Skip to main content

follow us

Update algoritma yang dilakukan oleh Google memang menjengkelkan, bagaimana tidak, para blogger dipaksa secara halus untuk mengikuti kebijakan tersebut, dan apabila tidak dilakukan, bisa jadi, blogger kita bisa ditinggalkan begitu saja, termasuk oleh robot indeks Google.

Perombakan besar-besaran telah dilakukan oleh Google, seperti perombakan mesin pencari yang lebih berpihak pada blog yang mengutamakan tampilan mobile, ini disebut dengan mobile first indeks . Alhasil, saya sendiri juga harus mengikuti pola ini, misalnya mengganti template blog support AMP HTML yang sebelumnya HTML 5.

Kendati demikian, seperti yang telah saya katakan di atas, ini bukan aturan yang mengikat blogger. Intinya adalah "jika ingin tetap diperhatikan oleh Google, berimprovisasilah. Jika tidak, maka biarkan saja seperti itu".

Persoalannya, sembari menunggu update Google menjadi stabil, ada saja hal-hal yang memang masih di luar batas kita sebagai blogger. Maksud saya adalah, penerapan kebijakan baru, tidak semerta-merta akan mengubah blog kita menjadi lebih bagus dan kuat dalam persaingan SERP. Faktanya, ini berbanding terbalik dengan semangat untuk mengikuti polarisasi Google.

Kondisi yang diharapkan adalah, "Jika saya mengikuti pola Google, maka artikel bisa pageone, ramai pengunjung dan menjadi prioritas" dan kondisi realnya ternyata tidak sepenuhnya sesuai harapan. Bahkan, blogger yang tidak melakukan perubahan pada blognya, justru malah stabil. Trafik stabil dan penghasilan stabil.

Lalu apa yang masih kurang?

Ternyata, jawabannya cukup simpel dan menjengkelkan. Jadi begini, "Jika Google melakukan update, jangan panik, tetaplah membuat konten dan jangan terlalu fokus untuk mengotak-atik blog kalian". Nah kenapa bisa begitu? Karena update tersebut sebenarnya untuk perbaikan layanan Google, bukan update yang diberikan khusus untuk para blogger. Selanjutnya, kita hanya tinggal menyesuaikan secara perlahan-lahan.

Oh ya, kok saya jadi ngelantur begini, kan judulnya membahas tentang Cara submit artikel di Google Bebmaster terbaru supaya bisa cepat diindeks robot Google. Baik, saya akan fokus pada persoalan kita.

Submit Artikel ke Search Console

Dahulu, "sebelum negara api menyerang (lol)", sehabis membuat artikel dan supaya segera terindeks oleh robot google, hal lazim yang dilakukan oleh setiap blogger adalah melakukan submit url ke alamat ini: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url (semoga kalian masih ingat). Dengan melakukan itu, maka dalam hitungan menit (bahkan detik), artikel yang baru saja kita publish, akan langsung muncul di Google Search.

Tapi, semua telah berubah, Google telah menghapus fasilitas tersebut. Yang tersisa hanyalah puing-puing harapan kosong yang tiada artinya. Aku pun menyesali kebijakan tersebut, kenapa Google sampai hati melakukan itu, padahal itu penting. Tega sekali.


Dengan demikian, yang bisa kita lakukan adalah menanam sitemap.xml dalam Search Console dan menunggu Google untuk merayapi ulang web kita. Itu benar-benar sulit, karena Robot Google tidak mau dipaksa-paksa lagi seperti dulu. Iamenjadi semaunya sendiri.

Tapi apakah benar begitu?

Ternyata tidak, selang beberapa bulan setelah kejadian penghapusan submit URL , ternyata google merilis versi Search Console terbaru, baik dari sisi tampilan maupun fungsi. Update terbaru ini sebenarnya lebih bagus dibandingkan sebelumnya.

Cara Submit Artikel ke Google Webmaster

Silakan menuju halaman https://www.google.com/webmasters/tools/dashboard untuk mempraktekkan cara ini.  Jika dengan membuka halaman tersebut anda dibawa ke tampilan search console yang lama, silakan ganti ke tampilan baru.


Kli tombol Gunakan Search Console baru untuk berpindah ke tampilan yang baru. Karena di sanalah kita akan bekerja. 

Silakan copy URL artikel yang baru saja kamu post. Saya ingatkan kembali bahwa, tujuan kita melakukan ini adalah untuk mempercepat proses pengindeksan. Setelah itu pastekan URL tersebut pada kolom yang telah disediakan lalu tekan enter. Lihat gambar ya.


Google Search Console akan bekerja memeriksa apakah url yang anda input sudah terindeks atau belum. Jika sudah maka ada laporannya yang menyatakan bahwa url tersebut sudah di indeks. Jika belum, silakan minta minta pengindeksan dengan mengklik tombolnya. Situs kembali bekerja untuk mengirimkan permintaan anda.

Setelah itu tunggu beberapa saat hingga mesin pencari melakukan permintaan yang telah kamu ajukan, biasanya tidak sampai satu jam (tergantung mesin bekerja) dan artikel baru anda sudah terindeks oleh mesin pencari. Nah mudah bukan, semoga bermanfaat.

ARTIKEL KEREN LAINNYA:

HELP ME, BRO: Konten yang ada di blog ini asli karya Mas Trigus. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin. Traktir saya kopi melalui: Paypal atau Pulsa.
Buka Komentar