Skip to main content

follow us

Kompres Gambar - Gambar berekstensi PNG merupakan salah satu gambar yang harus ada di blog. Semisal untuk diterapkan pada logo blog. Karena dengan PNG kita bisa membuat gambar yang memiliki background transparan. Sehingga bisa lebih mempercantik tampilan blog.

Namun, berbicara masalah optimasi blog, supaya mendapatkan predikat bagus di mata Google, kita tidak hanya berpikir masalah kecantikan blog. Namun juga harus memperhatikan hal lain.

Misalnya saja terkait kecepatan blog. Di perkembangan update algoritma Google terbaru ini, nyata-nyata Google lebih mengutamakan pengalaman pengguna mobile ketimbang dekstop. Namun juga tidak menegasikan para pengguna dekstop.

Maka kecepatan adalah kunci utama blog, selain konten. Blog yang cepat dan mudah dinavigasi ternyata sangat disukai pembaca sekaligus menjadi perhatian Google.

Gambar PNG, relatif memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan JPG atau JPEG. Namun untuk sisi kualitas, PNG lebih menang banyak. Maka untuk bisa tetap memakai gambar PNG di blog namun tetap memiliki ukuran yang ramping, kita bisa melakukan kompres ukuran PNG supaya menjadi lebih kecil lagi tanpa menghilangkan kualitasnya.


Coba bandingkan sendiri kedua ukuran gambar logo PNG di atas, kedua gambar memiliki rasio yang sama yaitu 154 x 37 pixel. Gambar yang di atas adalah gambar yang belum saya kompres, sedangkan gambar di bawah sudah saya kompres.

Meski kedua gambar memiliki ukuran rasio sama, namun untuk ukuran file, gambar yang di bawah memiliki ukuran yang lebih kecil. Karena saya sudah mengkompresnya.

Cara Kompres Gambar PNG

Untuk dapat mengecilkan ukuran gambar berkekstensi apapun, sebenarnya kita bisa memakai aplikasi macam-macam aplikasi. Mungkin kamu tertarik untuk membaca ulasan saya di artikel yang telah saya buat sebelumnya:
Cara-cara di atas merupakan cara yang membutuhkan teknik tertentu, artinya, jika kita ingin secara cepat mengecilkan gambar PNG, aplikasi tersebut menurut saya bukan pilihan yang tepat. Karena masih ada cara yang lebih cepat lagi.

Kita dapat mengecilkan ukuran gambar PNG dengan memanfaatkan situs online, yaitu KOMPRES PNG. Silakan akses alamat ini untuk memanfaatkannya: https://compresspng.com/id/. di sana kita dapat mengecilkan 20 gambar PNG sekaligus.

Untuk caranya, saya rasa tidak perlu menuliskannya di sini, karena hanya tinggal membuka situs, lalu pilih file yang akan di kompres (dengan cara open atau drag). Tanpa diperintah, situs tersebut langsung akan bekerja. Jika sudah selesai silakan download gambar tersebut. Nanti kamu akan mendapati file gambar PNG di dalam folder ZIP. Ekstrak dan gunakan gambar tersebut.

Oh ya, selain itu kamu juga bisa melakukan manipulasi gambar, melalui alamat-alamat di bawah ini:
  • Kompres JPG: https://compressjpeg.com/id/
  • Convert PNG to JPG: https://png2jpg.com/
  • Convert JPG to PNG: https://jpg2png.com/
  • Convert SVG to PNG: https://svgtopng.com/
Selamat mencoba, Geis.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar