Skip to main content

follow us

Artikel ini merupakan study kasus dari persoalan yang dihadapi penulis, sebenarnya judul asli yang akan diberikan adalah "Template AMP Kompi Minimalis yang Tidak Lagi Minimalis" tapi karena penulis memandang perlu bahwa judul tersebut tidak bagus, maka diganti menjadi "cara Update Template blogger Mudah"

Pembuat template Kompi Minimalis, seminggu sebelum artikel ini saya tulis, ternyata telah merilis update template dengan mengusung beberapa perubahan signifikan pada templatnya, seperti perbaikan struktur data dan juga perbaikan SEO.


Tentu ini merupakan kabar baik pada saya, karena saya salah satu orang yang diuntungkan dari update ini. Perlu kalian ketahui, blog ini memakai template kompi minimalis buatan Bang Adhy Suryadi yang sudah saya sesuaikan dengan keinginan saya.

Menurut saya, saat pertama kali memakainya, template ini adalah Template AMP Paling Minimalis. Lebar (width) blog kecil dan hanya sedikit memakai pernak-pernik blog. Terutama karena template ini dikhususkan bagi pengguna handphone, so tanpa mengurangi kesan artistik tapi juga tetap mengedepankan kecepatan load.

Selain itu, saya juga mencoba menghilangkan berbagai hal yang tidak penting dan menambahkan beberapa kode yang saya anggap penting. Misalnya saya menghilangkan gambar thumbnail post dan menggantikannya dengan teks besar. Ada lagi, saya menambahkan lebar tampilan blog, supaya tidak terlalu sesak dilihat dan juga memberikan ruang kepada widget sidebar supaya lebih longgar.

Baru Sadar Terlalu Banyak Mengubah Template

Update template kompi minimalis ke-5, seperti biasa membuat saya keranjingan. Tidak puas rasanya jika tidak langsung menerapkannya di blog. Sampai saya harus mencari wifi di jam 23.00 malam. Demi apa coba kalau bukan demi menuruti keinginan untuk memuaskan kalian para pembaca, cie-cie.

Prosedur update template blog sudah saya terapkan, supaya pada saat mengganti template dengan yang baru, tidak ada kendala dan juga permasalahan yang membuat semuanya menjadi runyam.

Pada dasarnya, template blogger jarang menyediakan update otomatis, seperti yang terjadi di kebanyakan template wordpress. Sehingga kita perlu meneliti satu persatu kode yang berubah, ditambah atau dikurangi.

Jika sedari awal kita tidak banyak melakukan perubahan pada template default, tentu cara melakukan pembaruan pada update terakhir akan lebih mudah. Misalnya ketika sedari awal kita hanya mengubah nama blog serta judul menu. Maka untuk update template berikutnya tinggal melakukan sedikit customisasi.

Hal ini sangat berbeda dengan apa yang saya alami. Misalnya pada kasus ini. Saya baru menyadari jika saya terlalu banyak membuat perubahan pada template default. Sehingga saya menemukan kesulitan.

Menerapkan template ini apa adanya, berarti mengembalikan semua perubahan yang telah saya buat menjadi tidak berarti. Padahal untuk melakukan perubahan sebelumnya, butuh waktu tidak sedikit dan juga membutuhkan pemikiran matang. Tidak mungkin saya mengorbankan perubahan itu hanya untuk mengejar update terbaru, meski sebenarnya itu juga sangat penting.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengurungkan melakukan update penuh template blogger kompi minimalis, saya merasa terlalu banyak resiko yang akan saya hadapi, juga belum ada waktu longgar cukup panjang. 

Saya lebih memilih untuk mengetahui log update yang telah dibuat oleh pengembangnya, apa saja perubahan yang telah dibuat dan apa efeknya bagi blog. Kemudian saya mencoba menerapkan nya sedikit demi sedikit. Ini merupakan cara terbaik, supaya tampilan template saya tidak sama dengan dengan tampilan pengembang, meskipun dalamnya sama.

Cara Update Template Blogger Mudah

Baiklah, saya akan masuk pada pembahasan inti. Jika di atas tadi saya banyak menuliskan study kasus yang saya alami, maka di sini saya akan menjelaskan cara-cara praktis dalam melakukan update template blog supaya tidak banyak memakan waktu dan tenaga.

Tapi sebelumnya, saya akan memberitahukan kepada kalian. Sebenarnya, pada template blogger, ada salah satu pengembang blog yang membuat framework template blogger keren. Framework ini dapat digunakan melakukan update template secara otomatis dan cepat. Namanya Sneeit, dan saya akan membahasnya suatu hari nanti.

Pada dasarnya, ketika kita menemukan kata update, mestinya selalu diikuti oleh sesuatu yang telah "usang". Update merujuk pada pekerjaan melakukan pembaruan, baik pembaruan secara menyeluruh atau hanya perbaikan-perbaikan kecil. Apapun itu, Update yang up to date selalu mengarah pada sesuatu yang baru sesuai masanya.

Sayangnya, template blogger bukanlah sesuatu yang mutlak. Ia terkena dampak pembaruan mengikuti kebijakan si pembuat rumah bersama, yakni google. Tidak perlu jauh-jauh, AMP HTML adalah salah satu contoh dari perubahan ini.

Maka jika kita sudah bisa memahami filosofis update template ini (gaya banget ya saya) sudah saat nya kita melakukan kerja-kerja yang akan membantu kita dalam mengubah template menjadi yang paling baru.

Pertama pahami, templatmu yang ada saat ini sudah lama (usang) dan butuh perbaikan. Perbaikan yang sudah dilakukan ada pada update template terbaru. 

Supaya kita tidak terlalu pusing mencari-cari kode yang berbeda antara yang lama dan yang baru, silakan membaca dengan seksama catatan yang telah dibuat oleh sipembuat template. Biasanya dinamakan changelog atau catatan perubahan.

Kamu tidak perlu mereplace semua kode template yang lama dengan yang baru. Silakan pelajari, gunakan insting anda. Misalnya, ketika si pembuat template menuliskan catatan perubahan berupa perbaikan SEO, maka silakan cari perubahan-perubahan itu yang berkaitan dengan SEO. Kita bisa memanfaatkan add ons lighthouse dan lain-lain.

Saya lebih menyukai tampilan yang saya buat sendiri, itu merupakan style yang kita miliki. Maka berhubung template blogger premium dengan harga miring tidak terlalu banyak memberikan pilihan tampilan, maka tidak ada jalan lain, kecuali mulailah belajar kode dan buatlah perubahan pada blog kamu. 

Itu sih tergantung kamu, jika kamu punya uang banyak, kenapa tidak menyuruh beberapa orang ahli dalam blog untuk membuatkan tampilan seusia keinginan kamu. Ketimbang harus melakukan update sendiri dan resikonya lebih besar.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar