Skip to main content

follow us

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan istilah SEO merupakan kiat-kiat pengoptimalan blog pada mesin telusur Google Search yang bertujuan untuk memaksimalkan peringkat blog di hasil pencarian. SEO merupakan ilmu yang hingga saat ini banyak diminati oleh para blogger.

Semua blogger ingin agar satu atau dua artikelnya bahkan semua artikelnya berada pada posisi pertama. Istilah ini sering disebut dengan page one atau pejwan (dalam bahasa gaul ala kaskus). Namun yang perlu diperhatikan bahwa, berada di halaman pertama, bukanlah kunci kesuksesan dalam menerapkan SEO, kendati itu juga penting.

Perhatikan contoh kasus ini: "Ketika seseorang mencari konten di Google Search dengan mengetik kata kunci "Desain Kalender 2019 Gratis" google menampilkan artikel yang telah anda buat, di halaman pertama, lantas orang tersebut membuka artikel yang telah anda buat.

Namun ternyata, anda tidak benar-benar menyuguhkan konten desain kalender 2019 secara gratis, kenyataannya adalah anda menjual desain kalender tersebut dan hanya memberikan hasil screenshotnya saja.

Kira-kira apa yang akan dilakukan oleh orang tersebut? Jika posisi tersebut ada pada anda, mungkin anda akan segera pergi dari situs tersebut dan menandainya sebagai situs yang abal-abal, bahkan tidak bertanggung jawab.

Kasus seperti di atas banyak bertebaran di dunia maya, para blogger yang belum memahami untuk apa blog difungsikan lebih sering tergiur dengan sesuatu yang instan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah, SEO tidak hanya berkaitan dengan posisi pertama, melainkan juga memperhatikan sisi kegunaan, bermanfaat, meninggalkan kesan positif pada pembaca dan juga bukan sesuatu yang akal-akalan.

Saya sering menyaksikan beberapa blog ramai dikunjungi orang-orang dan setelah itu benar-benar tenggelam dan ditinggalkan, beberapa blog memakai teknik negatif dan beberapa lagi memang memakai teknik positif standar Google. Kamu bisa membaca kiat-kiat meningkatkan SEO melalui artikel yang dibuat oleh Google.

ARTIKEL PANDUAN SEO
Panduan Memulai Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)
Blogger Putih VS Blogger Hitam

Sebenarnya, menurut para pakar, SEO memiliki dua kategori, yaitu SEO of Page dan SEO on Page, tentu anda bisa mempelajarinya sendiri dengan cara mencari kata kunci tersebut di pencarian google.  Alasan lain adalah, supaya artikel ini lebih ringkas.

Dalam artikel kali ini, saya lebih fokus untuk membahas cara untuk cek skor SEO on Page yang telah diterapkan di blog kita

Cara Cek Skor SEO Blog

Kabar baiknya adalah, google telah membuat sebuah tool yang dapat dipakai untuk menilai skor SEO on page pada template. Tool ini gratis dan sangat mudah dipakai, saya sudah beberapa kali menerapkannya untuk mengetahu berapa skor SEO template blog.

Nama tools ini adalah Google Lighthouse, bisa didapat dengan cara memasang add on melalui link ini: Lighthouse. Silakan memakai browser Google Chrome untuk memakai add on ini.

Selain itu kita juga bisa memakai fasilitas yang telah disediakan di Google Chrome versi terbaru. Ikuti cara ini untuk bisa memunculkan lighthouse:
  1. Buka alamat blog kamu, setelah itu
  2. Klik kanan pada posisi kosong, lalu pilih Inspeksi (Ctrl + Shift + i)
  3. Lalu pilih audit
Mungkin gambar ini akan mempermudah pemahaman anda:




KETERAGAN:
  1. Kolom merah No. 1 menunjukkan menu inspect pada audit (posisi fasilitas lighthouse).
  2. Kolom merah No. 2 menunjukkan versi audit, jika kamu ingin cek SEO blog pada tampilan mobile, silakan pilih mobile, dan jika ingin mengaudit tampilan versi komputer pilihlah Dekstop.
  3. Kolom merah No. 3 adalah menu pilihan yang menunjukkan pilihan apa saja audit yang anda kehendaki. Ada beberapa pilihan audit seperti: audit performance, audit progressive web app, audit best practices, audit accessibility dan audit SEO.
  4. Kolom merah No 4. Menunjukkan tombol start untuk memulai audit.
Tunggu hingga proses audit selesai, ini membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah audit selesai, lighthouse akan menampilkan skor blog kamu beserta catatan persoalan. Penerapan kode yang sesuai dengan kebijakan google akan ditandai centang warna hijau, dan yang belum lulus ditandai dengan tanda seru dalam bingkai segitiga berwarna merah.

Hasil audit blog mastrigus.com menunjukkan skor seperti ini:


Artinya, menurut penilaian Google Lighthouse, SEO on Page mastrigus.com sudah mencapai skor maksimum, yaitu 100. Baik untuk tampilan mobile dan tampilan dekstop. 

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk bisa mencapai skor maksimum, yang pasti itu bukan pekerjaan mudah dan tidak cocok bagi mereka yang hanya menginginkan instan, kecuali kita mengeluarkan modal (uang) untuk membeli template SEO 100%. Saya rasa itu cara instan yang baik lagi bermartabat dari pada mencuri template.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar