Skip to main content

follow us

Pengaruh ganti template blog. Rupa-rupanya, tawaran saya dalam artikel yang sudah saya tulis sebelumnya, mendapatkan tanggapan positif dari para pembaca blog mastrigus.com. Berhubung saya sudah berkomitmen untuk menjawab pertanyaan dalam bentuk artikel, maka kali ini saya akan membahas pertanyaan sobat melalui artikel ini.

Oh ya, jika kamu belum membaca tawaran saya pada sobat blogger semua, silakan membaca artikel ini: Ayo Request Artikel di Mastrigus.com. Dan setelah itu mengajukan pertanyaan sesuai dengan persoalan kamu. Bahkan persoalan hidupmu juga akan aku jawab, Geis. Hehehehehe.

MAS TRIGUS, SAYA BERTANYA?

Dari: Aji Triono (Seorang mahasiswa kimia UNY yang mencoba terjun ke dunia blogging untuk mengisi waktu luang sambil menghasilkan uang dari internet.)


Jadi inti dari pertanyaan Mas Aji tersebut, apakah mengganti template blog dapat mempengaruhi ranking blog di google search. Namun template yang mau diganti adalah dari template blog versi free ke template blog versi premium.

MAS TRIGUS MENJAWAB

#Mengganti Template Blog Berpengaruh Pada Ranking Blog

Pada dasarnya, perubahan yang kita lakukan pada blog memiliki tujuan mendasar, yaitu ingin tampil lebih baik lagi. Ini juga menyangkut pada tampilan blog, kecepatan blog, SEO dan juga keinginan dari si pembuat blog.

Menurut pengalaman pribadi, mengganti template blog sangat berpengaruh pada ranking yang juga langsung berimbas pada trafik. Saya tidak terlalu heran jika tiba-tiba trafik saya anjlok dikarenakan telah mengganti template.

Kenapa bisa begitu?
Ini berkaitan dengan struktur data (Schema Markup) blog yang berbeda dengan template sebelumnya yang akan memberikan tugas pada robot google untuk mengindeks ulang seluruh kode struktur yang diterapkan pada template tersebut.

Indeks blog oleh google yang baru berarti mengganti yang lama. Ia akan bekerja mengenali struktur blog yang baru dan menghapus struktur blog yang lama. Tentu ini butuh waktu relatif lama, dan dibalik itu semua, semisal ada artikel blog yang berada di pageone, maka bisa saja akan bergeser menjadi tidak ada atau bergeser di halaman 5. Karena kembali pada alasan di atas, robot google mengulangi proses indeks seperti pada saat kita baru membuat blog baru, meski tidak se-ekstrim sebelumnya.

Oh ya, pengaruh ranking blog pada yang disebabkan mengganti template tidak mesti selalu berdampak negatif, adakalanya malah berdampak positif yang ditandai dengan melonjaknya trafik dan ranking yang bagus. Itu jika kualitas SEO template yang baru jauh lebih baik ketimbang template lama. So ini hanya persoalan waktu.

#Mengganti Template Blog Tidak Berpengaruh Pada Ranking Blog

Pada poin 1, saya membahas terkait struktur data, itu adalah data terstruktur yang memungkinkan Google dan platform web lainnya untuk membaca situs web Anda secara otomatis dan mengambil data produk dari HTML secara langsung. Indeks robot google pada blog sangat terpengaruh dari struktur ini. 

Yang perlu diketahui bersama adalah, ternyata mengganti template blog yang memiliki struktur data yang sama tidak berpengaruh pada ranking dan trafik blog. Saya sudah mencobanya sendiri. Silakan membaca ulasan saya di sini: Study Kasus Cara Gampang Update Template Blogger dan Template Blog Kompi Flexible AMP yang Makin Keren.

Saya mengganti template dari Kompi Minimalis AMP ke Kompi Flexible AMP dan ternyata ranking artikel saya di google search tidak berubah, bahkan trafik blog saya cenderung tetap. Alasannya cukup mudah diterima, karena struktur data kedua template tersebut sama dan hanya beda dari sisi tampilan.

#Menjawab Kasus Mas Aji Triono

Mas Aji mengunakan template VioMagz, setahu saya, template tersebut dibuat oleh Mas Sugeng. Dalam artikel yang ditulis Mas Sugeng (https://sugeng.id/template-blogger-viomagz), template tersebut dibandrol dengan harga Rp. 150.000. Menurut saya itu harga yang murah untuk investasi blog.

Sayangnya di dalam artikel tersebut saya tidak menemukan template versi free alias gratisan. Yang menurut saya, Mas Sugeng hanya menyediakan yang versi premium. Terkait dengan beredarnya template VioMags versi free, saya yakin itu adalah template cloning yang tidak mendapatkan licensi (restu) dari si pembuat. Menurut saya, lebih baik membeli saja template tersebut untuk menghalalkan rejeki atas keikhlasan dari si pembuat.

Nah kembali ke topik pembahasan, Apakah ada pengaruh ranking jika mengubah template dari yang free ke premium? Maka saya yakin ada, dan pengaruhnya adalah positif. 

Melihat dari Schema Markup yang diterapkan pada template premium tersebut, jauh lebih baik dari versi cloning. Dan juga, si pembuat juga banyak melakukan update template menyesuaikan kebijakan baru google. Tentu ini dapat menambah value untuk blog Mas Aji.

Karena strukturnya hampir sama, maka perubahan yang terjadi pada sisi ranking negatif, saya rasa tidak terlalu berdampak. Jika ada perubahan, bisa saja itu karena persoalan lain. Nah untuk itu, saya merekomendasikan Mas Aji untuk menggantinya dengan versi premium.

Semoga artikel ini dapat dipahami dengan baik dan dapat menambah wawasan kita bersama. Jika ada yang salah dalam penyampaian atau ada analisa dari saya yang kurang tepat, mohon dimaafkan. Karena sejatinya, saya masih belajar. Terimakasih banyak sudah mengirimkan pertanyaan.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar