Skip to main content

follow us

Anda mungkin pernah berfikir dan penasaran apa saja tombol kombinasi rahasia pada keyboard komputer. Atau anda memang tidak pernah memikirkan hal tersebut karena tidak terlalu penting bagi anda.

Tapi tenang saja, antara yang penasaran dan tidak penasaran akan mendapatkan pencerahan setelah membaca artikel ini, sebab di sini saya akan memberikan tips 12 tombol kombinasi keyboard yang ada pada setiap komputer yang jarang diketahui orang.

Anda bisa menggunakan trik ini untuk membuat pekerjaan anda lebih cepat dengan pintasan-pintasan yang ada. Pastinya akan lebih lengkap jika komputer anda juga dipercepat, di bawah ini saya sudah siapkan tips untuk mempercepat komputer.

Baca Juga : Cara Lengkap Mempercepat Komputer

Lihat saja para pengguna komputer yang sudah handal, mereka jarang sekali menggunakan mouse. Yang mereka gunakan kebanyakan yaitu keyboard, dan tentunya mereka menggunakan banyak kombinasi pada tombol keyboard. Maka jangan heran jika anda melihat ada orang yang bisa mengetik sangat cepat dan melakukan pekerjaan seperti kilat. Seperti kilat JNE, hehe… Enggak saya bercanda, kilat JNE kan biasanya 1 hari, kalau tips ini jauh lebih cepat dibandingkan JNE tadi.

12 Tombol Kombinasi Rahasia pada Keyboard yang Jarang Diketahui

Tombol Pintas Keyboard Windows 10

1. Windows + A
Ini akan membuka notifikasi/Action Center yang ada pada sebelah kanan pada windows 10. Sekarang Anda tidak perlu menggunakan mouse untuk memindahkan kursor pada bilah pemberitahuan untuk mengakses pengaturan, melihat pemberitahuan, dan lain-lain. Jika Anda melihat banyak pemberitahuan, maka gunakan saja tombol kombinasi ini.

2. Windows + B
Kombinasi ini akan memilih ikon pada area notifikasi di pojok kanan bawah dan kemudian Anda dapat beralih antara ikon menggunakan tombol panah. Ini adalah salah satu cara pintas terbaik yang akan memudahkan pekerjaan untuk mengakses kontrol WiFi, kontrol volume, memeriksa status baterai, melihat tanggal dan waktu cukup melalui keyboard Anda.

3. Windows + D
Pernahkah anda kepergok bermain game saat bekerja? Saat sedang asik bermain game tiba-tiba seseorang datang dari belakang dan melihat anda bermain game? Sungguh memalukan jika terjadi seperti itu. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa gunakan tips ini, yaitu menekan tombol windows+D agar komputer kita langsung menampilkan desktop.

4. Windows + Ctrl + F
Ini akan membuka jendela untuk menemukan komputer, jika Anda adalah orang yang memiliki lebih dari 1 akun pengguna di PC Anda maka ini akan sangat membantu.

5. Windows + G
Ini akan membuka game bar pada Windows 10, di situ anda dapat melakukan pengaturan agar profil komputer khusus untuk game. Jadi sekarang Anda dapat mulai bermain dengan cepat. Selain itu kita juga bisa merekam layer atau melakukan live streaming.

6. Windows + P
Jika anda menghubungkan komputer ke LCD Projector atau menggunakan 2 monitor, maka kombinasi tombol keyboard ini akan langsung menampilkan pengaturan tersebut, anda bisa langsung mengaturnya hanya dengan menekan tombol kombinasi ini.

7. Windows + Q
Ingin mencari sesuatu dengan sangat cepat? Gunakan kombinasi ini, otomatis akan membuka bilah pencarian untuk sehingga anda dapat mencari dengan mudah.

8. Windows + R
Jika Anda ingin menjalankan beberapa aplikasi, maka Anda dapat membuka kotak dialog run dengan menggunakan tombol pintas ini. Anda juga bisa memanfaatkan jendela run untuk keperluan lain, mengedit registry misalnya.

9. Windows + T
Anda dapat berganti aplikasi pada task-bar, dan mengaksesnya menggunakan tombol kombinasi ini kemudian menggesernya dengan menggunakan tombol panah seperti yang Anda lakukan pada nomor 2.

10. Ctrl + Shift + Esc
Jika PC Anda mulai hang atau beberapa aplikasi macet maka anda harus membuka task manager untuk menghentikan paksa aplikasi tersebut. Masalahnya, terkadang untuk membuka task manager pun juga lambat. Untuk itu, tombol kombinasi ini perlu kalian gunakan pada saat mendesak.

11. Windows + Tombol Panah Atas/Panah Bawah/Kanan/Kiri
Jika Anda terlalu malas untuk memperbesar jendela yang sedang aktif pada komputer, memperkecil jendela, meminimize, menggeser ke kanan atau ke kiri layar maka anda dapat menggunakan tombol kombinasi ini agar lebih cepat.

12. Windows + E
Untuk membuka file, biasanya anda harus mencari dan klik ikon folder. Hal itu akan terlalu lama jika kita sedang terburu-buru. Untuk mempercepat kita hanya perlu menekan tombol windows+E pada keyboard kita.

Bonus, Gan :

13. Alt+TAB
Ini adalah tombol kombinasi andalan saya untuk berpindah aplikasi/jendela. Pasalnya saya sering membuka banyak sekali aplikasi, browser, dokumen atau yang lainnya. Untuk berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain sungguh tidak mungkin bagi saya melakukannya menggunakan tombol mouse, maka jika anda juga seperti saya silahkan gunakan tombol pintas ini untuk berpindah aplikasi.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar