Skip to main content

follow us

Menghitung Jumlah Pengunjung Blog Real Time - Sebenarnya, ada banyak sekali ekstensi, widget, plugin gratis yang bisa dipakai di blog untuk menampilkan pengunjung real time seperti Histat, namun menurut saya, setelah menggunakan alat tersebut, rasanya kurang puas karena tidak menampilkan pengunjung secara realtime dan sesuai fakta. Dan akhirnya saya lebih memilih menggunakan Google Analytics (GA).

Google Analytics VS Histats

Kenapa Google Analytics? Ini persoalan kepercayaan saja, GA adalah buatan google, salah satu alat yang bisa dipakai untuk menghitung total pengunjung mulai dari detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun. Bagusnya lagi, kita bisa mengetahui jumlah pengunjung blog realtime (yang saat ini sedang membuka).

Terlebih lagi, jika saya bandingkan dengan alat penghitung trafik blog lainnya, GA lebih jujur dan sesuai fakta. Misalnya dalam satu waktu, saya menggunakan kedua alat ini dalam satu blog, dan mencoba membandingkan hasilnya. Ternyata, hitungan yang dihasilkan kedua alat tersebut tidak sama. Hasil di GA lebih kecil dari pada hasil di Histats.

Artikel Menarik Lain: 
Cara Membersihkan Iklan Mengganggu di Browser Mozilla dan Chrome

Saya pun melakukan pengujian kepada kedua alat ini dengan trafik palsu, hasilnya, GA tidak membaca trafik tersebut, sedangkan histats mencatatnya sebagai trafik asli. Sampai di sini saya lebih nyaman menggunakan GA karena bersifat jujur dalam menampilkan trafik.

Similar Tech melakukan komparasi antara GA dengan Histats, hasilnya bisa kalian lihat sendiri pada gambar di bawah ini:


Tapi yang perlu kalian perhatikan bahwa, untuk masalah penggunaan widget traffic counter ini, sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ini tidak berpengaruh apa-apa pada ranking blog. Jadi silakan menggunakan salah satu dari keduanya.

Menghitung Jumlah Pengunjung Blog Real Time

Yang dimaksud dengan realtime di sini adalah, kita bisa menghitung berapa jumlah pengunjung kita dalam satu waktu, misalnya di detik ini. GA akan menghitung pengunjung blog dan menyampaikannya ke kita secara realtime.

Pengunjung datang pengunjung pergi, detik ini juga bisa kita ketahui melalui  dashboard laporan Google Analytic. Silakan dibuka sendiri dan pilih menu realtime. Namun sebelum kamu memakainya, terlebih dahulu harus mendaftarkan akun dan blog kamu, sekaligus memasang script di blog. Saya rasa kamu sudah paham akan hal ini.

Lantas pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui jumlah pengunjung realtime langsung pada blog. Misalnya kita buka homepage blog, lantas langsung keluar penghitung dari GA. Itu mudah sekali. Untuk gambaran, silakan tengok gambar di bawah ini:


Dalam gambar di atas kita bisa melihat jumlah pengunjung blog secara realtime langsung pada homepage blog, tanpa harus membuka dashboard blog. Ini sangat menarik karena hanya kita sendiri yang tahu. 

Lalu bagaimana cara memasangnya? Apakah sulit? 

Jawabnya tidak sulit, bahkan ini sangat mudah karena kita hanya memasang pluggin di browser google chrome, bukan pada blog langsung sehingga ini tidak menambah beban loading pada blog. Ingin tahu caranya, simak petunjuknya di bawah ini.

Cara Memasang Plugin Google Analytics

Ikuti step by step petunjuk ini:
  1. Ini bisa dipasang di browser google chrome, jadi saya sarankan kalian sudah memiliki browser tersebut dan sedang menggunakannya.
  2. Pasang plugin google analytics. Silakan ikuti link ini untuk memasangnya: Ekstensi Page Analytics (by Google)
  3. Pasang dan aktifkan. Akan ada tombol GA di browser kamu tepat di pojok kanan atas (warna orange), untuk menggunakannya silakan tautkan dengan akun GA kamu.
  4. Untuk menggunakannya, kamu tinggal menekan tombol ON/OFF.
Tidak hanya itu saja, ekstensi ini juga bisa melihat interaksi pengujung pada blog kita. Ia akan menampilkan mana saja artikel yang paling banyak di klik, tombol apa yang paling banyak di klik, menampilkan bounce rate dan laporan lain yang sumber penilaiannya dari para pengunjung yang datang ke blog kita.

So, dengan laporan ini, kita bisa melihat bagaimana blog kita digunakan oleh para pengunjung serta mengetahui, apa saja yang paling banyak menarik perhatian mereka dari blog kita. Selamat mencoba.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar