MAS TRIGUS

follow us

6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Sensitif dengan Cepat dan Alami

6 Cara Mudah Mengatasi Kulit Sensitif dengan Cepat dan Alami

Kulit sensitif adalah kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan terhadap faktor lingkungan. Umumnya kulit sensitif bisa disebabkan karena paparan sinar matahari, akibat perubahan suhu, penggunaan produk kosmetik yang salah hinggga kurangnya waktu tidur.

Memiliki kulit yang putih bersih dan sehat adalah impian sebagian besar wanita. Bahkan Tak sedikit yang menjadi korban iklan hingga rela menanggung resiko yang membahayakan kulitnya. Diperlukan cara khusus untuk memutihkan kulit wajah, mengatasi permasalahan kulit sensitive dan berbagai problem terkait agar kulit sehat seperti yang didamkan oleh semua orang khususnya kaum hawa.

Mengenal letak kulit sensitive juga sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit. Sebenarnya banyak sekali permukaan kulit yang bisa saja sensitif. Namun, kali ini akan dibagikan beberapa cara mengatasi kulit sensitif pada wajah.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kulit sensitif, akan dibahas terlebih dahulu penyebab kulit menjadi sensitif. Dengan mengetahui penyebab kulit menjadi sensitif, maka kita dapat menghindari hal yang tidak diinginkan atau membuat kulit sensitif lebih parah.

Penyebab kulit Menjadi Sensitif

1. Polusi dan Perubahan Suhu

Banyaknya polusi dimana-mana serta perubahan suhu yang begitu ekstrim belakangan ini dapat membuat kulit semakin sensitif. Hal ini terjadi karena kondisi-kondisi tersebut melemahkan daya tahan kulit terluar. Hasilnya kulit kita lebih sering mengelupas, memerah dan terasa gatal juga perih. Sebaiknya hindari polusi semaksimal mungkin dan rawatlah kulit lebih ekstra saat perubahan suhu tidak menentu. Hindari lokasi-lokasi yang memiliki kadar polusi tinggi seperti misalnya daerah rawan kemacetan, kawasan industry hingga tempat pembuangan sampah. Jangan terlalu lama di tempat tempat seperti ini.

2. Terlalu sering Berganti Produk Perawatan kulit

Karena keinginan yang terlalu agresif untuk menghasilkan kulit seperti yang diidam idamkan biasanya ada sebagian orang yang kerap merasa Bete, kesel dan putus asa. Hingga memutuskan untuk mencoba semua produk kecantikan yang ada di pasaran.
Hal ini justru dapat mengakibatkan efek negative bagi kesehatan kulit dan sebaiknya dihindari kebiasaan ini.

Bagi pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memilih produk perawatan kulit tanpa bahan wewangian. Selain itu juga harus tanpa bahan aktif yang kuat seperti retinoid atau asam glikolat serta mengandung bahan pengawet.

Cara Mengatasi Kulit Sensitif pada Wajah

1. Menggunakan Bahan Alami

Banyak bahan alami di sekitar kita yang mudah didapat untuk merawat kulit sensitif. Misalnya minyak kelapa, madu, bubuk kopi, mentimun dan kentang dapat digunakan sebagai masker alami untuk diaplikasikan pada wajah. Selain bahannya yang mudah didapat, penggunaan bahan alami juga tentunya lebih aman daripada produk kimiawi yang dijual di pasaran.

2. Jangan Terlalu Sering Berganti Produk

Banyaknya iklan produk perawatan kulit membuat kita terdorong untuk mencoba semuanya. Sebaiknya gunakan satu saja produk perawatan kulit lalu dilihat hasilnya dalam jangka waktu tertentu. Berganti-gantinya produk perawatan kulit secara terus menuerus akan merusak kulit dengan cepat.


3. Hindari menyentuh Wajah

Seringnya menyentuh wajah dapat memindahkan kotoran serta kuman yang berada di tangan ke wajah dengan cepat. Kebiasaaan ini juga dapat memunculkan jerawat dengan cepat. Jika ingin menyentuh wajah sebaiknya cucilah tangan hingga bersih terlebih dahulu.

4. Konsultasi ke Dokter

Ada baiknya sebelum membeli produk perawatan kulit, kita berkonsultasi dahulu ke dokter kulit. Dengan melakukan konsultasi dokter ini kita dapat memperhatikan beberapa hal mendasar untuk mencegah kulit sensitif,. Selain itu biasanya dokter juga menyarakan produk tertentu yang sesuai dan terbaik sesuai dengan kulit sensitif kita.

5. Pakai Tabir Surya

Tabir surya sangat penting hukumnya bagi yang memiliki kulit sensitif. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 40 jika hendak keluar rumah untuk menjaga kulit terpapar langsung oleh sengatan sinar matahari.

6. Menggunakan Pelembab

Untuk melembabkan wajah dapat dilakukan dengan dua langkah mudah. Pertama setelah membersihkan wajah, tepuk ringan kulit wajah sampai kering dengan handuk dan biarkan selama 25 menit. Barulah selanjutnya berikan pelembab pada wajah secara merata.

Memiliki kulit sensitif bukanlah sesuatu yang harus disesali, yang perlu dilakukan adalah lebih memperhatikan kondisi kulit serta menghindari hal-hal yang dapat merusak kulit. Jika perawatannya yang tepat, tentunya kulit dapat sehat seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer:
Artikel ini dibuat oleh Umi Baroroh (penulis tamu). Segala materi yang ada di dalamnya bukan tanggung jawab mastrigus.com. Ingin menjadi penulis tamu di blog ini? Silakan kirim artikel melalui email mastrigus@gmail.com
Reaksi:

ARTIKEL TERKAIT:

DISCLAIMER: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Hubungi 081231756711 (WA Only). Donasi ke: Paypal atau Pulsa
Buka Komentar