Skip to main content

follow us

Siapa yang tidak kenal kacang? Kacang, lebih khusus kacang tanah merupakan tumbuhan perdu yang dapat dibudidayakan dan dengan mudah kita jumpai disekitar kita.

Kacang memiliki banyak manfaat, selain dipakai sebagai bahan dasar sambal pecel, kacang juga dimanfaatkan untuk membuat selai kacang. Bahkan kacang paling enak dijadikan bahan campuran peyek atau rempeyek. Tapi bukan iwak peyek. Iwak peyek, iwak peyek, iwak peyek sego jagung, asolole.


Tidak perlu bertanya apa saja kandungan gizi yang ada di dalam kacang. Kacang tanah memiliki kandungan lemak tinggi, juga mengandungi protein, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium.

Menurut informasi yang saya terima, kandungan protein dalam kacang tanah jauh lebih tinggi dari pada kandungan protein dari daging dan telur.

Konon, si binaraga kenamaan Indonesia, Mas Ade Rai, rutin mengkonsumsi kuning telur mentah sebagai penunjang kebutuhan protein untuk otot-ototnya. Jika kamu jijik dengan telur mentah dan ingin mencoba makanan lain yang mengandung protein tinggi, konsumsilah kacang tanah.

Kacang tanah sangat bermanfaat bagi kehidupan, bahkan dari ujung akar hingga ujung daun, kacang tanah sangat bermanfaat. Seperti hal ini, Geng:

Daun kacang tanah, atau dalam bahasa saya biasa disebut dengan rendeng sangat digemari oleh wedus atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Kambing, dalam bahasa gaul, biasa di sebut kamu. Iya kamu kambing.

Batang daun kacang tanah, sangat bermanfaat untuk pegangan daun, supaya tidak rontok saat akan digunakan sebagai makanan kambing. Jadi, Geis, daun kacang tanah yang akan diberikan kepada kambing ini tidak diambil satu persatu, melainkan diambil bersama batangnya. Kamu nggak akan kuat memilah-milah daunnya saja.

Apalagi biji kacang, membicarakan kacang, paling-paling yang kamu ketahui hanya berbentuk kacang saja kan? Pasti dalam benakmu, kacang tidak ada daun dan batangnya, juga tidak ada akarnya.

Saya berani menduga, jika kamu membayangkan kacang ditanam dengan cara biji kecil dimasukkan di dalam karung, lalu didiamkan selam sebulan, dan dia otomatis mengembang. seperti gambar di bawah ini:


Iya kan, kamu sudah memikirkan apa yang saya maksudkan. Jadi jika anggapanmu begitu, itu salah kaprah, Geis.

Lebih lanjut tentang manfaat kacang, tumbuhan kacang-kacangan sangat bagus untuk menyuburkan tanah tandus dan kering. Karena akar kacang mampu mengikat oksigen untuk proses pembuatan cadangan makanan. Yups, karena kacang membuat cadangan makanan di akarnya. Jika tidak percaya silakan teliti sendiri.

Nah, kalian sudah tahu apa saja manfaat dari setiap inchi kacang tanah, sekarang saya akan memberitahu kalian bagaimana cara makan kacang tanah yang benar. Ini penting, Geis.

Cara Makan Kacang yang Benar

  1. Cari kacangnya dahulu, kalau tidak ada kacang, kita tidak bisa mempraktikkan cara makan kacang yang benar.
  2. Jika kacang sudah ada dalam genggamanmu, silakan cuci bersih, supaya bakteri dan kuman tidak ikut termakan olehmu.
  3. Perhatikan ini penting. Kacang tanah harus dimasak matang, boleh di rebus, di goreng dalam pasir, atau dibakar (kacang bakar enak sekali, Geis). Pokoknya, pastikan kamu memakan kacang yang sudah matang. Karena kacang yang mentah bisa mengakibatkan mencret (jika kebanyakan)
  4. Cara makan kacang yang benar adalah: pisahkan antara kulit dan isi, alias dikupas dengan cara di tekan dengan jari. Ambil isinya dan silakan dimakan
  5. Ingat, tidak perlu memakan kacang bersama kulitnya, karena bisa berakibat buruk pada kesehatan.
Supaya lebih jelas, silakan tengok video di bawah ini

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar