Skip to main content

follow us

Untuk urusan tampilan blog, saya tidak mau kompromi, ia harus baik dan menarik, itu menurut saya. baik di sini adalah, blog tidak banyak error dan tentunya sudah lolos nilai dari penilaian google light house dan menarik yang saya maksud adalah, template haruslah membuat blogger lain ngiler, hehehe.

Bukan omong kosong, Geis. Sudah ada puluhan blogger yang menghubungi saya dan mengutarakan maksudnya untuk membeli atau meminta free template yang saya pakai. Tapi bukan berarti saya pelit, karena template ini hasil saya beli yang kudu patuh terhadap lisensi dari si pembuat template, jadinya ya tidak boleh diduplicate. Semoga kalian mengerti.

Pertama membeli template premium, saya memakai template Kompi Flexible dari Kompi Ajaib. Template ini saya gunakan selama 2 tahun, hingga akhirnya kepincut dengan template buatan Adhy Suryadi (Kompi Ajaib) bernama Template Kompi Minimalis. Waktu itu saya memutuskan untuk menggantinya karena saya pikir butuh pembaruan tampilan.

Ketika AMP sudah mulai menjadi trend tersendiri bagi blogger, akhirnya si pembuat template memutuskan untuk membuat juga yang versi AMP, dulu Kompi Flexible masih support HTML 5, seperti yang dipakai Mas Timon, itu adalah template hasil kloning dari template yang sudah tidak saya pakai.

Berhubung saya lihat template Kompi Flexible pasca update AMP menjadi lebih bagus dari Kompi Minimalis (dari sisi tampilan) maka saya memutuskan lagi untuk menggunakan Kompi Flexible. Oh ya, ganti mengganti template ini ada efeknya loh, jadi jika kamu ingin mengikuti jalan ninjaku ini, pikirkan dahulu efek yang akan kamu hadapi.

TEMPLATE KOMPI FLEXIBLE (TKF) MAKIN KEREN

Saya adalah salah satu manusia pemuja kesederhanaan, jadi keren yang saya maksud di sini adalah,TKF memakai kode AMP HTML yang disederhanakan oleh si pembuatnya. Misalnya, kode-kode CSS di kumpulkan jadi satu dan diberi nama sendiri-sendiri.

Ini sangat memudahkan bagi kita jika ingin melakukan editing pada kode. Bagi para pemula, justru inilah yang paling membuat mudah. Kita bisa belajar mengamati kumpulan kode dan menganalisa keterkaitan antara satu kode dengan kode lainnya.

Kerennya lagi adalah, TKF memiliki dua mode tampilan, jika ia dibuka di browser dekstop ia akan terbuka sebagai HTML 5 tapi valid AMP HTML dan jika dia dibuka di browser handphone, maka ia otomatis menjadi AMP. Kenapa bisa begitu? Silakan cari tahu sendiri. Ini sangat mirip dengan model AMPnya di Wordpress.

Ingin tahu apa saja kelebihan update template ini silakan ikuti tautan ini: Template Kompi Flexible. Dan akhirnya, semoga template ini betah menemani saya terus dan tidak pernah membosankan.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar