Skip to main content

follow us

Warga sekitar Desa Blaban Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan pernah dibuat heboh dengan penemuan sebuah gua yang secara tidak di sengaja, warga setempat yang hendak membuat sumur ketika kedalaman galian mencapai kurang lebih 6 meter mereka menemukan adanya sebuah gua yang cukup luas dengan diameter kurang lebih 50 meter persegi.

Awalnya warga mengira bahwa di dalam gua tersebut terdapat banyak sekali bongkahan batu akik, karena di dalam gua tersebut banyak bongkahan batu yang sangat indah dan cantik, namun setelah di telusuri lebih lanjut yang terdapat di dalam gua blaban bukanlah bongkahan batu akik melainkan stalaktit dan stalagmit.

Di dalam gua ada sangat banyak stalaktit dan stalagmit yang terbentuknya kemungkinan butuh waktu bertahun tahun, warna putih stalgtit dan stalakmitnya memang sangat indah, mungkin hal itulah yang membuat para warga sekitar mengira itu adalah bongkahan batu akik ditambah lagi ketika batu tersebut terkena sinar atau cahaya yang membuatnya terlihat berkilau.

Pada awal-awal gua blaban ini ditemukan tidaklah diperuntukkan bagi umum karena di khawatirkan di dalam gua terdapat gas berbahaya bagi manusia dan juga selain itu untuk menghindari pengrusakan di dalam area gua karena tak bisa di pungkiri sejak awal penemuan gua ini antusias dan rasa penasaran masyarakat sekitar sangatlah tinggi, namun kabar gembiranya adalah sekarang sudah di buka untuk umum dan sudah menjadi salah satu objek wisata baru di Pamekasan.

Pesona keindahan yang ada di gua blaban ini memang tiada duanya dan sangat jarang kita temukan karena merupakan murni karunia tuhan yang maha esa yang sudah sepatutnya kita jaga dan pelihara. Bagi anda sedang berkunjung ke Madura khususnya Kabupaten Pamekasan sudah seharusnya anda mengunjungi tempat ini, karena tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di madura yang sangat layak untuk dikunjungi dan dan mengisi liburan anda.

Untuk bisa menikmati pemandangan indah yang ada di dalam gua anda cukup mengeluarkan uang dengan membayar uang masuk sebesar Rp 20.000,- untuk jumlah uang segitu tidaklah seberapa jika kalian sudah berada di dalam gua blaban ini, semua akan terbayar ketika melihat pemandangan yang sangat menakjubkan, akan tetapi bagi kalian yang punya penyakit asma atau sesak nafas sebaiknya jangan terlalu berlama-lama di dalam karena udara di dalam gua sedikit pengap dan juga suhunya cukup hangat dikerenakan sangat minimnya pentilasi udara.

Ketika hendak memasuki mulut gua sebaiknya membuka alas kaki saja mengingat kondisi di dalam gua yang lembab dan air yang menetes secara terus menerus sehingga permukaan didalamnya menjadi licin.

BACA JUGA: Goa Terpanjang Se-Asia Tenggara
Gua Blaban terletak daerah pesisir utara pulau madura, untuk menuju lokasi Gua Blaban dari arah surabaya katika sudah sampai ujung utara suramadu, belok kanan dan ambil arah ketapang kota sampang menuju jalur pantai utara, selanjutnya setelah sampai di pertigaan pasar ketapang belok kanan (ambil arah jalur ke timur), setelah anda sampai dan melewati Kecamatan Sokobanah anda akan segera memasuki Kecamatan Batumarmar, setelah anda sampai di pertigaan Kecamatan Batumarmar Kab. Pamekasan anda belok kanan atau ambil jalur yang arah ke selatan dengan menempuh jarak kurang lebih 1 KM nantinya anda akan menemukan gang ke arah barat untuk menuju ke lokasi gua atau kalau merasa bingung bisa bertanya kepada warga sekitar.

Kalau petunjuk di atas agak sedikit membuat pusing sebenarnya ada cara yang lebih gampang untuk menuju lokasi gua blaban, anda tinggal mengetikkan “Gua Blaban Pamekasan “ di kolom pencarian aplikasi google maps yang ada di smartphone anda karena peta lokasi gua blaban sudah ditandai di google maps, kemudian kamu tinggal ikuti pentunjuknya.

Oke, itulah sedikit ulasan dari saya mengenai wisata baru di pemekasan (gua blaban) semoga bermanfaat.

Disclaimer:
Artikel ini dibuat oleh Cak Iyan (penulis tamu). Segala materi yang ada di dalamnya bukan tanggung jawab mastrigus.com. Ingin menjadi penulis tamu di blog ini? Silakan kirim artikel melalui email mastrigus@gmail.com

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar