Skip to main content

follow us

Apakah kamu blogger yang menggunakan komentar disqus? Dan apakah kamu puas dengan platform disqus sebagai layanan yang kamu berikan kepada pengunjung blogger?

Sebagian besar blogger menambahkan layanan komentar di blog mereka, baik menggunakan sistem komentar bawaan blog, memakai sistem komentar facebook atau memakai sistem komentar disqus.

Masing-masing blogger memiliki pilihan sendiri dalam menentukan sistem komentar terbaik bagi blog mereka.

Saya memakai komentar disqus, setelah sempat menggunakan komentar bawaan blogspot. Juga pernah memakai sistem komentar facebook.

Dari seluruh komentar yang saya pakai, saya lebih tertarik menggunakan komentar disqus karena tampilannya bagus juga mudah sekali di optimasi.

Jika kamu belum mencoba sistem komentar disqus, kamu bisa mencobanya sendiri. Saya sudah membuat tutorial cara memasang komentar disqus. Selain itu, di update terbarunya, disqus menambahkan tombol reaksi disqus yang tentunya sangat bagus untuk mempercantik tampilan blog kamu.

Namun sayangnya, meski terdapat banyak fitur bagus, ternyata ada kekurangan ketika saya ingin mengetahui siapa pengunjung yang telah meninggalkan komentar di blog.

Apakah kalian juga menemukan masalah ini?

Menurut saya, disqus hanya kurang cepat dalam menampilkan notifikasi komentar baru, baik notifikasi melalui dashboard disqus maupun melalui email.

Karena hal itulah, terkadang saya tidak bisa segera membalas pertanyaan atau sekedar say hello dari pengunjung.

Jadi saya meminta maaf kepada para pengunjung yang pernah komentar di blog ini dan tidak segera saya balas. Alasannya karena saya tidak mendapatkan notifikasi.

Kemudian saya membaca sebuah artikel di Kompi Ajaib yang membahas tutorial cara menampilkan recent post disqus di blog. Artikel tersebut berjudul "Widget Recent Comments Disqus Untuk Blog AMP HTML"


Secara detail artikel tersebut memberitahu kepada kita terkait cara menambahkan widget recent comment di blog. Saya pernah mencobanya dan mendapatkan manfaat besar.

Berangkat dari artikel tersebut, lantas saya mencari cara untuk memanage komentar pengunjung namun tidak perlu memasang scripnya di blog. Ini untuk tetap mempertahankan tampilan simple blog.

Berdasarkan keterangan dari Bang Adhy Suryadi, ternyata kita hanya perlu mengambil kode yang telah ditanam di github. Kode ini ketika di akses langsung menampilkan komentar terbaru tanpa membebani loading blog kita.

Menampilkan recent comment Disqus

Silakan kopi kode di bawah ini kemudian ganti "mastrigus" dengan username disqus sobat.

https://cdn.staticaly.com/gh/mastrigus/Hosting/41b89d39/disqusrecent.html?shortname=mastrigus

Dan untuk mempermudah kita mengakses url tersebut, sobat tinggal menanamnya di menut header atau di footer. Untuk melihat tampilannya silakan sobat klik tombol di bawah ini:

Recent Comment

Nah cukup mudah bukan. Selamat mencoba. Terimakasih Bang Adhy atas pengetahuannya.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar