MAS TRIGUS

follow us

Cara Mengatur Halaman Kerja Inkscape

Cara Mengatur Halaman Kerja Inkscape

Geis, setelah kemarin kita mempelajari cara instal inkscape, sekarang kita akan mempelajari bagaimana cara mengatur lembar kerja atau halaman pada inkscape.

Pada prinsipnya, ketika kita membuka Inkscape pertama kali, kita akan langsung disuguhi dengan lembar kerja default. Ukuran normal lembar kerja ini adalah A4.

Lalu bagaimana jika kita ingin mengatur lembar kerja ukuran lain, semisal mengaturnya menjadi ukuran F4 (folio) atau A3? Ternyata caranya cukup mudah. Simak gambar di bawah ini ya, Geng.


Mengatur Halaman Kerja Inkscape

  1. Buka dahulu aplikasi Inkscapenya, dan pastikan sudah benar-benar terbuka;
  2. Cari menu File, kemudian klik kiri;
  3. Klik pada sub menu Document Properties. Akan muncul dialog baru berisi pengaturan halaman/lembar kerja Inkscape, perhatikan menu-menu pengaturan yang telah disediakan:

    1. Untuk mengatur ukuran halaman, pastikan kamu berada di tab Page;
    2. Display Unit: Berfungsi untuk mengatur satuan ukuran pada seluruh tampilan inkscape. Ada beberapa pilihan: mm (milimeter), pc (percent), pt (point), in (inchi), cm (centimeter), px (pixel);
    3. Page Size: berfungsi untuk memilih ukuran kertas. Ada beberapa ukuran kertas yang telah disediakan, seperti: A4, US Letter, US Legal, US Executive, A0, A1, A2 dst.
    4. Orientation: Berfungsi untuk mengatur letak halaman, ada dua pilihan: Landscape (horizontal/tidur)) dan Portrait (vertikal/berdiri).
    5. Custom Size: Berfungsi untuk mengatur lebar halaman secara manual, sesuai keinginan kita sendiri. Units: Berfungsi untuk mengatur satuan ukuran pada halaman kerja inkscape. Ada beberapa pilihan: mm (milimeter), pc (percent), pt (point), in (inchi), cm (centimeter), px (pixel);
    6. Scale: Berfungsi untuk mengatur posisi halaman aktif pada layar. Scale biasa di tunjukkan dengan huruf X dan Y. Angka 0 menampilkan halaman aktif berada pas ditengah-tengah layar;
    7. Background: Berfungsi untuk mengatur warna dasar halaman. Secara default warna halaman adalah putih atau transparan;
    8. Border: Berfungsi untuk mengatur warna border (batas kanan, kiri, atas, bawah) halaman. Secara Default warna border halaman adalah #666666ff. Ada beberapa pilihan tombol checkbox: Show page border, jika di tandai akan menampilkan border. Border on top  of drawing, jika ditandai border akan selalu terlihat di atas obyek yang kita buat. Show border shadow, jika ditandai akan menampilkan efek bayangan border.
  4. Setelah selesai mengatur dalam dialog box tersebut, silakan mengakhirinya dengan meng-klik tombol silang (close) di pojok kanan atas. Kolom dialog tidak menyediakan tombol ok.
CATATAN: Kolom dialog pengaturan halaman ini bisa dipanggil dengan cepat dengan menekan tombol keybord: Ctrl + Shift + D.

Ok, Geng. Sekarang kita sudah bisa melakukan pengaturan pada halaman kerja sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. So, kita bisa memulai membuat desain sesuai imajinasi. Selamat mencoba.

You Might Also Like:

DISCLAIMER: Konten yang ada di blog ini asli saya tulis dengan ketulusan dan cinta. Tidak diperkenankan mengambil isi konten sebagian atau seluruhnya tanpa izin. Hubungi saya di 081231756711 (WA Only)
Buka Komentar