Skip to main content

follow us

Membuat gambar bisa dimana saja lo, tidak selalu di kertas, tidak selalu menggunakan pensil dan kuas, serta tidak melulu melukis di kanvas. Di era yang serba canggih ini, kita bisa melukis menggunakan komputer maupun gadget.

Untuk mengenalkan anak-anak kita pada komputer, dan supaya mereka dapat memakai komputer untuk tujuan positif, maka kita, sebagai orang tua, bisa mengajak mereka untuk aktif bermain komputer dengan baik. Salah satunya, sebagai dasar pengenalan mereka pada komputer, ajarilah anak-anak mewarnai gambar.

Pembelajaran komputer basic (dasar) pada anak, sebenarnya bagus, asalkan mereka tidak disodori komputer tanpa diarahkan lebih lanjut. Ingat ya, mereka masih butuh bimbingan orang tua. Jangan biarkan mereka mengembangkan rasa ingin tahu sehingga labil dalam menggunakan komputer.

Bapak Ibu, komputer atau gadget yang ada internetnya lebih berbahaya dari pada pisau, apabila tidak didampingi orang tua, mereka bisa terjerumus pada materi-materi yang mengandung unsur kekerasan, atau unsur negatif lainnya.

Manfaat Belajar Mewarnai di Komputer Pada Anak

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh anak dengan mengajari mereka mewarnai di komputer, yaitu:
  1. Mereka akan terbiasa menggerakkan mouse atau touchpad (perangkat keras)'
  2. Membantu mereka mengenali warna dan cara memadukan warna supaya tampak lebih bagus;
  3. Membantu mereka mengenali tool yang ada di komputer;
  4. Terbiasa memakai komputer sebagai alat bantu kerja.

Cara Mewarnai di Komputer untuk Anak

Terlebih dahulu silakan siapkan alat dan bahan di bawah ini
  1. Komputer normal. Anda bisa memakai komputer spesifikasi rendah dan terinstal windows, minimal windows 7.
  2. Aplikasi Mewarnai. Windows 7 dan generasi di atasnya, memiliki aplikasi bawaan windows bernama PAINT. Silakan buka dengan cara: Klik start - ketik "Paint" di kolom pencarian aplikasi - Buka
  3. Gambar Sketsa. Karena tugas kali ini hanya untuk mewarnai, bukan untuk membuat gambar dari awal, supaya mudah, kita bisa mencari sketsa gambar untuk anak di google search. Silakan klik link ini untuk melihatnya: Sketsa Gambar Anak. Tidak perlu di download, hanya pilih gambar lalu klik kanan dan klik copy image.

Cara Mewarnai di Komputer

Pertama, silakan buka aplikasi Paint hingga tampak seperti ini


Untuk pemula. kita hanya butuh tool cat (mewarnai sekali klik) dan pengatur warna saja. Setelah itu silakan masukkan gambar yang akan diwarnai. Saya harap anda sudah mengambil dari link yang saya berikan.



Ajari anak anda untuk melakukan ini: Klik icon Cat - pada Color 1 silakan pilih warna - kemudian klik pada bidang yang ingin diwarnai. Trust me, ini sangat simpel.

Ulangi cara tersebut hingga semua bidang mendapatkan warna. Ingat ya, pilih warna dan klik pada bidang yang ingin diwarnai.

Saya berikan contoh hasil mewarnai gambar di atas. Jadinya seperti ini:


Nah mudah bukan? Saya mengajarkan cara ini kepada anak saya, hingga ia dapat menggerakkan mouse atau touchpad sesuai keinginan tanpa harus saya suruh untuk belajar cara menggunakannya. Karena belum tentu ia mau mempelajari fungsi mouse jika secara langsung.

Silakan praktik di rumah, semoga berhasil Mengajari Anak Mewarnai Gambar di Komputer dengan mudah. 

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar