Skip to main content

follow us

Pertanyaan:
Mas Trigus, bagaimana cara mengecilkan ukuran file PDF?

Jawaban:
Caranya gampang sekali. Ada dua cara mengecilkan ukuran file PDF, yaitu cara offline (nggak pakai internet) dan online (pakai intenet). Jika ingin cara simple tanpa ribet, silakan pakai cara online. Tapi kalau kamu sedang kismis kuota internet, silakan pakai tool offline.

Eh, by the way apa kamu sudah bisa membuat file PDF dengan sangat simple? Kalau belum, silakan baca-baca artikel keren Mas Trigus:
Cara di atas adalah cara paling simple yang pernah saya coba, jadi jika belum tahu cara mengubah file microsoft word, excel, kamu bisa belajar langsung dari artikel tersebut.

Oke sekarang kepembahasan penting, bagaimana cara mengecilkan ukuran (kompres) file PDF. Saya akan jelaskan satu-persatu.

Kompres PDF Secara Online

Cara ini sudah saya coba, hasilnya adalah, tool ini dapat mengecilkan ukuran file PDF hingga 50%. Nggak percaya? Silakan buktikan sendiri. Nah ini caranya:
  1. Buka alamat web ini https://smallpdf.com/compress-pdf
  2. Pilih file PDF yang akan dikecilkan, lalu ok.
  3. Web otomatis pengupload data anda dan langsung bekerja
  4. Setelah itu unduh. Selesai
CATATAN:
Sayangnya, pemilik situs telah membatasi jumlah kompres file PDF. Dalam satu jam, user hanya diperbolehkan 2 kali. Jika ingin lebih, user harus berlangganan dengan membayar terlebih dahulu.


Selain alamat situs di atas, kita juga bisa memakai situs ini untuk mengecilkan ukuran file PDF: https://pdfcompressor.com/id/. Situs ini mengclaim bisa mengompres file PDF tanpa mengubah DPI, sehingga menjaga dokumen Anda tetap bagus saat dicetak maupun di zoom.

Kompres PDF Secara Offline

Nah, berbeda dengan cara kompres file PDF secara online, cara yang kedua ini lebih hemat biaya. Karena kita tidak membutuhkan akses internet. Cuma kita harus mendownloadnya terlebih dahulu dan itu membutuhkan akses internet.

Oke, tool yang bisa kita pakai ada beberapa, silakan pilih sendiri. Semuanya bagus.

1. Kompres PDF dengan Reduce PDF Size

Dapatkan aplikasinya melalui link ini: Download Reduce PDF Size. Caranya memakainya cukup simple, yaitu:
  1. Tambahkan file PDF " to add your PDF files;
  2. Pilih menu "File"dan pilih "Reduce PDF File Size" ke folder penyimpanan. Dan aplikasi akan bekerja secara otomatis. Selesai.

2. Kompres PDF dengan Free PDF Compressor

Dapatkan asplikasi gratisnya di link ini: Download Free PDF Compressor. Lalu ikuti cara memakainya:
  1. Pilih file PDF yang akan di kecilkan ukurannya
  2. Tentukan lokasi penyimpanan
  3. Pilih type PDF (dibiarkan saja tidak apa-apa)
  4. Setelah itu tekan comppres. Selesai

3. Kompres PDF dengan ORPALIS PDF Reducer

Aplikasi ini menjadi pilihan bagus saat kita ingin mengkompres file PDF banyak sekaligus. Artinya, keistimewaan Orpalis adalah mampu bekerja multitasking. Tidak hanya mengecilkan gambar satu persatu  namun bisa banyak sekaligus.

Nah silakan unduh file instalasinya melalui link ini: Download Orpalis PDF Reducer. Pilih yang free untuk mendapatkan aplikasi secara gratis.

Nah, Geis. Jadi tidak  perlu bingung. Selalu ada jalan keluar, semoga artikel saya ini bermanfaaat. Jika pun tidak bermanfaat juga tidak apa-apa. Yang penting kalian sudah berkunjung ke blog saya. Salam dari Mas Trigus.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar