Ide Membuat Kreasi Bambu yang Unik dan Artistik

Kreasi dari bambu bukan lagi menjadi hal aneh, semenjak jaman dahulu, manusia telah memanfaatkan bambu untuk kebutuhan mereka semisal membuat dinding dari bambu. Bambu mudah dicari dan relatif cepat tumbuh jika dibandingkan dengan kayu.

Bambu atau dalam istilah jawa disebut dengan pring atau deling (bahasa halus) sering dipakai oleh orang-orang untuk peralatan rumah tangga. Semisal dijadikan gelas, dibuat menjadi dinding atau anyaman-anyaman yang memiliki banyak fungsi.

Nah, berhubung mastrigus.com belum pernah mengulas tentang bambu, maka kali ini saya sengaja menyajikan artikel tentang Membuat Kreasi Unik Dari Bambu. Ada banyak hal yang bisa dibuat dari bahan dasar bambu. Simak ya

Membuat Sayur Bambu

Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu

Bambu muda yang baru saja tumbuh lazim disebut dengan Bung / Rebung. Pada musim tertentu bambu akan melakukan regenarasi dengan memperbanyak dirinya. Pada saat bibit bambu tumbuh sekitar setengah depa, ini adalah saat tepat untuk menyulap bambu muda menjadi sayuran.

Seedbacklink affiliate

Sayur rebung memiliki cita rasa yang khas, dengan tekstur keras namun lembut biasanya bakal membuat lidah ketagihan. Sayur rebung termasuk jenis sayuran yang sulit didapatkan karena sifatnya musiman. Namun jika sudah masuk masa musim, kita bisa membeli langsung di pasar.

Membuat Atap BambuAtap merupakan komponen penting dalam rumah, tanpa atap maka rumah tidak bisa disebut layak huni, karena tidak ada bedanya antara di dalam dan di luar rumah. Fungsi atap adalah untuk melindungi penghuninya dari terik matahari dan dari hujan.

Atap biasanya terbuat dari tanah liat yang biasa disebut genteng, model atap begini jika di Trenggalek yang paling terkenal adalah Genteng Nglayur, Gandusari. Silakan hunting genteng tersebut untuk mendapatkan kualitas atap yang tak tertandingi.

Seedbacklink affiliate

Namun meski demikian, tanpa memisahkan dari fungsinya, atap tidak melulu berupa genteng atau asbes. Ternyata atap bisa dibuat dari bambu, menyoal apakah benar-benar aman, silakan lihat gambar di bawah ini: (Gambar Pinteres)

Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu

Dari gambar di atas (yang sudah ada cara membuat atap dari bambu) kita dapat melihat sendiri bagaimana membuat atap dari bambu. Atap seperti ini memberikan kesan artistik tersendiri bagi bangunan rumah anda. Terkecuali jika anda dapat memolesnya hingga benar-benar tampak unik.

Bambu dibelah menjadi dia lalu dipasang secara berlawanan. Untuk fungsi mengalirkan air, belahan bambu bagian dalam diposisikan menghadap ke atas. Dan untuk menutup celah di antara susunan bambu tersebut, menjadi tugas belahan bambu yang bagian dalamnya di hadapkan ke bawah. Dengan begitu atap dari bambu aman dari kebocoran air.

Seedbacklink affiliate

Membuat Pagar Bambu

Pagar dari besi sebenarnya lebih kuat jika dibandingkan dengan pagar dari kayu. Besi lebih tahan terhadap pergantian cuaca. Apabila pagar dibuat di luar rumah, maka bisa dipastikan bahwa pagar besi lebih kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan kayu.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Ide Membuat Kursi Dari Kayu Bekas
Desain Rumah Minimalis Tahun 2017

Namun, baik pagar besi maupun pagar kayu, harganya relatif mahal. Apalagi jika anda ingin memiliki pagar yang murah meriah namun unik, pagar besi tentu bukan pilihan.

Nah, selain dapat dibuat menjadi atap, ternyata bambu juga bisa difungsikan sebagai pagar. Pagar dari bambu harganya relatif murah dan tentu saja awet, jika anda tahu bagaimana merawatnya. Simak gambar di bawah ini: (Gambar Pinteres)

Seedbacklink affiliate

Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu

Susunan bambu yang tepat dengan memperhatikan besar kecilnya ukuran maka akan membentuk pagar yang unik dan tentu saja artistik. Bukan perkara remeh, rumah-rumah yang lebih mengedepankan kesan tradisional namun mewah lebih banyak memanfaatkan bambu sebagai bahan dasar perlengkapan interior. Tentu anda juga bisa mencobanya.

Membuat Ranjang bambu

Kenyamanan tidur sebenarnya tidak ditentukan oleh seberapa bagus ranjang yang anda tiduri, namun untuk menjaga sugesti positif menjelang dan sesudah bangun tidur, mungkin anda bisa memanfaatkan bambu sebagai ranjang.

Ranjang yang terbuat dari bambu tidaklah remeh, justru sangat bagus dan unik. Tidak percaya, simak gambar ini (Gambar Pinteres)

Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu

Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu

Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu

Bagaimana menurut Anda? Sangat memanjakan mata bukan?. Yups, ranjang tersebut terbuat dari bahan dasar bambu. Tidak perlu risau tentang kekuatannya, bambu sangatlah kuat. Anda hanya perlu memanggil pengrajin bambu untuk membuat ranjang bambu sesuai keinginan anda.

Seedbacklink affiliate

Membuat Hiasan Lampu Dari Bambu


Bosan dengan tampilan lampu rumah yang anda biarkan biasa saja? Mungkin anda perlu mencoba hiasan lampu dari bambu.

Bambu bisa digunakan sebagai hiasan lampu. Bahkan jika anda bisa membuat sendiri, anda tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk tukang. Cukup membeli Pernis untuk memberikan kesan mengkilap pada bambu supaya tampak lebih artistik. Gambar-gambar di bawah ini, mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda. (Gambar Pinteres).
Membuat Kreasi Unik Dari Bahan Bambu
Anda bisa menemukan berbagai macam contohb hiasan lampu yang terbuat dari bambu di google image atau pinteres. Oh ya, jika ingin membuat hiasan lampu dari bambu, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi ruang anda. Apakah sesuai jika hiasan lampu anda memakai bahan dari bambu. Carilah referensi supaya pekerjaan anda tidak sia-sia, karena tidak cocok.

Seedbacklink affiliate

Nah itu tadi beberapa contoh Ide Membuat Kreasi Bambu yang Unik dan Artistik yang bisa anda gunakan. Sebenarnya masih banyak lagi beberapa contoh furniture yang bisa dibuat dari bahan dasar bambu. Lain kali akan saya ulas lagi deh.

Share your love

Update Artikel

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel saya.

Tinggalkan Balasan