Skip to main content

follow us

Format Painter adalah tombol yang disematkan pada aplikasi perkantoran Micosoft Office yang berfungsi untuk menyamakan pemformatan  seperti warna, gaya font dan ukuran font dan gaya batas ke beberapa teks atau grafik.

Format Painter memungkinkan kita untuk menyalin semua pemformatan dari satu objek dan menerapkannya ke obyek lain dengan sangat cepat.
Jadi Fungsi Format painter adalah menu yang diberikan oleh Microsoft untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pengeditan format secara cepat. Menu ini terdapat di Microsoft Word dan Microsoft Excel.

Setiap saat, ketika saya melakukan pengeditan teks maupun grafik akan selalu menggunakan tombol ini. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu:
  • Pilih teks atau grafik yang memiliki pemformatan yang ingin Anda salin.
Catatan: Jika Anda ingin menyalin pemformatan teks, pilih sebagian paragraf. Untuk  menyalin pemformatan teks dan paragraf, pilih seluruh paragraf, termasuk tanda paragraf.
  • Pada Tab Home , klik Format Painter (icon cursor berubah menjadi kuas)

  • Setelah itu pilih obyek yang akan disamakan formatnya dan klik. Selesai
Contoh di atas hanya berlaku untuk sekali pengubahan format pada satu obyek. Jadi setelah dilakuakn klik, maka cursor bergambar kuas akan menghilang.

Namun jika anda ingin memberlakukan format tersebut untuk beberapa obyek, silakan klik dua kali pada Format Painter, maka ketika kita menerapkan format pada satu obyek, cursor bertanda kuas tidak akan hilang dan bisa digunakan untuk obyek yang lain tanpa harus meng-klik kembali Format Painter. Untuk membatalkan atau menghilangkan cursor pertanda kuas cat, silakan tekan Esc pada keyboard.

Catatan:
Untuk grafik, Format painter berfungsi paling baik dengan objek gambar, seperti bentuk otomatis. Pewarna Format tidak bisa menyalin font dan ukuran font teks WordArt .

Tips Menggunakan Format Painter:

  1. Sebaiknya tentukan dahulu format yang bagus untuk satu obyek (Format 1), permak sesuai keinginan anda. Lalu gunakan Format Painter pada obyek lain (Format 2, 3 dst) supaya mengikuti Format 1.
  2. Klik dua kali untuk menghidupkan format painter untuk obyek banyak, dan klik sekali saja untuk satu obyek.
  3. Tekan tombol Esc di keyboard untuk keluar dari mode Format Painter.
  4. Untuk bekerja dengan cepat pada banyak paragraf, perbaiki satu paragraf hingga sesuai dengan keinginan kamu, letakkan cursor pada paragraf tersebut, lalu klik Format Painter, terapkan pemformatan paragraf yang sudah di perbaiki tersebut ke paragraf yang lain dengan cara blocking semua paragraf yang akan di samakan.
Nah, Geis, itu tadi Fungsi Format Painter yang sangat memudahkan kita untuk bekerja dengan aplikasi Microsoft Office. Selamat mencoba dan semoga berhasil

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar