Skip to main content

follow us

Inkscape - Draw Freely adalah aplikasi desain grafis yang dapat kita gunakan secara gratis di berbagai macam platform seperti Windows, Mac dan Linux. Dengan ukuran file instalasi sebesar 90 Mb, inkscape terbukti tidak menambah beban kerja komputer yang kita gunakan.

Jauh-jauh hari saya sudah menulis sedikit tentang Inkscape, tepatnya di artikel ini: Aplikasi Alternatif Desain Grafis Selain Corel Draw. Jika kamu belum pernah memakai inkscape dan ingin mengerti sedikit tentangnya, kamu bisa membuka artikel tersebut atau melanjutkan membaca artikel ini.

Seperti cerita sebelumnya, bahwa saya memakai inkscape karena terbentur biaya. Pada mulanya secara otodidak saya belajar cara menggunakan coreldraw dan photoshop, hingga kesempatan untuk bisa menggunakan dengan mahir pun tercapai.

Tapi apa daya, kedua aplikasi tersebut tidak bebas pakai begitu saja, untuk bisa memakai secara legal, kita diharuskan untuk membeli. Pun harganya juga tidak murah, untuk ukuran keuangan yang saya miliki.

Karena saya sudah bertekad  untuk dapat menggunakan software yang legal, maka saya memutuskan untuk menggunakan Inkscape. Semua orang tahu bahwa software desain grafis tersebut bebas digunakan alias gratis.

Sekarang saya sudah terbiasa menggunakan Inkscape, bahkan sudah bisa membuat desain dengan mudah sama seperti ketika menggunakan coreldraw.

Untuk itu, untuk membantu kawan-kawan lain yang mungkin ingin beralih ke Inkscape dengan alasan sama, sekaligus untuk mencatat pengalaman ini supaya bisa dimanfaatkan oleh orang lain, maka tutorial cara menggunakan inkscape lengkap dari A-Z ini saya buat. Semoga harapan saya untuk dapat memberikan manfaat ini benar-benar tergapai, amin.

Baiklah, kawan, tutorial ini akan saya buat berkala. Mulai dari mengenali tool yang ada di dalamnya, hingga bagaimana cara memanipulasi gambar supaya menghasilkan desain yang bagus.

Halaman ini akan selalu saya update dengan tutorial-tutorial yang telah saya buat. Dan simak selalu ya.


TUTORIAL INKSCAPE LENGKAP A-Z

  1. Cara instal Inkscape
  2. Cara Memunculkan Thumbnail File SVG Inkscape di Windows
  3. Cara Mengatur Halaman Kerja Inkscape
  4. https://www.mastrigus.com/2018/03/membuat-kotak-renctangles-di-inkscape.htmlMembuat Kotak (Rectangles) di Inkscape

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar