menganggap tidak penting, mending dimatikan saja.

Caranya:
  • Tekan tombol Windows atau klik icon windows di pojok kiri bawah, kemudian  ketik sysdm.cpl. kemudian tekan enter.
  • Kita masuk di menu System Property - pilih Advanced - pada menu Performance pilih Setting.
  • Di Kolom visual Efek tersebut, silakan hilangkan centang pada pilihan ini:
    • Animate controls and elements inside windows
    • Animate windows when minimizing and maximizing
    • Animations in the taskbar
    • Fade or slide menus into view
    • Fade or slide ToolTips into view
    • Fade out menu items after clicking
    • Show shadows under windows
  • Setelah itu pilih OK.

2. Membersihkan Sampah Windows

Saya sudah menulisnya di postingan sebelumnya, silakan ikuti tautan ini untuk membaca: Cara Menghapus Sampah di Komputer Tanpa Aplikasi Pihak Ke-3. Cara ini dijamin topcer dan tidak membebani komputer kamu dengan aplikasi pihak ketiga.

3. Mematikan Fitur Transparan Pada Windows

Saya tidak merekomendasikan pada pembaca melakukan hal ini, khusus bagi yang spek komputernya mumpuni. Karena fitur transparan sesungguhnya membuat tampilan windows menjadi semakin kece. 

Tapi, Geis. Bagi kalian yang memiliki komputer jadul dan tetap ingin menggunakan Windows 10, mematikan fitur transparan ini sangat direkomendasikan.

Karena diakui atau tidak diakui, fakta mengatakan bahwa efek transparan ini turut menyumbang terjadi prahara betapa lambatnya komputer kamu. So, matikan saja ya.

Caranya? Ikuti petunjuk ini yes: buka PC Setting > Personalization > Colors. Lalu geser ke kiri opsi “Make Start, taskbar, and action center transparent”. Nah transparannya langsung hilang deh.

Ok deh, Geis. ketiga cara tersebut jika kamu terapkan sudah membuat komputer yang ada windows 10 nya, menjadi lebih cepat. Saya sudah membuktikannya sendiri.

Jadi jika saat ini kamu sedang mengalami komputer lambat, tidak perlu mewek. Cukup atasi dengan ketiga cara tersebut. Itu terbukti bisa Meningkatkan Kecepatan Windows 10.

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar