Skip to main content

follow us

Selain kulit berminyak, masalah yang sering dialami pada wajah sebagian besar orang adalah kulit kering. Dari kulit kering ini juga muncul masalah lainnya yang cukup merepotkan. Kulit yang kering, kusam dan bersisik juga menjadi masalah banyak orang. Apalagi jika muncul kerutan-kerutan halus pada wajah terkadang akan terasa begitu gatal. Oleh karena itu, kita akan membahas cara mengatasi kulit kering pada wajah dengan benar dan aman.

Sebenarnya, apa saja ciri bahwa kulit wajah menjadi kering? Ada beberapa ciri bahwa kulit wajah Anda kering, yaitu di antaranya adalah kulit wajah menjadi kasar, kusam dan sedikit berbisik. Kondisi ini tentu saja akan mengganggu penampilan Anda. Selain itu, biasanya juga terdapat ciri seperti pori-pori kulit sangat kecil hingga hampir membuatnya tidak terlihat, banyaknya garis-garis halus atau kerutan pada wajah yang sangat tipis, kulit wajah terus saja terkelupas karena misalnya saja menggunakan sabun pembersih wajah yang tidak cocok, kulit terasa gatal karena iritasi dan terdapat bercak warna merah dan radang pada kulit wajah dalam jumlah yang banyak.

Akan terasa sangat mengganggu jika Anda mengalami hal yang tersebutkan di atas itu. lalu, bagaimana untuk mengatasinya? Sebenarnya, untuk mengatasi semua permasalahan kulit wajah yang kering tidaklah terlalu sulit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan secara efektif, efisien, ampuh, alami benar dan aman. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips atau cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit kering pada wajah Anda secara alami, baik dan benar.
  1. Menghindari pemakaian sabun yang berupa seperti berikut ini:
    • Sabun mengandung terlalu banyak busa atau detergen
    • Sabun yang sifatnya keras. Misalnya saja adalah sabun sulfur dan atau sabun antiseptik
    • Sabun mengandung alkohol, pewangi atau parfum buatan, pewarna dan juga pengawet.
    • Dari semua jenis sabun tersebut bisa menyebabkan kulit wajah Anda menjadi semakin kering. Ini karena pada sabun tersebut terdapat kandungan yang dapat membuat minyak alami pada wajah terkikis. Sehingga sabun-sabun tersebut akan berbahaya. Apalagi untuk sabun yang mengandung detergen dapat membuat kulit Anda iritasi. Jadi, hindari penggunaan sabun-sabun tersebut.
  2. Saat Anda akan mencuci atau membasuh wajah, akan lebih baik jika Anda menggunakan air hangat. Langkah ini ditujukan untuk merangsang kulit wajah agar bisa memproduksi minyak alaminya.
  3. Anda perlu untuk melindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari berlebih. Sinar matahari yang panas tentunya akan bisa menyebabkan bagian terluar dari kulit mengalami kerusakan atau kekeringan.
  4. Usahakan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak. Misalnya saja adalah ikan, kenari dan makanan yang banyak terkandung di dalamnya omega 3 dan 6. Kandungan tersebut dapat membantu kulit untuk mendapatkan nutrisi dalam melembabkan kulit.
  5. Manfaatkan masker alami di sekitar rumah
Dalam memberikan kelembaban pada kulit bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekeliling Anda untuk dijadikan sebagai masker. Adapun bahan alami yang bisa Anda gunakan adalah berupa masker bengkuang, masker pepaya, masker tomat, masker jeruk nipis, masker mentimun dan lain sebagainya yang bisa didapatkan dengan mudah.

Bagaimana? Itu adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa membuat kulit Anda terbebas dari kekeringan. Ada juga produk perawatan kulit wajah yang bisa digunakan. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan yang langsung bisa didapat dari alam dan alami serta baik.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar