Skip to main content

follow us

WhatsApp (WA) terus berbenah, apalagi semenjak diakuisisi oleh Facebook, spektrum perkembangannya bisa dikatakan lebih masif, ketimbang WhatsApp sebelum dibeli Facebook. Ini mungkin merupakan strategi khusus yang diterapkan Facebook untuk mempertahankan performa sebagai Aplikasi Chat yang paling banyak diunduh pengguna.

Tapi membicarakan terkait fitur, justru Aplikasi Telegram memiliki lebih banyak fitur jika dibandingkan Whastapp. Namun untuk kategori pengguna, khusus di Indonesia, orang-orang masih tetap suka menggunakan WA.

Namun akhir-akhir ini WA berhasil merilis sebuah aplikasi generasi baru yang secara obyek terpisah dari aplikasi WA sebelumnya, mereka menamainya dengan sebutan WhatsApp Business. Apiknya lagi, kedua aplikasi (antara WA dan WA Bisnis) ini dapat diinstall secara bersamaan.

Menurut keterangan dari pihak pengembang, Aplikasi WA Bisnis ini didedikasikan bagi para pebisnis yang biasanya ingin memisahkan antara chat pribadi dan chat pekerjaan. Maka tidak bisa di anggap biasa, kehadiran WA Bisnis setidaknya mampu menjawab pertanyaan setiap orang "Kenapa WA tidak terlalu banyak fitur?".

Jika kita mengunakan HP Xiaomi yang sudah tertanam MIUI 8 dan MIUI 9, maka kita bisa membuat cloning aplikasi WA dan WA Bisnis menjadi 4 buah, yang tentunya dapat dipakai bersamaan dan memakai nomer yang berbeda-beda. Sangat kontradiksi jika dibandingkan tahun-tahun 2012-2016, saat itu sangat sulit mengkloning aplikasi WA.

Aplikasi WhatsApp Khusus Pebisnis

Whastapp Business saat ini sudah tersedia di PlayStore yang berarti anda pun bisa memasangnya dan mencobanya sendiri. Dan pelajarilah setiap fitur yang di tawarkan dalam aplikasi ini.

Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan aplikasi ini. Tidak seperti aplikasi bisnis lainnya yang lebih menonjolkan prinsip "Anda butuh, silakan Beli, kami menjualnya". Tidak seperti itu, WA Bisnis benar-benar gratis semenjak anda mengunduhnya pertama kali.


Fitur Whastapp Business (WA Bisnis)

Ada banyak fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini, seperti fitur untuk mengatur profil bisnis, fitur statistik pesan, fitur perpesanan yang memudahkan guna menjawab pesan dari klien secara otomatis saat sedang di luar jam kerja. Bahkan kita bisa mengirimkan pesan kirim salam secara otomatis kepada pelanggan yang baru pertama kali mengirimkan pesan pada akun bisnis dan bagi pelanggan yang tidak aktif selama 14 hari.

Untuk mengatur Profil WA Bisnis, silakan sentuh icon 3 garis di pojok kanan lalu pilih setelan, kemudian pilih setelah bisnis. Dalam menu tersebut anda bisa melakukan pengaturan data profil, seperti: Foto profil, nama akun bisnis, alamat lengkap bisnis, jenis bisnis, pesan atau moto perusahaan, mengatur jam kerja, menampilkan alamat email dan juga menampilkan alamat web.

Fitur-fitur bejibun tersebut tidak akan anda temui di versi WA biasa, karena jelas fitur ini hanya ada di WA versi bisnis. Oh ya, ternyata pihak WA akan melakukan peninjauan terhadap akun bisnis anda, jikalau akun anda di verifikasi maka anda akan mendapatkan notifikasi persetujuan akun bisnis. Dan tentunya, akan ada embed berupa centang abu-abu bertuliskan Bisnis Terkonfirmasi di profil anda. Oke, Geis, selamat mencoba Fitur Aplikasi WhatsApp Khusus Pebisnis.

You Might Also Like:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar