Skip to main content

follow us

CPNS 2018. Geis, kamu ingin jadi PNS? Bagaimana dengan pendaftaran CPNS 2017 kemarin, kamu ikut apa tidak? Apa kamu termasuk salah satu yang gagal? Atau justru termasuk salah satu peserta yang lulus jadi PNS tapi ingin daftar lagi, supaya jabatan PNS double? Hahaha, mana ada yang seperti itu.

Jadi begini ceritanya, Geis. Ada surat pemberitahuan bernomor B/750/M.SM.01.00/2017 yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang berisi tentang Penyampaian Kebutuhan PNS Tahun 2018. Surat tersebut mengindikasikan bahwa PANRB akan melakukan rekrutmen CPNS di tahun 2018 ini. So bagi kamu yang ngebet banget ingin jadi PNS, segera siap-siap yah.

Surat Nomor B/750/M.SM.01.00/2017 tersebut bisa langsung kamu Download Di Sini, Geis. Link tersebut mengarah langsung kepada situs resmi https://www.menpan.go.id. Saya tulis begini supaya kamu percaya saja dengan informasi yang saya tulis. Soalnya, saat beberapa waktu lalu menulis tentang Informasi CPNS tahun 2017, saya dikata-katain bohong. Padahal infonya langsung saya ambil dari situs resmi PANRB. Apa nggak nyesek dikatain seperti itu.

Saya kutip dari situs Tirto.id, bahwa Pak Asman (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) mengatakan begini "Tahun depan kita buka, tahun 2018, untuk daerah, per kabupaten dan provinsi," kata Pak Asman saat ditemui Tirto.id seusai acara Sosialisasi dan Konsultasi Pembentukan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Sulawesi Selatan dan Implementasi LAPOR! SP4N di Sulawesi Selatan, di Makassar, Jumat (10/11/2017).

Masih dikutip dari Tirto.id, Penerimaan CPNS, Asman melanjutkan, akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah.

Jadi Geis, penerimaan CPNS 2018 ini menyesuaikan kebutuhan Kabupaten dan Provinsi, semoga saja di tempat tinggalmu, pemerintah daerah membutuhkan banyak tenaga tambahan PNS, sehingga peluang kamu untuk bisa lulus di Tes CPNS 2018 kelak lebih besar.

PRIORITAS TENAGA CPNS 2018

Berdasarkan pengumuman yang dibuat di laman https://www.menpan.go.id dan yang tertuang dalam surat pemberitahuan Nomor B/750/M.SM.01.00/2017, menyebutkan mengenai tenaga-tenaga prioritas untuk kabupaten/daerah. Prioritas tersebut berdasarkan informasi ini:

“Perlu kami (MENPAN) sampaikan bahwa usulan kebutuhan PNS diprioritaskan untuk jabatan fungsional (tertentu) dan jabatan teknis lain yang mendukung tugas inti (core business) instansi. Khusus untuk pemerintah daerah diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, serta jabatan-jabatan yang mendukung pembangunan infrastruktur.

Jadi ada 3 jenis bidang tenaga yang diprioritaskan dalam pengangkatan CPNS 2018 ini, Geis, yaitu:

1. Tenaga Pendidikan CPNS 2018 

Untuk pengangkatan PNS Tenaga Pendidikan akan lebih banyak membutuhkan sarjana bertitel, S.Pd., S.Pd.I., M.Pd., M.Pd.I., MM. 

Untuk jenis pendidikan apa yang dibutuhkan, tidak disebutkan dengan jelas. Yang jelas bisa saja meliputi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah dan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik.

2. Tenaga Kesehatan CPNS 2018

3. Tenaga Pembangunan Infrastruktur CPNS 2018

Nah, untuk kamu yang merasa lulus kuliah dari 3 bidang di atas, saat ini boleh sedikit bergembira. Karena menjadi prioritas utama dalam pengangkatan CPNS 2018 ini. So, supaya kamu benar-benar siap saat menghadapi berbagai Tes CPNS 2018 nanti, belajar yang rajin ya. Siapkan semuanya mulai saat ini. Dan selamat mencoba.

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar