Skip to main content

follow us


Segala informasi CPNS 2018 yang ada di blog mastrigus.com, bersumber dari situs resmi https://sscn.bkn.go.id. Artikel ini dibuat untuk membantu mempermudah akses para peserta tes CPNS. Karena blog ini diclaim lebih cepat 7 kali lipat dari pada web resminnya.

Pendaftaran peserta CPNS 2018 telah dibuka kembali, setiap warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat diperbolehkan untuk ikut mendaftarkan dirinya.

Info Penting:
CPNS TRENGGALEK 2018
Buku Panduan Peserta CPNS 2018 (Helpdesk)

Namun untuk bisa diterima, peserta harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh penyelenggara. Selain itu, peserta juga harus memahami alur pendaftaran.

Alur pendaftaran CPNS ini penting untuk dipelajari supaya tidak ada peserta yang tersesat. Perlu diketahui bahwa, pendaftaran CPNS 2018 semuanya melalui jalur online dan tidak ada jalur offline.

Silakan simak alur pendaftaran CPNS 2018:
  1. Silakan akses alamat situs resmi BKN di https://sscn.bkn.go.id
  2. Setelah itu buatlah akun di portal tersebut, yang harus di isi adalah:
    1. Isikan NIK;
    2. Isikan Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga;
    3. Isikan alamat Email aktif (belum punya? Buatlah melalui android. Ini tutorialnya: Cara membuat Email
    4. Isikan Password dan pertanyaan keamanan (PENTING! untuk menghindari lupa password, setelah anda membuat akun, catatlah password tersebut).
    5. Upload Pas Photo (ukuran file foto minimal 120 kb dan maksimal 200kb (PENTING: ukuran foto kurang atau lebih dari ukuran yang ditentukan, tidak diterima. Silakan kecilkan ukuran foto terlebhh dahulu. Tidak bisa? Baca caranya: Cara mengecilkan ukuran file gambar.
    6. Setelah selesai mendaftar, anda akan mendapatkan Kartu Informasi Akun. Silakan di print.
  3. Silakan Login ke portal tersebut (lihat No. 1) menggunakan alamat email dan password yang telah anda buat.
  4. Upload Foto Selfie. Bagi yang hobi foto selfie, ini kesempatan bagus untuk menunjukkan siapa dirimu. Silakan upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun. ini prasyarat untuk melanjutkan tahap selanjutnya.
  5. Silakan lengkapi biodata diri selengkap mungkin
  6. Pilih instansi, jenis formasi dan jabatan. Ingat pelamar hanya dapat memilih 1 instansi, 1 formasi, dan 1 jabatan.
  7. Cek Resume anda. Pada tahap ini silakan pelototi hasil isian anda. Pastikan data anda sudah benar dan pastikan instansi, formasi dan jabatan yang anda pilih sudah benar.
  8. Kirim Data. Setelah semua sudah dipastikan benar, silakan klik SIMPAN data yang telah dicek di Resume dan pastikan sudah terisi dengan lengkap dan benar. Itu penting, karena: Data yang telah terkirim tidak dapat diubah dengan alasan apapun.
  9. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018. Terakhir silakan cetak dan simpan kartu tersebut dengan baik. Kartu tersebut digunakan sebagai bukti bahwa anda telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.
Setelah rangkaian pendaftaran CPNS 2018 telah anda lakukan, selanjutnya silakan tunggu Tim Verifikator melakukan verisifikasi data. 

Supaya lebih jelas lagi (seharusnya anda sudah paham, sih) perhatikan flowchart berikut ini:


Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi.

Status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS 2018 instansi terkait.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar