MAS TRIGUS

follow us

Alat Blog Untuk Edit Gambar

Alat Blog Untuk Edit Gambar

Seperlunya, pakailah alat yang dapat mempermudah pekerjaanmu. Jangan berlebih dan jangan pelit untuk mendapatkan alat-alat tersebut. Begitulah kiranya mastrigus.com mengawali perjumpaan kita melalui artikel ini.

Alat (tool) adalah benda yang dipakai untuk membantu mempermudah pekerjaan. Tak terkecuali dalam mengelola blog, semestinya para blogger selalu menggunakan alat.

Dalam dunia blogger, alat-alat yang digunakan biasa disebut dengan blogging tools, berarti alat untuk ngeblog. Bisa berupa benda kasat mata dan benda tak kasat mata atau benda yang dapat dipegang dan tidak dapat dipegang. Contohnya seperti di bawah ini:


Gambar di atas merupakan penampakan dari keris empu gandring yang sebenarnya tidak berhubungan dengan dunia blog. Karena keduanya berada di dunia berbeda. Meski begitu, secara fungsi hampir sama, yaitu bekerja di dunia maya.

Serius, Geis. itu tidak ada sangkut pautnya dengan apa yang akan saya bahas kali ini.

Untuk melakoni pekerjaan ngeblog disetiap harinya, saya tidak bisa lepas dari bantuan alat. Yups, dari alat-alat mikroskopis hingga alat-alat makroskopis. Saya memakainya.

Misalnya, untuk menghasilkan tulisan yang bagus (seperti artikel ini) saya menggunakan tangan dan laptop. Keduanya masuk dalam kategori alat-alat makroskopis.

Tidak perlu heran, memang sudah seharusnya begitu. Kedua alat ini sangatlah penting untuk dapat menghasilkan blog dan kontennya.

Sedangkan untuk mengerjakan sesuatu yang tidak bisa kamu saksikan di sini tapi bisa kamu rasakan (Misalnya, kamu menjadi sangat tertarik untuk selalu mengunjungi blog ini), saya memakai alat-alat mikroskopis. Biasanya, saya melakukan dengan cara membaca mantra tertentu.

Blogging Tools

Oke sekarang kita akan serius.

Tahukah kamu? Bahwa untuk menghasilkan gambar yang bagus, kita membutuhkan alat untuk memanipulasi gambar. Atau untuk mengecilkan gambar supaya tidak membebani loading blog, kita juga butuh alat.

Oleh karena itu, saya akan menyebutkan satu persatu alat yang biasa saya pakai untuk ngeblog. Simak baik-baik, siapa tahu kamu belum memiliki salah satu yang saya sebutkan.

1. Alat Blogging Untuk Desain Gambar: INKSCAPE


Satu tools yang sangat membantu saya memanipulasi gambar adalah aplikasi inkscape. Saya sudah membahasnya di sini: Tutorial Inkscape Lengkap.

Aplikasi ini saya pilih karena ukurannya file instalasinya yang kecil, sekitar 80 MB saja, yang pasti tidak akan membebani komputer core i3 saya. Terlebih karena ini adalah aplikasi gratis.

Jadi ini sangat klop sekali dengan kebutuhan saya. Ketimbang harus melakukan pencurian aplikasi semacam CDR atau PSD, mendingan pakai inkscape.

2. Alat Blogging Untuk Memperkecil Ukuran Gambar: RIOT


Riot membawa jargon yang cukup mengerikan yaitu "Radical Image Optimization Tool", seperti yang kita ketahui bersama, persoalan radikal adalah sesuatu yang cukup banyak membawa dampak.

Yups. Riot memang pengecil ukuran file gambar yang ekstrim. Karena bisa mengecilkan gambar hingga lebih dari separuh ukuran aslinya.

Perlu kalian ketahui bahwa, saya memasang batas ukuran gambar pada blog ini. Jadi file gambar yang terupload tidak boleh melebihi ukuran 100 kb.

So, dengan aplikasi Riot, saya bisa menghemat loading blog saya. Terlebih aplikasi ini gratis dan sangat mudah digunakan.

3. Alat Blogging Untuk Screenshot Gambar: Lightshot



Alat ini berguna untuk mengambil gambar dengan memakai teknik screenshot. mengambil cuplikan gambar yang muncul dilayar.

Ini sangat bermanfaat jika kita ingin membuat sebuah gambar untuk tutorial. Karena dalam aplikasi lightshot terdapat beberapa elemen yang memudahkan kita.

Seperti kota border merah, garis anak panah merah, teks dan lain-lain. Untuk mempermudah, silakan instal aplikasi kecil ini di komputer sobat.

Sebenarnya, ada aplikasi alternatif lain yang bisa dipakai untuk melakukan screenshot. Yakni Snipping tool. Merupakan aplikasi screenshot bawaan windows. Silakan baca artikel ini, saya sudah mengulasnya: Cara Mudah Screenshot di Komputer Tanpa Repot.

Nah, ketiga alat tersebut, sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk keperluan edit gambar. Jadi tidak butuh yang lain.

Oh ya, apa yang saya rekomendasikan merupakan alat-alat yang biasa saya pakai. Untuk itu kamu boleh mencobanya sendiri.

Ok Geis, terimakasih sudah mampir di Blog Mastrigus.com.
Reaksi:

ARTIKEL TERKAIT:

DISCLAIMER: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Hubungi 081231756711 (WA Only). Donasi ke: Paypal atau Pulsa
Buka Komentar