Skip to main content

follow us

Request Artikel - Sobat mastrigus.com yang semoga selalu dalam keadaan baik, tanpa terasa saya sudah menggeluti blog selama kurang lebih 6 tahun. Sejak 2012 lalu saya dengan tertatih-tatih belajar membuat blog hingga berupaya untuk bagaimana caranya bisa mendapatkan uang dari blog. Tentu ini bukan perjalanan mudah. Sebab, berangkat dari ketidaktahuan untuk menjadi tahu butuh banyak pengorbanan, misalkan korban waktu, pikiran, tenaga dan tentu juga uang.

Namun, menikmati hasil dari kerja keras tersebut, rasa-rasanya memang begitu memuaskan, terlebih saat ini saya mendapatkan banyak feedback dari para pembaca. Bagi saya ini menyenangkan, karena apalagi yang lebih menyenangkan dari kesan dan masukan dari pembaca yang diberikan kepada kita. Menyoal kesenangan hanya melulu pada penghasilan, ah itu mah cuma bonus doang dan bukan tujuan utama.

Ini juga penting bagi kalian para blogger yang baru saja memulai membangun blog. Jika pada awalnya kamu membangun blog karena niat mencari penghasilan, lebih baik ubah niat tersebut menjadi niat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Karena, seperti yang sering saya bilang di artikel-artikel sebelumnya, ketika harapan kamu untuk mendapatkan keuntungan tidak kunjung datang, maka asa bisa saja padam. Kamu tidak lagi semangat untuk terus membangun blog karena tidak seperti yang kamu harapkan.

Pengalaman Sebagai Blogger Pemula

Suatu ketika saya bertanya kepada salah satu teman yang kebetulan sudah lebih dulu memahami blog. Tentu pertanyaan saya seputar bagaimana membuat ini dan itu, pokoknya tidak jauh-jauh dari tema blog.

Setiap pertanyaan saya selalu dijawab dengan gamblang oleh si mastah tersebut, plus arahan-arahan yang mudah sekali untuk saya ikuti. Ini sangat bertolak belakang dari para sahabat blogger pemula yang mengatakan jika para mastah lebih sering memberikan kesan acuh ketika ditanyai oleh newbi.

Lantas sayapun menanyakan kepada teman tadi, perihal jawaban yang diberikan kepada saya dengan ringan tanpa beban. Lalu ia menjelaskan sesuatu yang cukup membuat saya sadar. Jadi begini ungkapnya:

"Bagi saya tidak menjadi masalah ketika seseorang yang baru belajar blog memberikan banyak pertanyaan pada saya, karena memang seharusnya begitu, ketika kita tidak paham, lebih baik bertanya pada yang memahami. Namun yang patut diperhatikan adalah, kebanyakan blogger newbi memiliki banyak pertanyaan terkait pengembangan blog, namun tidak satupun jawaban yang diterapkan. Mereka hanya memenuhi ambisi bertanya tanpa memiliki ambisi untuk mengimplementasikan. Ini adalah persoalan yang buruk. Dan kamu, termasuk orang yang tekun, kamu mempraktekan setiap jawaban yang kuberikan. Jadi sayapun senang".

Sobat-sobat Mas Trigus yang baik, ternyata jawaban dari teman saya tersebut, membuat saya lebih dewasa untuk berpikir. Bahwa sejatinya jika kita bertanya, dan mendapatkan jawaban, maka harusnya di praktekkan, bukan malah menambahinya dengan pertanyaan baru yang justru menjebak kita untuk malas mempelajarinya.

Dan ternyata, dari teman-teman blogger lain yang sudah sukses membangun blog, mengalami hal yang saya, mereka terlalu sibuk menjawab pertanyaan para pemula untuk menghindari tuduhan sombong yang sering dilontarkan oleh mereka ketika tidak kunjung mendapatkan jawaban.

So untuk itu, mari kita bijak bertanya sesuatu yang memang kita butuhkan.

Request Artikel di Mastrigus.com

Untuk pertama kalinya, saya membuka kesempatan kepada seluruh pembaca blog mastrigus.com untuk mengirimkan pertanyaan tentang apa saja, yang selanjutnya akan saya buat menjadi sebuah artikel. 

Tentu pertanyaan yang diberikan haruslah memiliki subtansi terkait persoalan yang anda hadapi, serta mudah untuk dipahami, supaya saya lebih baik dalam memberikan jawaban. Anda boleh curhat, curhatan anda akan saya jawab dengan sebuah artikel. 

Lalu bagaimana cara mengirim pertanyaan?

Silakan kirim melalui email saya: mastrigus@gmail.com dengan subyek: "Mas Trigus, saya ingin bertanya". Email yang kamu kirimkan akan saya jawab dengan sebuah artikel.

Mungkin ini adalah cara yang bisa saling mendekatkan kita, selamat mencoba.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar