Skip to main content

follow us

Blogger Sukses 2018, Happy New Year, semoga di awal tahun ini, kita bisa melakukan upaya-upaya positif yang lebih baik dari tahun 2017. Dan semoga di tahun 2017 lalu, dapat dijadikan pelajaran dari kejadian-kejadian yang kita lalui, karena guru terbaik dalam hidup ini adalah pengalaman. Maka bagi kita yang seringkali lebih banyak belajar dari pengalaman, bisa lebih bijak dalam menghadapi tahun 2018.

Geis, masih semangat ngeblognya? kamu sudah punya rencana matang yang bisa diterapkan di tahun 2018 apa belum? Bagaimana dengan menulis artikel secara konsisten di tahun 2017? Berhasilkah? atau malah berhenti? Semoga saja di tahun yang telah lewat tersebut, kita bisa memenuhi rencana-rencana yang telah ranjang. Dan apabila itu tidak terpenuhi, maka percayalah jika kita, sebagai manusia hanya bisa merencanakan apa yang kita inginkan, dan hanya pada kuasa Tuhan semata segala penentuan akan rencana yang telah kita buat. Orang bijak mengatakan  "Man Proposes, God Disposes" yang berarti Manusia merencanakan, Tuhan yang menentukan.

Dan marilah, sebagai orang yang telah meniatkan diri menjadi seorang penulis blogger, kita kembali mengevaluasi dan merenungkan upaya yang telah kita lakukan waktu lalu. Dan kini, saya Mastrigus.com akan sedikit mengevaluasi upaya-upaya kita dalam ngeblog.

Blogger Sukses 2018

Blogger sukses, bukan sesuatu yang mustahil, Geis. seudah membaca tulisan saya yang ini:
Ini adalah bukti bahwa ngeblog juga bisa menjadikan orang sukses, jadi bukan hanya omdo alias omong doang. Ngeblog meskipun seperti pekerjaan yang tidak jelas, jika pelakunya konsisten dan terus berupaya untuk mengembangkan blognya, insyaAlloh juga bisa sukses. Sukses dalam arti mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar ketika menjadi karyawan.

Misalnya dari cerita Mas Timon yang saya tulis kemarin, ternyata bisa menginspirasi sebagian orang untuk menjadi blogger, Ini adalah permulaan yang harus diperhatikan supaya bisa benar-benar betah menjadi seorang blogger.

Nah, apa saja Geis yang harus diperhatikan supaya bisa menjadi blogger sukses? Berdasarkan pengalaman saya ditahun 2017 ini, saya akan membagikannya kepada sobat-sobat blogger semua.


1. NIAT KUAT MENJADI BLOGGER

Niat adalah tekad yang dikunci dalam hati untuk dijalani dengan sepenuh hati, Niat menjadi blogger adalah niatan untuk serius menjadi blogger purna waktu yang bisa menepis rasa malas untuk tidak menulis. 

Saya sering bertemu dengan teman-teman yang sangat tertarik untuk bisa menjadi blogger seperti saya, dan lebih sering saya mengatakan kepada mereka supaya memperbaiki niat terlebih dahulu sebelum beranjak mengakses www.blogger.com. Karena apa, kebanyakan seorang blogger yang berangkat dari niat salah, lebih banyak dihentikan oleh rasa malas dan tak sabar menunggu penghasilan.

Jadi begini, Geis. Blogger diciptakan untuk menampung unek-unek penggunanya, supaya memiliki media daring atau diari online yang bisa dibagikan kepada orang lain. Jadi nafas utama blog adalah konten atau artikel atau bisa disebut juga dengan konten. 

So, sebaiknya kita berniat membuat blog untuk membagikan pengalaman atau pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagian besar pengguna search engine google adalah untuk mencari jawaban atas apa yang tidak mereka ketahui.

Blog diciptakan sebenarnya bukan untuk mencari uang, melainkan sebagai media berbagi informasi.
Oleh karena itu, perbaiki niat tersebut supaya jelas apa tujuan dari membuat blog.

2. JANGAN NIAT MENCARI UANG DARI BLOG

Dalam beberapa hal, kita diharuskan untuk membuktikan apa yang lebih dari diri kita, bisa disebut dengan kemampuan yang kita miliki. Mario Teguh sering kali mengatakan bahwa, untuk bisa mencapai sukses, kita harus menjadi "PANTAS". 

Filsafat jawa mengatakan "goleko jeneng aja jenang" carilah nama bukan jenang, dalam arti yang lebih mudah dipahami adalah, carilah kepantasan dahulu baru memikirkan uang. 

Pak Jokowi, Presiden Indonesia dalam satu kesempatan menyebut "Value Brand" sebagai aset terbesar bisnis jaman now. Jika kita dipercayai orang mampu menampilkan konten yang bermanfaat, baik konten yang dapat membantu memberikan manfaat maupun konten yang memudahkan orang menyelesaikan masalah, tentu bonus-bonus lain akan mengikuti.

Blogger yang pertama kali berniat untuk mencari uang, lebih banyak gagal ketimbang berhasilnya. Alasannya, harapan untuk mendapatkan uang tak kunjung terpenuhi, sehingga menjadikan dia tidak sabar. Padahal, Blogger sukses mempunyai waktu pengembangan lebih lama dari blogger yang tidak sukses.

Jika ada yang mampu bertahan dengan niatnya, bisa jadi dia akan menjadi blogger sukses. Namun jika tidak, dia malah membuat kegaduhan di blognya. Misalnya dengan menggunakan cara-cara yang tidak bagus dan membuat pengunjung tidak nyaman. Bacalah artikel ini supaya tahu: Pengertian Blogger Putih VS Blogger Hitam

Jadi, Geis, berniatlah untuk menyajikan konten-konten yang istimewa dan bukan konten bagus namun didapatkan dari hasil kopi paste. itu tidak baik untuk kesehatan blog.

3. MEMAKAI TEMPLATE BLOG YANG SIMPEL

Saya pernah menuliskannya di sini: Template AMP-HTML Paling Keren Tahun 2017. Adalah template yang saya gunakan saat ini. Di dalam tulisan tersebut saya sudah menjelaskan apa saja fitur yang terdapat pada template. 

Template blog simple yang saya maksud berdasarkan dari template yang saya pakai adalah: Waktu loadnya cepat, nilai di atas 90 dari penilaian google speed insight, tampilan sederhana dan tidak terlalu banyak widget. Dan yang paling penting nyaman dilihat. 

Menyoal penilaian di atas, para mastah blogger memiliki pendapat berbeda-beda, so, untuk mencari template yang bagus, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan mastah pembuat template. Gunakan template yang premium dan dipastikan mendapatkan update dari si pembuat.

4. SELALU MENULIS SETIAP HARI

Ini berat, baik bagi pemula maupun bagi ekspert. Namun jika sudah niat dan membiasakan diri, akan mudah untuk dijalani. 

Menulis berangkat dari gagasan atau ide tulisan, sedangkan ide kita terbatas jika tidak diupgrade setiap hari. Saya memiliki beberapa tulisan tentang Tips Mudah Menulis. Bisa kamu baca di bawah ini:
Tulisan di atas saya buat berdasarkan pengalaman sendiri, atau berdasarkan pengamatan dari apa yang dilakukan oleh orang lain. Dari situlah saya kemudian belajar bangkit untuk bisa menulis dengan lancar ketika perasaan malas mulai datang. 

5. OPTIMASI ON-PAGE & OFF-PAGE BERTAHAP

Terkadang, saya kehilangan waktu berjam-jam di depan komputer ketika memikirkan optimasi blog. Coding adalah jebakan bagi setiap blogger, karena jika kita sudah asyik dengan hal itu, kita sering mengabaikan waktu yang sempurna untuk menulis.

Melakukan SEO adalah menu wajib bagi blogger, namun porsinya tidak boleh banyak. Ingat, kebutuhan kita yang paling utama adalah menulis untuk menyajikan artikel yang berkualitas.

Ada beberapa jebakan yang saya alami ketika baru-baru ngeblog, yaitu:
  1. Terlalu sering mengganti template.
  2. Asyik dengan utak-atik tampilan blog dan warna-warna.
  3. Terlalu sering bermain-main dengan widget blog.
  4. Tergila-gila dengan backlink bahkan terkesan nyampah di mana-mana.
  5. Terburu-buru mengejar trafik, hingga pernah melakukan auto trafik ke blog.
  6. Ingin segera mendapatkan penghasilan dari google adsense.
  7. Tidak konsisten membuat konten sendiri dan pernah kopas.
Saya baru menyadari hal tersebut setelah banyak berkomunikasi dengan mastah blogger berpengalaman. Soal pengalaman ini bisa kalian simak di artikel yang sudah saya tulis di tahun 2015 lalu: Jalan Kebenaran Ngeblog Ala Kompi Ajaib.

Jadi, buatlah semuanya tampak alami, bukan kerja robot dan juga bukan kerja seorang blogger yang kranjingan dengan trafik dan uang.

6. RAJIN-RAJINLAH MENGECEK KESEHATAN BLOG

Google telah menyediakan tool yang ok punya, silakan akses Google Webmaster dan pelajarilah dengan seksama. Jika belum punya silakan daftarkan blog kamu di sana.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan, misalnya, kita bisa mengecek posisi artikel kita yang berada di pageone. Atau bisa mengecek error yang terjadi di struktur HTML. Selain itu, kita juga bisa menghapus web cache dari postingan kita yang telah dihapus. 

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di sana. Saya masih harus banyak belajar di Google Webmaster supaya bisa mengulasnya lebih mendalam lagi.

7. JANGAN PELIT DENGAN ILMU NGEBLOG

Kamu pernah bertanya kepada seorang mastah blogger kemudian diabaikan begitu saja? Kalau pernah berarti kita senasib. 

Harapan dari pertanyaan adalah mendapatkan jawaban, dan jika tidak dijawab rasanya seperti diabaikan. 

Tapi juga sadarilah, apa maksud dibalik dari pertanyaanmu tersebut, orang yang ditanyai akan senang jika apa yang kita tanyakan dan dijwab lalu dijalankan. Apakah kamu sudah melakukan hal itu? 

Seorang Mastah, tidak sepi pertanyaan. Mereka seringkali kebanjiran pertanyaan, baik pertanyaan yang perlu dan pertanyaan yang tidak perlu.

Misalnya, ketika ada seorang bertanya pada Mastah begini, Bang cara mendapatkan trafik banyak dan mendapatkan penghasilan dari blogger bagaimana?

Jelas ini pertanyaan tidak terlalu bagus untuk ditanyakan, kendati itu adalah pertanyaan. Karena sebenarnya jawaban tersebut mudah sekali ditemukan di google search. Kamu ketika menjadi mastah juga bisa malas menjawab pertanyaan seperti itu.

Setidaknya, seorang mastah seringkali menulis tentang tips-tips ngeblog baik sesuai dengan pengalamannya masing-masing, dan sekali lagi, tulisan semacam itu tidak dipahami dengan baik oleh penanya. 

Bahasa halusnya "kamu belum berusaha penuh sudah bertanya yang mudah-mudah". Jadi bacalah artikel-artikel yang telah dibuat oleh para mastah dengan baik. Misal tulisan dari Mas Sugeng, dari Bang Adhy Suryadi atau dari Maxmanroe.

Oh ya, jangan pelit untuk menulis tentang blogger lain, jika ada blogger yang menurutmu mampu memberikan inspirasi ke kamu, silakan tulis apa yang kamu dapatkan darinya. Jangan mengakuisisi ilmu-ilmu yang telah kamu dapatkan darinya. Menulis profil atau cerita sukses dari blogger lain adalah salah satu cara bagus untuk menjalin komunikasi yang baik.

Oke Geis, semoga di tahun 2018 ini, kamu-kamu yang sedang ingin serius ngeblog, semoga Menjadi Blogger Sukses 2018.

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar